Cara Alami Hilangkan Sakit Kepala Dalam Sekejap Dengan Secangkir Kopi

Kopi sekarang ini menjadi minuman wajib bagi sebagian besar umat insan di dunia. Trend minum kopi sudah ada semenjak jaman dahulu. Bahkan semenjak jaman dahulu suku maya menganggap kopi sebagai minuman para dewa. Mungkin dinilai dari rasanya yang khas atau aromanya yang wangi. Biji kopi pun sempat dijadikan sebagai alat pembayaran jaman dahulu. Sekarang ini kopi dari Indonesia sudah mendunia, salah satunya kopi luwak. Kopi luwak diluar negeri sangat digemari dan dihargai sangat mahal per cangkirnya.

Yang menciptakan unik kopi luwak yaitu proses dalam mendapat biji kopinya. Buah kopi yang sudah matang dikumpulkan dan diberikan kepada binatang luwak untuk dijadikan makanannya. Biji kopi yang tidak bisa dicerna oleh luwak dikeluarkan melalui feses kemudian dicuci dan dikeringkan. Selanjutnya biji kopi melalui proses penggilingan dan jadilah kopi luwak. Sebenarnya kalau dipikir-pikir yang hobi mengkonsumsi kopi luwak sama dengan mengkonsumsi sisa feses luwak. Mungkin inilah yang menciptakan kopi luwak menjadi kopi yang beda dengan kopi lainnya.

Kegiatan minum kopi di pagi hari sudah menjadi rutinitas bagi masyarakat Indonesia. Meskipun sebaiknya jangan terlalu pagi mengkonsumsi kopi apalagi ketika perut dalam keadaan kosong. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, dikhawatirkan terjadi abrasi pada lapisan usus. JIka lapisan usus rusak akan susah bagi usus untuk menyerap protein dan nutrisi pada makanan. 

Waktu yang sempurna untuk minum kopi

Saat yang sempurna untuk mengkonsumsi kopi yaitu sehabis sarapan yaitu pukul 9 sampai 10 pagi. Jangan mengkonsumsi kopi menjelang waktu makan siang alasannya yaitu akan menciptakan perut terasa kenyang sehingga mengganggu rutinitas makan siang dan makan siang tidak akan terasa nikmat. Untuk siang hari sebaiknya waktu yang sempurna yaitu pukul 14.15 alasannya yaitu waktu tersebut yaitu waktu dimana energi tubuh mulai berkurang. Kopi yang dikonsumsi pada waktu tersebut akan menyuplai energi sehingga tubuh masih bisa diajak untuk beraktifitas.

Kopi memang dipercaya bisa memompa energi gres bagi tubuh dan mengembalikan mood yang sudah menurun. Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi bisa menunjukkan rangsangan pada sistem saraf yang meningkatkan kinerja jantung kita. Dengan adanya peningkatan kinerja dalam jantung secara otomatis terjadi peningkatan sirkulasi darah di dalam tubuh kita terutama di otak dan menyediakan lebih banyak oksigen untuk tubuh. Karena jantung bertugas memompa darah yang mengandung oksigen keseluruh tubuh. 

Dengan sirkulasi darah yang lancar ke seluruh tubuh terutama peredaran darah yang menuju otak, menciptakan kinerja otak meningkat dan menciptakan semua indera menjadi aktif dan tubuh bisa melawan rasa malas. Dari efek mood booster inilah makanya kopi banyak disajikan dipagi, siang atau sore hari.

Kopi sebagai obat sakit kepala

Terdapat manfaat lain dari kopi selain sebagai mood booster yaitu bisa meredakan sakit kepala ringan dan migrain. Ketika kita mengalami tanda-tanda sakit kepala atau migrain, pembuluh darah yang berada di otak kita memperlebar reseptor rasa sakit. Ini yang menyebabkan sakit kepala terkadang rasa sakitnya terasa hampir menyeluruh di semua bab kepala. Dengan sifat kafein dalam kopi yang bisa merangsang sistem saraf kita dan meningkatkan detak jantung, kafein bisa menunjukkan tekanan terhadap dinding pembuluh darah. Kafein beraksi dengan menyempitkan pembuluh darah di otak sehingga mencegah penyebaran rasa sakit.

Namun, beberapa peneliti kesehatan meyakini bahwa efek ini bagai pedang bermata dua alasannya yaitu ketika efek kafein sudah hilang, sakit kepala akan kembali datang. Hal ini dinamakan dengan efek Rebound sakit kepala. Ketika kita berhenti minum kopi secara otomatis pembuluh di otak akan membesar dan mendatangkan sakit kepala lagi. Kondisi ini juga terjadi pada orang yang sudah kecanduan kopi dan teh. Para pecandu kopi dan teh akan mengalami migrain atau sakit kepala kalau dalam beberapa hari tidak segera mengkonsumsi kopi.

Efek kopi terhadap obat analgesik

Tidak hanya ampuh dalam meredakan sakit kepala, kopi juga bisa membantu mengatasi flu. Kafein dalam kopi bisa obat-obatan pereda flu atau yang dikenal sebagai analgesik bekerja lebih manjur. Kafein bisa mempercepat proses pelarutan obat-obatan analgesik sehingga lebih gampang diserap oleh tubuh dan lebih cepat dalam proses penyembuhannya. Namun bagi yang memiliki riwayat hipertensi, cara ini sangat tidak dianjurkan alasannya yaitu bisa menciptakan jantung berdetak lebih kencang.

Kopi yang baik untuk dikonsumsi untuk pengobatan dan yang dikonsumsi secara teratur setiap harinya yaitu kopi hitam tanpa gula dan tanpa pemanis apapun didalamnya. HIndari penambahan gula, susu dan krimer alasannya yaitu akan menghilangkan manfaatnya. Kopi hitam memiliki banyak manfaat lain selain yang telah disebutkan diatas ibarat menurunkan berat badan, membantu aben lemak lebih banyak ketika berolahraga dan bisa menghindarkan resiko terkena diabetes. 



Yang perlu diperhatikan yaitu banyaknya jumlah kopi yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Sebagai pemula sebaiknya tidak lebih dari 2 gelas setiap harinya, namun kalau sudah terbiasa mengkonsumsi kopi dan tidak memiliki duduk kasus gangguan pada pencernaan, 3-5 gelas kopi yaitu ukuran yang pas untuk dikonsumsi setiap harinya.


semoga bermanfaat.


referensi :
dw.com