Bolehkah Memotong Obat Tablet Menjadi Dua Bagian?

Memotong obat tablet dalam menjadi dua bab mungkin sudah menjadi kebiasaan yang dianggap normal bagi masyarakat. Padahal kebiasaan tersebut ternyata mempunyai dampak yang berbahaya.

Memotong obat tablet dalam menjadi dua bab mungkin sudah menjadi kebiasaan yang diangga Bolehkah Memotong Obat Tablet Menjadi Dua Bagian?
Kecuali dokter menyarankan anda untuk memotong obat tablet yang diresepkannya menjadi dua bagian, jangan pernah membagi obat menjadi dua.

Anda sering melihat beberapa orang memotong obat tablet menjadi dua bab dan memakan satu setengah dan menyimpan yang lainnya untuk dipakai nanti. Tak hanya itu, hal ini biasanya juga dilakukan oleh petugas di apotek kalau mempunyai takaran tablet yang lebih tinggi dibanding kebutuhan anda.

Misalnya, kalau anda diberi resep tablet 50mg dan kalau anda hasilnya membeli tablet 100mg, anda sanggup mematahkan tablet 100mg menjadi dua bab dan mengonsumsi hanya setengahnya. Tetapi apakah itu aman? Nah, mari kita bahas beberapa fakta di sini yang akan menjawab pertanyaan tersebut.

1. Fakta # 1

Pertama, hubungi dokter dan informasikan kalau anda ingin membagi tablet menjadi dua alasannya ialah tidak semua tablet dimaksudkan sanggup dibelah ,enjadi dua. Jika dokter mengizinkannya, anda sanggup melanjutkan dengan membelah tablet.

2. Fakta # 2

Beberapa tablet mempunyai tanda garis di tengah dan dilengkapi dengan simbol yang menunjukkan boleh dibelah. Baca juga petunjuk pada kemasan. Jika anda tidak menemukan petunjuk ini, mungkin tablet ini tidak dimaksudkan untuk dipotong menjadi dua bagian.

3. Fakta # 3

Ketika bentuknya kapsul, maka jangan membelah obat tersbeut. Kapsul mengandung abu di dalam dan saat anda memotong kapsul tersebut, maka bubuknya akan tumpah.

4. Fakta # 4

Beberapa tablet dimaksudkan memang dirancang untuk bekerja lambat pada sistem pencernaan, obat tersebut tidak harus dipotong menjadi dua. Bila dipotong, obat tersebut sanggup kehilangan efektivitasnya.

5. Fakta # 5

Beberapa obat sanggup menjadi tidak efektif kalau mereka terkena udara selama lebih dari beberapa menit. Jadi, jangan pernah membelah obat tablet menjadi dua bagian.

6. Fakta # 6

Ketika anda memotong satu tablet menjadi dua, di mana anda menyimpan setengah lainnya? Menyimpannya menjadi persoalan alasannya ialah debu sanggup menumpuk pada obat tersebut sehingga menjadikan kontaminasi.

7. Fakta # 7

Dapatkah anda memotongnya menjadi dua bab yang sama? Mustahil. Ketika anda gagal untuk memotong tablet menjadi dua bab yang sama, dosisnya mungkin akan salah. Beberapa obat-obatan mungkin tidak efektif bahkan kalau ada sedikit variasi dari takaran yang ditentukan.

(mw/kr)