Berhati-Hatilah Dengan Jahe!!

Zingiber officinale atau yang biasa kita kenal dengan jahe ini merupakan tumbuhan rimpang yang biasa dijadikan materi kuliner atau bumbu. Jahe berasal dari India namun ada pula yang menyampaikan kalau jahe ini berasal dari tiongkok.
Namun kini jahe sanggup ditemui cukup gampang terutama di negara kita. Rasanya yang hangat dan agak pedas cocok untuk dikonsumsi di tempat yang cukup dingin.

Selain menjadi bumbu/bahan makanan, jahe ini pun sering dijadikan minuman. Banyak minuman tradisional khas Indonesia yang memakai jahe. Seperti bandrek,wedang jahe dan lainnya.
Tidak sedikit pula obat-obatan yang memakai ekstra jahe sebagai materi utamanya. Jahe memang dikenal sebagai tumbuhan herbal yang terkenal di Indonesia.

Selain alasannya ialah rasanya yang menyegarkan saja namun memang banyak manfaat yang bisa kita sanggup dari mengonsumsi jahe ini.
Berikut beberapa manfaat yang bisa kita sanggup dari mengonsumsi jahe :

1. Mencegah Timbulnya Kanker

Ekstra jahe rupanya bisa mencegah terjadinya kanker pada tubuh. berdasarkan sebuah studi kesehatan yang dilakukan di University of Minessota,AS, membuktikan bahwa jahe sanggup menekan laju pertumbuhan sel kanker kolorektal.

2. Menghangatkan Tubuh

Khasiat jahe yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Jahe memang memilki rasa hangat yang berfungsi menaikan suhu badan dikala berada di tempat dingin. Tidak heran di tempat pegunungan minuman jahe menjadi primadona. Selain itu jahe pun mempunyai sifat antivirus dan antitoksin.

3. Anti inflamasi

Jahe mempunyai senyawa anti inflamasi yang besar lengan berkuasa yang disebut gingerol. Gingerol inilah yang bisa mangurangi peradangan (inflamasi).

4. Sumber Antioksidan

Jahe kaya akan fenol yang berguna sebagai antioksidan. Dengan rutin konsumsi jahe,kekebalan badan kita akan meningkat dan mengurangi terjadinya pembentukan radikal bebas pada tubuh.

5. Sirkulasi Darah

Jahe bisa memperlancar sirkulasi darah alasannya ialah kandungan mineral seprti magnesium,kromium dan seng yang bisa mengoptimalkan sirkulasi darah.

6. Sifat antihistamin

Karena memilki sifat antihistamin,Jahe sanggup mengobati alergi.

7. Melancarkan Pencernaan

Bukan hanya buah-buahan saja yang terkenal bisa melancarkan pencernaan. Namun minuman jahe pun sanggup melakukannya. Jahe membantu perembesan kuliner dan bisa mencegah terjadinya sakit perut alasannya ialah sifat anti inflamasinya.

Setelah mengetahi manfaatnya,kalian niscaya ingin tau kan dengan kandungannya?
Berikut kandungan jahe yang diambil dari USDA

Resiko Kesehatan

Berikut beberapa resiko kesehatan yang sanggup terjadi jikalau kita mengonsumsinya secara hiperbola :

1.Mengakibatkan Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi jahe secara hiperbola sanggup menjadikan gangguan pencernaan. Reaksi ini pun biasa ditemui di beberapa buah-buahan yang dikonsumsi secara berlebih menyerupai pepaya.

2.Resiko Pendarahan

Meskipun jarang terjadi kasus menyerupai ini,namun konsumsi jahe secara hiperbola sanggup mengakibatkan terjadinya pendarahan internal dan hal ini biasa ditemukan di jalan masuk pencernaan.

3.Jangan Kombinasikan dengan Obat-obatan

Jangan konsumsi jahe bersamaan dengan obat-obatan. Dan tidak dianjurkan di konsumsi oleh orang-orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan. Lebih baik Konsultasikan pada dokter anda sebelum mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan.

Mudah-mudahan warta ini bisa bermanfaat dan ingat konsumsilah secukupnya.