Berbahayakah Lari Di Malam Hari ?

Ada beberapa mitos yang beredar di kalangan masyarakat ihwal kebiasaan lari di malam hari ini. Salah satunya bisa menyebabkan paru-paru basah.

Namanya juga mitos,kebenarannya pun belim tentu pasti. Berikit balasan dari dr Zubaedah.sp P mengenai mitos paru-paru lembap ini :

“Penyakit paru-paru lembap merupakan istilah orang awam dan tidak ada istilah itu di dunia medis. Perlu diketahui, penyakit tersebut disebabkan oleh kuman,bukan akhir olahraga malam yang sekaligus juga dipicu oleh daya tahan badan yang lemah sehingga gampang terkena penyakit.”

Saya rasa balasan di atas sudah cukup mematahkan mitos itu. Kaprikornus bagi kalian yang ingin melakukan lari di malam hari tidak perlu khawatir selama kalian mempunyai daya tahan badan yang baik. Lebih baik olahraga di malam hari dari pada tidak sama sekali.

Berikut ada beberapa tips bagi Anda yang gres mau memulai lari di malam hari :

1.  Gunakan Baju Berwarna Cerah

Jarak pandang para pengendara di malam hari berkurang,bagi Anda yang akan berlari di malam hari ada baiknnya mngenakan baju berwarna cerah. ini bertujuan biar bisa terlihat oleh pengendara sehingga bisa meminimalisir terjadinya tertabrak oleh pengendara motor atau mobil.

Menggunakan baju “glow in the dark” jauh lebih baik daripada memakai baju berwarna cerah.

2. Sesuaikan Pakaian Dengan Kondisi Cuaca

Ini cukup penting lantaran ini bisa memengaruhi kenyamanan kalian dalam berlari dan tentunya bisa meminimalisir kedinginan atau kepanasan secara berlebih.

3. Tetap Fokus

Hindari kegiatan-kegiatan yang sanggup mengaburkan konsentrasi menyerupai mendengarkan musik. Bagi Anda yang berlari di luar ruangan ada baiknya tidak sambil mendengarkan musik lantaran ini sanggup mengurangi tingkat kewaspadaan Anda,selain itu mendengarkan musik memakai earphone akan menyebabkan keringat melekat di earphone dan ini bisa menjadi daerah untuk bersarangnya bakteri.

Bagi yang berlari di dalam ruangan,mendengarkan musik bisa menambah energi sebesar 15% dengan catatan tidak memakai earphone.

4. Larilah dengan Teman

Untuk Anda yang gres memulai ada baiknya membawa teman,ini berkhasiat untuk mengurangi rasa bosan dalam berlari. Saya pernah mencoba lari sendiri dan jadinya gres 15 menit eksklusif pulang. hihi.. sedikit mengembangkan pengalaman.

5. Jangan Lari di Tempat yang Banyak Pepohonan

Lho kenapa gak boleh? bukannya elok ya? itu pun yang ada di pikiran saya. Faktanya lari di daerah banyak pepohonan hanya disarankan kalau kalian lari di pagi atau siang hari. Karena dikala malam hari pohon dan tumbuhan tidak memproduksi oksigen. Pada malam hari pohon dan tumbuhan mengeluarkan karbondioksida. Dan itu bisa menyebabkan anda kekurangan oksigen. 

Itulah tips bagi kalian yang ingin mencoba lari di malam hari. Silakan share kalau ini bisa bermanfaat bagi yang lain. Terima kasih.

Referensi : banyobiroe