Berapa Usang Waktu Tidur Yang Diperlukan Bayi?

Banyak ibu-ibu yang mungkin bertanya-tanya, berapa usang sih waktu tidur yang dibutuhkan bayi? Nah, sebelum menjawab pertanyaan ini, ketahui dahulu berapa usia buah hati anda.

 berapa usang sih waktu tidur yang dibutuhkan bayi Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Bayi?
Pasalnya, contoh tidur bayi anda tergantung pada usia juga. Jumlah tidur yang dibutuhkan bayi berubah sesuai dengan bertambahnya bulannya pada tahun pertama.

Dan ya, bayi memang membutuhkan durasi tidur lebih banyak daripada orang dewasa. Hal ini disebabkan lantaran badan mereka mengalami perkembangan dan perubahan tertentu, sehingga tidur yang cukup sangatlah diperlukan.

Berikut ini yaitu grafik yang sanggup dipakai sebagai pengetahuan perihal jumlah waktu tidur yang bayi butuhkan, untuk menjaga metabolisme tubuhnya tetap berfungsi dengan baik.

Durasi Jam Tidur yang Diperlukan Bayi

1. Bayi usia 0-2 Bulan

Siang hari, bayi menghabiskan waktu sekitar 3-5 jam tidur siang. Sementara itu tidur malam sanggup membutuhkan sekitar 8-9 jam. Secara keseluruhan, bayi tidur selama sekitar 16 jam kalau ditambahkan antara tidur siang dan tidur malam ditambah dalam sehari.

2. Bayi usia 2-4 Bulan

Siang hari, bayi membutuhkan sekitar 3 jam tidur siang. Tidur malam sanggup sekitar 9-10 jam. Secara keseluruhan, jam tidur dalam sehari sanggup sekitar 14 jam. 

3. Bayi usia 4-6 Bulan

Bayi pada usia ini membutuhkan 2-3 jam tidur siang hari. Sementara itu, tidur malamnya sanggup sekitar 10 jam. Secara keseluruhan jam tidur yang dibutuhkan bayi pada usia ini yaitu 14-15 jam dalam sehari.

4. Bayi usia 6-9 Bulan

Pada usia ini, mereka membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk tidur siang. Dan tidur malam yang mereka butuhkan sekitar 10-11 jam. Keseluruhan tidur dalam sehari bila dijumlah kira-kira sekitar 14 jam.

5. Bayi usia 9-12 Bulan

Bayi ini membutuhkan 2 jam tidur siang dalam satu hari dan 10-12 jam tidur malam. Jadi, secara keseluruhan tidur yang dibutuhkan sekitar 14 jam dalam sehari.

6. Bayi usia 12-18 Bulan

Bayi yang berusia satu tahun perlu 1-2 jam tidur siang. Sementara itu bayi berusia ini membutuhkan tidur malam selama 11-12 jam. Keseluruhan tidur sanggup 13-14 jam.

7. Bayi usia 18-24 Bulan

Pada usia ini, bayi sanggup hanya membutuhkan satu jam saja untuk tidur siang. Tapi di malam hari, mereka tidur selama 11 jam. Keseluruhan tidur 13-14 jam dalam sehari.

8. Balita usia 2-3 Tahun

Pada usia ini, balita hanya membutuhkan sekali tidur siang dalam sehari. Tapi membutuhkan tidur malam ini sekitar 10-11 jam. Keseluruhan tidur 12-14 jam dalam sehari.

9. Balita usia 3-5 Tahun

Balita usia ini hanya membutuhkan satu jam untuk tidur di siang hari. Dan tidur malam selama 10-11 jam. Keseluruhan tidur 11-13 jam dalam sehari.

10. Anak usia 5-12 Tahun

Anak-anak usia ini pergi ke sekolah, sehingga tidak ada tidur siang. Dan tidur malam sanggup sekitar 10 jam. Keseluruhan tidur dalam satu hari sanggup sekitar 10 jam.

Nah, itu tadi grafik durasi tidur yang dibutuhkan bayi menurut usianya. Sebagai orangtua, sudah selayaknya anda mendukung jam tidur sang buah hati semoga pertumbuhannya optimal.

(mw/kr)