Berapa Usang Tidur Siang Yang Sehat?

Mungkin sebagian dari kita menyangsikan saat mendengar wacana tidur siang, pasalnya tidak sedikit masyarakat yang menganggap tidur siang ini merupakan bentuk lain dari kemalasan. Semoga kita tidak termasuk orang yang beranggapan ibarat itu ya. Kalau memang diantara para pembaca ada yang masih berpikiran ibarat itu, yuk lanjutkan bacanya untuk mengetahui lebih lanjut wacana tidur siang ini.

Tidur siang itu sama pentingnya dengan tidur malam. Rasulullah SAW bahkan selalu menerapkan kebiasaan ini di jamannya. Tidur siang ini merupakan sunnahnya. Kita tahu sendiri apapun yang di sunnahkan selain menerima pahala juga ada kebaikan di dalamnya. Oke.. Sebelum lanjut ke manfaat tidur siang, alangkah lebih baiknya kalau kita mengetahui keutamaannya terlebih dahulu.

Tidur Siang Menurut Islam

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, tidur siang ini merupakan salah satu sunnah rasul. Yang berarti ada pahala dan kebaikan bagi yang mengerjakannya.

“Tidur sianglah kalian, alasannya setan itu tidak tidur siang.”
(Hadist Hasan. Ash-shahihah,no.1647, Shahihul jami’, no.4431)

Beberapa negara maju ibarat china dan jepang telah menerapkan hukum wacana tidur siang di perusahaannya. Bahkan perusahaan di jepang menyiapkan ranjang khusus untuk relaksasi atau tidur siang yang bertujuan untuk mensukseskan gizi produktifitas.

Baca juga : 7 Cara Mencegah Penyakit Stroke

Setelah mengetahui keutamaan dan sedikit kebaikan dari tidur siang,sekarang mari kita lanjut ke manfaat dari tidur siang.

Manfaat Tidur Siang

1. Meningkatkan daya ingat

Menurut Sara C. Mednick, PhD (sleep expert and author of Take a Nap! Change Your Life), tidur siang selama 15-20 menit sanggup meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan motor berguru keterampilan ibarat bermain piano dan mengetik.

Lalu apa yang terjadi bila kita tidur lebih dari 20 menit? Penelitian mengambarkan tidur siang yang lebih panjang sanggup meningkatkan daya ingat dan kreativitas. Tidur selama 30-60 menit baik untuk keterampilan pengambilan keputusan ibarat mengingat arah dan menghapal kosa kata. Tidur selama 60-90 menit mempunyai kiprah kunci untuk menciptakan sambungan gres di otak dan membantu pemecahan persoalan kreatif.

2. Mengatasi persoalan insomnia

Sebuah penelitian di tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang atau qailulah menciptakan penderita insomnia jadi lebih bugar lantaran total waktu istirahatnya lebih panjang. Tidur siang juga sanggup mengurangi imbas jelek dari bergadang.

3. Menurunkan stress

Penelitian mengambarkan tidur siang secara teratur sanggup menurunkan stress bahkan bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Penelitian lain di jerman menemukan bahwa saat sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam di malam hari sebelum bertugas, kadar hormon stres kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun saat melaksanakan tidur siang sebentar, kadar kortisol berkurang separuhnya sehingga lebih baik bagi kesehatan.

4. Mencegah penyakit jantung

Tidur siang selama 20-40 menit juga sanggup mengurangi resiko penyakit kardiovaskular ibarat jantung dan stroke. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yunani.

Peneliti menemukan bahwa orang yang tidur siang sekitar 30 menit  selama 3 kali seminggu sanggup menurunkan resiko penyakit kardiovaskular sebesar 37%. Menurut penelitian ini juga, tidur siang yang sehat yaitu tidur siang yang dilakukan pada pukul 1-3 siang selama tidak lebih dari 45 menit, lantaran bila berlebih sanggup menimbulkan kepala berat dan malas bangun.

Waktu Terbaik untuk Tidur Siang

Waktu terbaik melaksanakan tidur siang/qailulah ini sehabis dzuhur atau sekitar pukul 12.30 – 15.00 sama ibarat penelitian diatas.

Tidur Siang yang Baik

Tidur siang yang baik yaitu tidur siang yang dilakukan tidak lebih dari 2 jam. Bukannya baik bagi tubuh, tidur siang lebih dari 2 jam justru sanggup menjadikan badan lelah dan terkadang sanggup menimbulkan pusing juga.

30 – 40 menit tidur siang sudah cukup namun tergantung kebutuhan juga. Kenali diri Anda semoga bisa menerima manfaat yang kasatmata dari tidur siang.

Tips tidur siang yang dikutip dari webmd :

– Pasang alarm selama 30 menit atau kurang bila tidak ingin saat bangkit grogi

– Tidur di ruangan yang gelap atau menggunakan masker mata. Ini sanggup membantu Anda tidur lebih cepat

– Gunakan selimut atau apapun yang sanggup menutupi tubuh. Ini bertujuan semoga badan Anda tetap hangat, lantaran saat tidur suhu badan akan menurun sementara waktu.

Baca juga : Manfaat Sayuran Super untuk Anak

Jika kita melaksanakan pekerjaan atau acara yang tidak sempat untuk melaksanakan tidur siang, alangkah lebih baiknya beristirahat namun bila ada kesempatan tidur siang/qailulah maka kerjakanlah. Karena keuntungannya pun luar biasa.

Mari budayakan tidur siang!!

Referensi : webmd, isu islami masa kini (Trans Tv)