Beginilah Tatacara Bersin Yang Benar !!

Islam ialah agama yang diturunkan untuk membimbing umat manusia. Mulai dari hal-hal besar ibarat beribadah sudah ada budpekerti atau tatacaranya. Hal-hal kecil ibarat bersin pun ada budpekerti atau tatacaranya tersendiri.
Indah bukan? hingga hal-hal terkecil pun benar-benar diperhatikan. Selain alasannya ialah mempunyai manfaat, bila kita mengikuti budpekerti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. kita pun bisa menerima pahala. Karena ini termasuk kedalam sunnahnya dan ini termasuk ibadah.

Adab Bersin Dalam Islam 

1. Mengucap Alhamdulillah

Tidak sedikit diantara kita yang jarang mengucapkan “Alhamdulillah” sehabis bersin, mungkin alasannya ialah lupa tau tidak tahu keutamaannya. Padahal bersin ini merupakan salah satu nikmat dari Tuhan swt. Makara seharusnya kita bersyukur dengan mengucap “Alhamdulillah”. Bukan itu saja bersin pun merupakan sebuah cara dari tubuh untuk mengeluarkan kuman-kuman yang terdapat dalam tubuh kita.

Dari Abu Hurairah r.a. bergotong-royong Rosulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Tuhan menyukai bersin.” (HR.Bukhari)

Dari hadits diatas kita tahu bila bersin itu merupakan hal yang disukai Tuhan dan pastinya ini sangat bermanfaat bagi kita. Selain mengeluarkan kuman dan menyehatkan badan, bersin juga bisa menghilangkan harapan untuk selalu mengenyangkan perut. Dan bisa menambah semangat dalam beribadah.

Sekarang sudah tahu kan keutamaannya? Makara jangan lupa ya untuk mengucap “Alhamdulillah” sehabis bersin.

Bagi yang mendengar seseorang bersin dan mengucap “Alhamdulillah” hukumnya wajib untuk membalas do’anya. Kita harus mengucap “yarhamukallah” (semoga Tuhan merahmatimu) bila mendengar orang lain bersin dan mengucap “Alhamdulillah”.

Setelah mendengar seseorang mengucap “yarhamukallah” kemudian seorang yang bersin tadi harus membalas do’anya dengan mengucap “Yahdikumullah wa yushlih baalakum” (mudah-mudahan Tuhan menunjukkan hidayah kepada kalian dan memperbaiki keadaan kalian). Ini ialah do’a-do’a yang umumnya diucapkan oleh orang-orang dan penulis pun mengamalkan yang ini.

2. Merendahkan Suara

Kita sendiri selalu kaget saat mendengar seseorang yang bersin dengan bunyi yang begitu keras. Selain kaget itu pun sanggup mengganggu dan cukup membahayakan bagi mereka(pendengar) yang kagetan. Makara memang baik untuk merendahkan bunyi saat bersin.

3. Menutup Mulut dan Wajah

Ketika bersin hendaknya kita menutup lisan dan wajah kita. Seperti yang kita tahu sebelumnya bila bersin itu mengeluarkan kuman-kuman yang ada dalam tubuh. Dengan menutup lisan dan wajah kita berarti kita mencegah penyebaran kumanitu ke orang lain. Dan ini merupakan tindakan yang baik.

4. Tidak Memalingkan Leher

Sekarang sudah tahu kan adabnya? Mari kita amalkan alasannya ialah ini bisa berdampak konkret ke kehidupan kita.

Fakta Bersin

Bersin Membantu Tubuh Tetap Sehat

“Bersin merupakan salah satu cuilan penting dalam proses imun, bersin bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita dan bebas dari pilek” kata Kao,MD (spesialis asma dan alergi di Allergic Disease and Asthma Center in Greenville,S.C.)

Baca juga : 7 Manfaat Anggur yang Anda Perlu Tahu !!

Bersin melindungi tubuh dengan membersihkan hidung dari virus dan bakteri. terang Kao 

Kecepatan Bersin

Menurut Patti Wood (penulis dari Success Signals : Understanding Body Language), Kecepatan bersin mencapai 100 mil per jam. Dia juga menambahkan, Sekali kita bersin mengirim sekitar 100.000 kuman ke udara.

Mencabut Alis Mungkin Mampu Membuat Anda Bersin

Di alis kita terdapat saraf yang menuju ke hidung, dengan mencabut alis mungkin bisa menjadikan bersin.

Bersin Tidak Terjadi Ketika Tidur

Ketika Anda tidur, saraf bersin pun tidak aktif. Itulah kenapa jarang terjadi bersin saat Anda tidur.

Latihan atau Olahraga Berpotensi Menyebabkan Bersin

“Latihan atau olahraga sanggup menciptakan Anda bersin,” Kao berkata “Anda akan mengalami hiperventilasi (keadaan nafas yang berlebihan), dan sebagai akhirnya hidung dan lisan mulai mengering. Hidung Anda akan bereaksi dengan mulai menetes dan menciptakan Anda bersin.”
  
Sinar Matahari Mampu Membuat Bersin

“Sinar matahari bisa menciptakan satu dari tiga orang mengalami bersin,” kata Wood. Reaksi saat seseorang bersin alasannya ialah cahaya matahari ini disebut photic.

Sekian informasi mengenai budpekerti dan fakta bersin, sebelum mengakhiri goresan pena ini berikut ada beberapa tips pelengkap :

Tips  dan Informasi  Tambahan

1. Jangan Tahan Bersin

Seperti yang kita tahu kecepatan bersin mencapai 100 mil per jam, dengan menahan bersin yang berkecepatan ibarat itu, itu akan menciptakan tubuh tidak nyaman dan pastinya sanggup membahayakan.

2. Bersin Dua atau Tiga kali itu Normal

Bersin dua atau tiga kali masih termasuk normal, namun bila melebihi itu, Anda harus berhati-hati mungkin saja Anda akan terjangkit penyakit flu.

3. Lakukan dengan Mulut Terbuka dan Mata Tertutup

Dengan melaksanakan hal diatas, maka Anda membantu tubuh untuk menunjukkan tekanan pada hidung, sehingga udara bisa keluar dengan baik. Bila Anda melaksanakan bersin dengan lisan tertutup yang terjadi ialah Anda bisa mencicipi sakit dan rasa tidak nyaman pada langit-langit lisan atau tenggorokan.

Baca juga : 10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

4. Bersihkan Tangan

Ketika bersin kita disarankan untuk menutup lisan baik dengan tangan ataupun tisu. Selalu bersihkan tangan Anda sehabis menutup lisan atau wajah dari bersin. Ini bertujuan untuk menghilangkan kuman yang melekat pada tangan Anda.

Semoga Informasi kali ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Referensi : webMD, muslimah.or.id, vivalife, radio mqfm