Beberapa Makanan Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Tubuh Ideal

Setiap makanan yang mengandung kalori yang diharapkan oleh tubuh. tetapi Juka jumlah kalori yang masuk lebih besar dari yang dibakar maka menjadikan peningkatan berat badan.

berikut ini ialah beberapa makanan rendah kalori yang sanggup dikonsumsi untuk menjaga berat badan.

Biji-bijian & Kacang-Kacangan

Biji-bijian & Kacang-Kacangan termasuk makanan rendah kalori. Satu genggam kacang almond hanya mengandung 80 kalori, selain itu mengkonsumsi 10 biji kacang pistachio hanya mengandung sekitar 40 kalori.

dan bila lapar dikala jam makan siang, anda sanggup mengkonsumsi popcorn tanpa ditambah gula dan mentega. Tiga setengah gelas popcorn hanya mengandung 100 kalori.

Sayur-sayuran & Buah-buahan

bukan belakang layar lagi bila buah dan sayur ialah jenis makanan yang sehat dan baik untuk tubuh. Rata-rata makanan ini mengandung kalori yang berjumlah 100 kalori per takaran. contohnya brokoli, wortel, seledri, dan tomat. Sedangkan untuk buah-buahan kurang lebih 100 kalori per takaran. misalnya, avokad, anggur, jeruk, pepaya, dan semangka.

Ikan

ikan juga termasuk makanan rendah kalori, yaitu sekitar 90-200 kalori per 84 gram. contoh, ikan salmon, ikan kod, dan tuna. pastikan dikala di olah dengan cara yang sehat dan ditumis dengan sedikit minyak. hindari menggoreng garing ikan.

Jika anda alergi terhadap ikan, anda juga sanggup mengkonsumsi daging yang rendah lemak ibarat daging pada dada ayam. Pastikan anda sudah membuang kulit ayam yang tinggi akan kalori dan rendah nutrisi.

jumlah kalori yang diharapkan oleh tubuh
jumlah kalori yang diharapkan oleh tubuh tiap orang berbeda-beda tergantung jenis kelamin, usia, dan tingkat kegiatan sehari-hari. contohnya :

  • Anak-anak 1-8 tahun : membutuhkan 1000-1400 kalori
  • Perempuan 14-30 tahun aktif  : membutuhkan 2400 kalori.
  • Perempuan 14-30 tahun kurang aktif : membutuhkan 1800-2000 kalori.
  • Pria 14-30 tahun : membutuhkan 2800-3000 kalori.
  • Pria 14-30 tahun kurang aktif : 2000-2600 kalori.

jika, laki-laki dan perempuan berusia lebih dari 30 tahun dan masih cukup aktif, maka kalori yang diharapkan hanya 2200-3000 kalori/hari.
tetapi, bila pada usia tersebut tetapi kurang aktif atau tidak banyak bergerak, maka kalori yang diharapkan hanya 1800-2200 kalori/hari.

Asupan kalori yang hiperbola sanggup menjelma lemak pada tubuh anda yang disimpan dalam sel lemak. tetapi, bila anda mengurangi asupan kalori yang dibakar dibanding dengan kalori yang masuk, maka lemak tersebut akan berkurang dan sel lemak akan mengerut.