Alasan Memasukan Strawberry Ke Hidangan Makan Anda !!

Konsumsi buah-buahan dan sayuran memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang terdpat di dua jenis kuliner tersebut. Begitupun dengan strawberry, buah yang termasuk ke dalam keluarga berry ini merupakan salah satu buah favorit. Mulai dari orang sampaumur hingga bawah umur menyukai buah yang satu ini.

Rasanya yang anggun agak masam dan bentuknya yang imut memudahkan bawah umur untuk menggenggam dan memakannya. Tidak sedikit kuliner ringan anggun ataupun kuliner yang memakai strawberry sebagai pelengkapnya. Strawberry mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh, berikut beberapa keuntungannya :


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

“Strawberry merupakan salah satu sumber terbaik dari vitamin C” kata Madelaine Edwards (ahli gizi terdaftar di Toronto). Kebanyakan mamalia-kecuali manusia- bisa memproduksi sndiri vitamin C. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mengkonsumsi kuliner yang tinggi vitamin C untuk memenuhi kebutuhan harian. 

Edward juga menyampaikan “Satu porsi strawberry mengandung sekitar 51,5 mg vitamin C, itu sekitar separuh dari kebutuhan harian Anda.”. Vitamin C yakni nutrisi yang populer untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan yang bekerja dengan cepat.

Sebuah studi UCLA pada tahun 2010 menemukan bahwa kekuatan antioksidan pada stroberi “siap untuk bekerja dalam darah” sesudah memakan buah ini selama beberapa minggu.

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan pada strawberry mungkin bisa membantu mengurangi resiko terkena katarak. Mata kita membutuhkan vitamin C untuk melindungi dari radikal bebas yang berasal dari sinar UV matahari yang menyengat, yang bisa merusak protein dalam lensa.

Vitamin C juga berperan penting dalam memperkuat kornea mata dan retina. Konsumsi vitamin C dalam takaran tinggi bisa meningkatkan resiko katarak pada perempuan yang berusia lebih dari 65 tahun, Penelitian yang dilakukan oleh peniliti dari Karolinslka Institute di Stockholm mencatat bahwa resiko yang berkaitan dengan vitamin C berasal dari suplemen, bukan dari vitamin C buah atau sayuran.

3. Membantu Melawan Kanker

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang bisa mencegah kanker. Fitokimia yang disebut asam ellagic -juga ditemukan dalam stroberi-. “Asam ellagic telah terbukti bisa menghasilkan sifat anti kanker yang bisa menekan pertumbuhan sel kanker.” kata Edwards. “Stroberi juga mengandung antioksidan lutein dan Zeathancins. Antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan menetralisir imbas negatif mereka pada sel-sel kita,” katanya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain yang disebutkan diatas, vitamin C juga baik bagi kesehatan kulit. Vitamin C penting untuk produksi kolagen, kolagen berperan dalam meningkatkan elastisitas dan ketahanan kulit. Konsumsi vitamin C dalam jumlah yang sempurna bisa menciptakan kulit tetap sehat dan membuatnya terlihat lebih muda.

Sebuah penelitian di Universitas Hallym di Republik Korea menyimpulkan bahwa asam elagic bisa mencegah kerusakan kolagen dan peradangan (dua faktor utama yang menimbulkan keriput) dalam sel-sel kulit manusia, sesudah terus terkena paparan sinar UV-B matahari.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Anda Harus Makan Bayam !!

5. Melawan Kolesterol Jahat (LDL)

Strawberry mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. “Asam ellagic dan flavonoid sanggup memperlihatkan imbas antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan beberapa cara.” kata Edwards. “Salah satu caranya dengan menangkal LDL atau kolesterol jahat yang bisa menimbulkan plak dalam arteri; cara kedua yakni dengan memperlihatkan imbas anti inflamasi yang juga baik bagi kesehatan jantung.”

Para peneliti di Clinical Nutrition and Risk Factor Modification Center di Toronto mempelajari imbas dari strawberry untuk penurun kolesterol. Dan hasilnya, para Peneliti menyimpulkan bahwa menambahkan strawberry untuk diet bisa mengurangi kerusakan oksidatif serta lipid darah. (keduanya berperan dalam penyakit jantung dan diabetes)

6. Mengurangi Inflamasi

Antioksidan dan fitokimia yang ditemukan pada buah strawberry juga sanggup membantu mengurangi peradangan (inflamasi) sendi, yang sanggup menimbulkan radang sendi dan penyakit jantung.

Sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyatakan bahwa perempuan yang konsumsi strawberry 16 atau lebih per ahad mempunyai resiko 14% lebih kecil terkena peningkatan kadar C -reaktif protein(CRP)- indikasi peradangan dalam tubuh.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Kalium merupakan nutrisi lain untuk jantung sehat. Kalium sanggup membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai penyangga terhadap imbas negatif natrium. Dengan efeknya yang bisa menurunkan LDL,inflamasi dan tekanan darah, strawberry menerima gelar salah satu buah yang paling sehat untuk jantung.

8. Kaya Serat

Serat merupakan potongan penting untuk menerima pencernaan yang sehat. Dan strawberry mengandung cukup serat. Orang dengan kekurangan serat sanggup mengalami sembelit dan peradangan usus.

Serat juga sanggup membantu untuk melawan diabetes tipe 2. “Serat memperlambat perembesan gula (yaitu glukosa) dalam darah,” kata Edwards.

9. Mengendalikan Berat Badan

Mengendalikan berat tubuh yakni cara terbaik untuk menghindari penyakit jantung dan diabetes tipe 2. “Strawberry secara alami mempunyai kandungan kalori yang rendah sekitar 28kkal per porsi, rendah natrium dan gula juga bebas lemak,” kata Edwards.

10. Baik untuk Ibu Hamil

Folat yakni vitamin B yang dianjurkan untuk perempuan yang sedang hamil. Dan strawberry mengandung folat sekitar 21 mcg per porsi. Folat dibutuhkan untuk masa awal kehamilan untuk membantu dalam perkembangan otak bayi, sumsum dan tengkorak, dan asam folat pada strawberry sanggup membantu untuk mencegah kelahiran cacat.

Kandungan Nutrisi

Strawberry kaya akan nutrisi poko vitamin C,potassium (kalium), asam folic dan serat.

Dikutip dari lamam MNT, per 166gram strawberry mengandung ; 50 kalori, 1gr protein, 11,65 gr karbohidrat, 3,81 gr serat, 23,24 mg kalsium, 0,63 mg zar besi, 16,60 mg magnesium, 31,54 mg fosfor, 44,82 mg kalium, 1,16 mg selenium, 94,12 mg vitamin C, 29,38 microgram folat, 44,82 IU Vitamin A.

Kelompok gizi ini juga mengandung antioksidan menyerupai anthocyanins, asam ellagic, quercetin dan kaempferol yang telah membuktikan imbas perlindungannya dalam melawan kanker.

Resiko Kesehatan

 

Setiap tahunnya Environment Working Group (EWG) merilis daftar buah dan sayuran yang mempunyai pestisida tinggi. Dan strawberry masuk dalam urutan atas buah dengan pestisida tinggi. EWG menyarankan untukmembeli strawberry organik untuk mengurangi dampak dari pestisida.

Namun kalau kalian tidak bisa membeli yang organik, jangan khawatir kandungan nutrisi strawberry konvensional (non organic) lebih baik daripada tidak makan strawberry sama sekali. Kalian hanya perlu membersihkannya sebelum dimakan.

Baca juga : 6 Makanan dan Minuman ini Ternyata Bisa Merusak Kulit

Beta blocker yakni jenis obat yang biasa diresepkan untuk para penderita jantung, beta bloker berfungsi untuk menaikan kalium dalam darah. Bila kalian sedang konsumsi beta blocker disarankan untuk tidak terlalu banyak memakan buah atau sayuran yang berkalium tinggi. Dikhawatirkan akan menimbulkan kelebihan kalium.

Kalium yang berlebih dalam tubuh sanggup membahayakan ginjal, menciptakan ginjal tidak berfungsi secara maksimal dan bila kelebihan ini tidak bisa dibuang maka akan terjadi hal yang fatal.

Tips

1. Cuci hanya Sebelum Makan

Cuci strawberry sebelum Anda makan, srawberry ini menyerupai spons, ia bisa menyerap kelembaban dan ini sanggup menimbulkan buah ini lembek dan cepat rusak. Selain itu dalam keadaan lembab resiko buah ini terkena jamur pun cukup tinggi. Kaprikornus sebaiknya bila Anda ingin menyimpannya, simpan tanpa dicuci terlebih dahulu. Cucilah saat Anda hendak makan langsung.

2. Tanggalkan Batang

Sama dengan anggur, buah strawberry harus dipisahkan dari batangnya bila ingin bertahan lebih usang di rak penyimpanan. Batang yang gampang kering sanggup mempengaruhi ke buah, jadi alangkah lebih baik pisahkan dahulu dengan batangnya sebelum menyimpannya.

3. Pisahkan

Bila Anda melihat buah yang kalian simpan ada yang berjamur salah satunya. Sebaiknya Anda eksklusif membuangnya, ini penting alasannya yakni buah yang berjamur sanggup denag gampang merambat ke buah yang lain. Kaprikornus pastikan untuk memisahkan sebelum menyimpan dan cek rutin bila Anda ingin menyimpa dalam waktu cukup lama.

Sekian gosip mengenai manfaat strawberry, kandungan nutrisi, resiko kesehatan dan tips strawberry. Semoga bermanfaat dan sanggup membantu. Terima Kasih.   

Referensi : MNT, The kitchn, Besthealthmag