Adab Menuju Kamar Kecil (Toilet)

Di dalam agama Islam sudah tertera etika atau tata cara dalam menjalani setiap aktivitas. Adab atau tatacara ini ditunjukan oleh rasulullah SAW. Dan bila dikerjakan maka akan menerima pahala alasannya ini merupakan sunnahnya.

Begitu pun ketika masuk kamar mandi. Ada tatacara atau etika tersendiri yang diajarkan oleh rasulullah SAW. Berikut beberapa etika sesuai sunnah rasul yang saya pahami hingga dikala ini.

Adab Menuju Kamar Kecil

1. Ketika hendak masuk kamar kecil, langkahkanlah kaki kiri terlebih dahulu dan berdo’a lah sebelum memasukinya.
Do’a masuk kamar mandi :

 ALLAHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI
Yang artinya : Ya Tuhan bergotong-royong saya berlindung kepadaMu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.

2. Ketika hendak keluar dari kamar kecil,dahulukanlah kaki kanan terlebih dahulu dikala keluar dari kamar mandi,seraya berdo’a.
Do’a keluar kamar mandi :

 ALHAMDULILLAHILLADZII ADZHABA ANNIL ADZA WA’AAFANII
Yang artinya : Segala puji bagi Tuhan yang telah menghilangkan penyakit dan telah membuatku sehat.

Adapun etika ketika buang air kecil

1. Pria
Untuk laki-laki disunnahkan buang air kecil dengan posisi jongkok. Selain sunnah dan pastinya sanggup pahala alasannya melaksanakannya,buang air kecil dengan posisi jongkok pun direkomendasikan di dunia medis.
Kenapa? alasannya ketika kita buang air kecil dalam posisi jongkok,semua cairan urin akan dikeluarkan secara sempurna. Untuk menuntaskannya dianjurkan berdehem atau batuk-batuk kecil 3x dan mengurut batang kemaluan. Ini bertujuan biar tidak ada sisa urin.

Sisa urine yang belum terbuang seluruhnya sanggup menjadikan kanker prostat bagi pria. Kaprikornus bukan sekedar sunnah tapi juga memang sangat baik bagi kesehatan kita.

2. Wanita
Untuk perempuan posisinya sama adalah jongkok. Menurut pengajian yang pernah saya ikuti,  Ada baiknya ketika buang air kecil kaki sedikit jingjit, untuk menuntaskannya urut bab antara perut dan kemaluan. Tujuannya untuk mengeluarkan semua urin. Urin yang tertinggal ini lah yang sanggup menjadikan kanker serviks.

Tambahan Lainnya

1. Tidak boleh berbicara di dalam kamar kecil apalagi bernyanyi.
2. jangan membawa sesuatu yang bertuliskan asma Tuhan dan RasulNya.
3. Dianjurkam mengenakan ganjal kaki dikala masuk ke kamar kecil.
4. Jangan buang air kecil di lubang yang ada hewan-hewannya.
5. Jangan buang air kecil di daerah terbuka.
6. Gunakan watu yang suci bila tidak ada air.

Cukup sekian pembahasan mengenai etika di kamar kecil. Bila ada embel-embel silakan tambahkan di kolom komentar nanti saya tambahkan ke artikel ini.

Sekali lagi ini menurut sunnah yang hingga dikala ini saya ketahui. Bila ada yang lebih baik dan lebih terang selakan di share biar sanggup menambah pengetahuan saya. Terima kasih.