9 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan


Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini? Buah yang menjadi primadona ketika bulan Ramadhan tiba. Buah ini menjadi favorit warga Indonesia khususnya tempat jawa barat untuk berbuka puasa.
Di bulan Ramdahan banyak para penjual timun suri yang menjajakan dagangnya. Selain rasanya yang begitu menyegarkan dan teksturnya yang empuk ternyata buah yang satu ini meiliki banyak manfaat yang tentunya baik bagi kesehatan.
1. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Kanker
Timun suri mengandung sebuah senyawa yaitu saponin. Saponin merupakan antioksidan alami yang bisa melawan radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas yaitu penyebab utama terjadinya pembentukan sel kanker. Radikal bebas bisa berasal darimana saja baik itu dari minuman, makanan maupun polusi udara. Dengan konsumsi Timun suri secara rutin minimal empat kali dalam seminggu maka akan menurunkan resiko terkena kanker menyerupai kanker usus, kanker hati dan kanker payudara.
2. Mengendalikan Kadar Gula
Gula alami yang terdapat pada timun suri menyerupai fruktosa dan glukosa membuatnya kondusif untuk dimakan oleh penderita diabetes. Fruktosa dan glukosa merupakan gula yang didapat secara alami sehingga tidak akan menambah kadar gula dan sanggup menjadi sumer energi untuk tubuh. Tentunya timun suri yang kondusif dikonsumsi yaitu timun suri tanpa gabungan sirup dan gula. Bila Anda penderita diabetes sebaiknya berhati-hati meskipun gula alami namun jenis gula ini termasuk jenis monosakarida. Kandugan gula tersebut sanggup menaikan kadar gula darah dengan cepat dan ini bisa membahayakan penderita diabetes.
3. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol merupakan “musuh” yang berbahaya terutama kolesterol yang berasal dari lemak jenuh atau kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jenis ini sanggup menjadikan plak di arteri dan ini bisa menjadikan beberapa penyakit menyerupai stroke dan penyakit jantung. Bila tidak segera diatasi ini akan sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa Anda. Dengan rutin konsumsi timun suri kolesterol jahat(LDL) perlahan akan turun.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Dalam sebuah penelitian ditemukan senyawa asam linoleat dalam timun suri. Senyawa ini bekerja pada tubuh dengan menjadi antioksidan yang akan melawan radikal bebas. Zat ini juga sanggup memelihara kesehatan jantung dengan cara menggunakan lemak sebagai sumber energi dan menghalangi terjadinya pembentukan lemak yang tidak terpakai oleh tubuh. Zat ini pun akan melindungi tibuh dari racun.
5. Mendukung Proses Detoksifikasi
Kandungan air dan serat yang cukup tinggi pada timun suri sanggup membantu mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Racun itu akan dibuang melalui sisa makan baik itu leawt urin ataupun feses.
6. Regenerasi Sel Tubuh
Kandungan vitamin C yang banyak terdapat pada timun suri membuatnya bisa membantu proses regenerasi sel tubuh.
7. Menjaga Kesehatan Kulit
Selain membantu proses regenerasi sel tubuh, vitamin C yang terdapat pada timun suri sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C akan mendorong produksi kolagen. Kolagen sendiri berfungsi untuk mempertahankan kelembutan dan elastisitas kulit.
8. Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat yang terdapat pada timun suri merupakan serat larut. Serat ini yaitu jenis serat yang diharapkan oleh usus untuk melancarkan pencernaan. Serat juga akan mengikat lemak yang ada di dinding usus dan membuangnya lewat feses. Hal ini akan berdampak pada kesehatan sistem pencernaan dan sebagai bonusnya, ini pun sanggup membantu menurunkan berat badan.
9. Menjaga Kesehatan
kandungan beberapa vitamin menyerupai vitamin C dan vitamin A pada buah suri membuatnya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kedua vitamin itu sanggup menjaga tubuh dari serangan kuman maupun virus penyebab penyakit.

Tips
Bila Anda ingin mengkonsumsi buah ini, hendaknya dimakan dalam keadaan perut kosong. Ini bertujuan biar perembesan gizi lebih sempurna. Kalau dikonsumsi sesudah konsumsi makanan berat sanggup meyebabkan fermentasi dalam perut yang bisa menciptakan perut sebah.