8 Manfaat Buah Apel

Buah yang berbentuk lingkaran dan berwarna merah merona ini merupakan buah yang digemari oleh masyarakat. Buah yang biasa dijadikan selai pie atau dijadikan cuka apel ini ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Buah apel pertama kali di tanam di Asia Tengah dan kini apel sudah menyebar ke seluruh kawasan di dunia  yang mempunyai suhu udara lebih  dingin. Malus domestica yakni nama latin dari pohon apel.

Selain rasanya yang enak ternyata apel ini mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Berikut beberapa manfaat dari buah apel :

Manfaat Buah Apel

 1. Rendah Kolesterol

Satu apel ukuran sedang mengandung sekitar 4gr serat. Dimana terdiri dari beberapa pektin, Jenis serat larut yang dikaitkan dengan penurunan kadar LDL atau kolesterol jahat. Menurut webMD, pektin sanggup menghambat perembesan kolesterol dan membantu tubuh untuk memakai kolesterol daripada menyimpannya.

2. Membuat Kenyang Lebih Lama

Apel kaya akan kandungan serat. Serat pada apel membat perut kita kenyang lebih usang sehingga nafsu makan terkontrol dan ini bisa berdampak pada penurunan badan. Selain menciptakan perut kenyang, kita pun tahu kalau serat bisa mengikat lemak dan membuangnya bersama kotoran.

3. Membuat Tetap Langsing

Huffpost UK melaporkan bahwa dalam buah apel terkandung senyawa yang berjulukan ursolic acid (sejenis serat) yang berkaitan dengan penurunan resiko obesitas. Ursolic acid bisa mempercepat pembakaran kalori dan menambah masa otot.

4. Mencegah Masalah Pernapasan

Konsumsi lima atau lebih apel seminggu bisa menciptakan fungsi paru-paru lebih baik. Health magazine melaporkan, itu terrjadi sebab kandungan antioksidan yang berjulukan quercetin yang ditemukan di kulit apel (sama dengan yang ditemukan di bawang dan tomat). Sebuah study tahun 2007 menemukan bahwa wanita yang konsumsi lebih banyak buah mempunyai resiko yang rendah mempunyai anak dengan penyakit asma.

5. Melawan Flu

Kandungan vitamin C pada buah apel bisa melawan flu dengan menaikan sistem kekebalan tubuh. Ada sekitar 8mg vitamin C dalam buah apel ukuran sedang atau sekitar 14% dari yang diharapkan tubuh setiap hari.

6. Mencegah Kanker

WebMD melaporkan, berdasarkan penelitian pada tahun 2004 yang dilakukan french research menemukan bahwa senyawa pada apel bisa membantu mencegah kanker colon. Dan pada 2007, studi yang dilakukan Cornell menemukan senyawa yang disebut triterpenoids, bisa melawan liver, colon dan kanker payudara.

Baca juga :Kandungan,Manfaat dan Bahaya Konsumsi Lemon

7. Menurunkan Resiko Diabetes

Sebuah studi pada tahun 2012 yang di publis American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa apel,pir dan blueberry bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2. Itu sebab kandungan antioksidan yang ditemukan pada buah-buahan atau sayuran yang berwarna ungu, merah dan biru yang berjulukan anthocyanins.

8. Meningkatkan Kemampuan Otak

Beberapa kandungan yang terdapat pada buah apel bisa meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi resiko alzheimer.

Kandungan Buah Apel


Resiko Kesehatan

Menurut Flores, “makan buah apel hiperbola tidak akan menimbulkan banyak hal yang berbahaya”. Namun apapun yang hiperbola itu tidak baik. Bila konsumsi apel hiperbola yang terjadi yakni peningkatan berat badan, ini terjadi sebab kalori pada buah apel cukup tinggi.

Selain itu dalam sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan oleh Journal of Dentistry menemukan bahwa konsumsi apel mungkin sanggup merusak gigi empat kali lebih besar dibandingkan konsumsi minuman berkarbonasi.

Baca juga : Kalian Perlu Tahu Manfaat Buah Naga !!

Menurut profesor David Bartlett, Asam pada apel sanggup merusak enamel gigi. Konsumsi apel satu buah sehari memang baik namun bila dikonsumsi tiap hari sanggup merusak gigi. Untuk mengurangi dampaknya Kalian bisa mengunyah apel dengan gigi belakang dan membersihkan verbal dengan air untuk membantu membersihkan gula dan asam.

Sedikit Tips
– Bila Kalian hendak memtik apel pribadi dari pohonnya, petiklah satu per satu sebab bila dipetik secara bersamaan 2 atau 3 sekaligus sanggup menimbulkan noda hitam pada buah apel dan itu sanggup merusak penampilan serta menurunkan harga buah apel.

– Mungkin Kalian sering melihat buah apel yang telah dikupas berubah warna? itu terjadi sebab enzim pada buah apel bereaksi dengan oksigen, ini disebut dengan oksidasi. Untuk mengurangi imbas ini, Kalian bisa merendam buah apel dalam air garam. Basuh dengan air sebelum konsumsinya.

Sekian sedikit gosip mengenai manfaat apel,kandungan buah apel dan resiko kesehatan buah apel. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Referensi : wikipedia, huffingtonpost, beautips dan laptop si unyil.