8 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Asam jawa atau tamarind merupakan flora yang tumbuh di kawasan tropis dan berhubung negara kita berada di kawasan tropis maka tidak sulit untuk menemukan tumbuhan ini. Asam jawa biasa dipakai menjadi bumbu masakan. Banyak kuliner jawa yang memakai asam jawa sebagai bumbu utamanya.  Bukan hanya menjadi bumbu di masakan, asam jawa ini pun biasa dipakai dalam minuman. Tidak sedikit minuman yang terbuat dari asam jawa bahkan minuman kemasan pun memakai asam jawa sebagai rasa utamanya.

Rasanya yang asam menciptakan asam jawa menjadi nikmat untuk dijadikan minuman. Selain itu rasanya yang asam bisa menciptakan tubuh terasa segar dan manfaat asam jawa ini pun begitu banyak. Tidak heran banyak orang yang menyukainya.

Manfaat Asam Jawa

Kesehatan Pencernaan

Dari dulu asam jawa dianggap sebagai pencahar alami. Kandungan serat pada asam jawa yang mungkin membantu proses ini. Seperti yang kita tahu serat merupakan hal baik yang sanggup menjaga kesehatan pencernaan. Serat bisa mengikat lemak-lemak yang berada di dinding usus dan membuangnya bersama feses. Asam jawa juga mengandung zat empedu yang sanggup merangsang acara empedu, membantu melarutkan kuliner lebih cepat dan serat pada asam jawa pun bisa merangsang cairan lambung untuk mempercepat pencernaan.

Kesehatan Jantung

Sebuah studi menerangkan bahwa asam jawa/tamarind efektif dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Kandungan serat pada asam jawa ikut berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kalium yang terdapat pada asam jawa pun ikut andil dalam penurunan tekanan darah, alasannya ialah dikenal sebagai vasodilator yang sanggup mengurangi stress pada sistem kardiovaskular.

Baca juga : Cara Praktis semoga Wajah Tampak Awet Muda

Begitu pula dengan kandungan vitamin C nya. Vitamin C pada asam jawa mempunyai tugas penting, dimana vitamin C berperan sebagai antioksidan yang sanggup mengurangi dampak dari radikal bebas.

Meningkatkan Sirkulasi

Asam jawa merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Asupan zat besi dalam jumlah yang sempurna sanggup menjamin jumlah sel darah murka yang sempurna dalam tubuh. Zat besi sendiri berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan, juga mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi dalam sel.
Kekurangan zat besi sanggup mengakibatkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, kelemahan, gangguan kognitif, problem perut dan sakit kepala.

Fungsi Saraf

Asam jawa kaya akan vitamin B kompleks. Tiamin, salah satu keluarga vitamin yang ditemukan dalam asam jawa dengan jumlah yang tinggi. Tiamin berperan dalam meningkatkan sistem saraf, pengembangan otot yang sanggup membantu Anda tetap aktif, menjaga reflektif dan menciptakan Anda tetap kuat.

Menurunkan berat badan

Asam jawa mempunyai satu kandungan unik yaitu HCA (hydroxycitric acid). HCA ini dikaitkan dengan penurunan berat tubuh alasannya ialah bisa menghambat enzim yang berfungsi untuk membantu menyimpan lemak dalam tubuh. Lebih jauh, asam jawa bisa menekan nafsu makan dengan meningkatkan serotonin neurotransmitter.

Kontrol Diabetes

Alpha amilase pada asam jawa bisa menghentikan perembesan karbohidrat yang akan dengan gampang dikonversi menjadi lemak atau gula sederhana. Diet karbohidrat berat sanggup meningkatkan resiko tidak terkendalinya glukosa dan insulin, ini merupakan problem terbesar bagi penderita diabetes. Asam jawa bisa memantau dan mengontrol fluktuasi hal tersebut.

Baca juga : Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Anti Inflamasi

Minyak esensial dari asam jawa mempunyai kemampuan anti inflamasi yang sanggup mengurangi nyeri sendi dan peradangan, kondisi rematik, asam urat dan athritis.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tingginya kadar vitamin C serta imbas antioksidan lain dalam minyak esensial membuatnya menjadi salah satu rempah/bumbu/tanaman yang sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan dalam jangka panjang dari benjol jamur dan mikroba. Hal tersebut pun bisa mengurangi benalu dalam tubuh alasannya ialah imbas antimikroba dan antiseptik yang terdapat pada asam jawa. Asam jawa pun dikatakan bisa menghilangkan cacing perut pada belum dewasa di kawasan tropis dimana tumbuhan ini dibudidayakan.

Referensi : organicfacts