8 Fakta Seputar Kanker Yang Harus Anda Ketahui

 Kanker sekarang menjadi penyakit paling mematikan dan sulit disembuhkan meskipun aneka macam mac 8 Fakta Seputar Kanker yang Harus Anda Ketahui

Kanker sekarang menjadi penyakit paling mematikan dan sulit disembuhkan meskipun aneka macam macam penelitian sudah dilakukan demi menemukan metode pengobatan yang lebih baik. Bahkan, kanker lebih mematikan dibandingkan dengan AIDS, tuberkulosis, dan malaria.

Di tahun 2012 saja, terdapat setidaknya 8,2 juta janjkematian alasannya ialah kanker. Berikut kami bagikan beberapa fakta mengejutkan perihal penyakit paling membunuh ini.

  • Fakta 1: Lebih dari 20.000 orang meninggal tanggapan kanker di seluruh dunia setiap hari. Penyebab paling umum janjkematian kanker ialah kanker paru-paru, hati, perut, usus besar, payudara, dan kerongkongan. 
  • Fakta 2: Lebih dari 30 persen kanker sanggup dicegah, terutama dengan menghindari kebiasaan merokok, menjaga teladan makan yang sehat, tetap aktif secara fisik dan menjauhi alkohol. Di negara-negara berkembang, sekitar 20 persen dari janjkematian tanggapan kanker sanggup dicegah dengan imunisasi orang terhadap jerawat HBV dan HPV.
  • Fakta 3: Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa pilot dan pramugari dua kali lebih berisiko terkena kanker kulit tanggapan paparan sinar UV yang tinggi. Intensitas radiasi UV meningkat sebesar 15 persen di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut. Padahal, pesawat sering terbang pada ketinggian 35.000 kaki di atas permukaan maritim atau bahkan lebih tinggi.
  • Fakta 4: Ketika Angelina Jolie mengumumkan bahwa ia positif mengidap kanker payudara, insiden tersebut menciptakan perempuan di Inggris berbondong-bondong melaksanakan tes kanker payudara. Baca juga; Cara Praktis Mencegah Kanker
  • Fakta 5: Anjing ternyata sanggup dilatih untuk mengendus kanker prostat dengan akurasi 98 persen. Hidung anjing mempunyai sel penciuman empat kali lebih banyak daripada hidung manusia, menciptakan mereka sensitif dan cukup tajam untuk mendeteksi senyawa organik penyebab kanker. Para ilmuwan di Istituto Clinico Humanitas di Italia melatih dua anjing untuk mengendus aroma kanker prostat dalam sampel urin.
  • Fakta 6: Senyawa yang terkandung pada gan*ja sanggup menghentikan pertumbuhan sel kanker serta mencegah penyebaran kanker dalam tubuh. Para peneliti di Medical Center California Pacific di San Francisco menemukan bahwa senyawa turunan gan*ja tersebut sanggup mencegah metastasis dalam aneka macam jenis kanker yang agresif. Penemuan menyerupai ini membawa kita satu langkah lebih maju untuk mencegah janjkematian tanggapan penyakit ini.
  • Fakta 7: Ada lebih dari 100 jenis kanker, dan setiap kepingan dari badan insan sanggup terserang penyakit ini. Kanker sanggup tumbuh pada 60 organ yang berbeda dalam tubuh. Hal ini terjadi alasannya ialah kanker sanggup berkembang dari hampir semua jenis sel dalam tubuh.
  • Fakta 8: Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 materi kimia, termasuk 43 senyawa yang diketahui menimbulkan kanker dan 400 racun lainnya. Merokok berperan secara eksklusif dalam memicu kanker, sekitar 80-90 persen diantaranya berakhir dengan kematian.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik perihal kanker. Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, olahraga secara teratur, dan menghindari stress. (mfb/hmu)