8 Cara Semoga Tidak Gampang Lelah Ketika Olahraga

Kamu sering merasa lelah setiap kali berolahraga? Lelah ketika olahraga dapat menjadi problem yang serius lantaran kau jadi tidak bersemangat untuk melanjutkannya hingga tuntas. Alhasil, kau tidak akan mendapat manfaat olahraga secara maksimal.

Kamu sering merasa lelah setiap kali berolahraga 8 Cara Agar Tidak Praktis Lelah Saat Olahraga

Rasa lelah yang hiperbola selama olahraga dapat disebabkan oleh banyak sekali macam alasan, menyerupai kurang makan, dehidrasi, gerakan yang salah, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi rasa letih dan meningkatkan stamina ketika berolahraga, ada baiknya kau mencoba beberapa tips berikut ini.

Tips Agar Tidak Cepat Lelah Selama Olahraga

1. Cukup Makan
Salah satu penyebab utama kelelahan selama olahraga yaitu kurangnya nutrisi yang kau konsumsi. Sebelum olahraga, sangat dianjurkan untuk cukup makan masakan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Karbohidrat berfungsi untuk memperlihatkan energi secara instan, sementara lemak memperlihatkan energi berkelanjutan. Keduanya sangat penting untuk menunjang acara fisik yang kau lakoni.

2. Minum Air yang Cukup
Sekalipun kau sudah makan banyak sebelum berolahraga, kelelahan tetap dapat kau alami kalau kau mengalami kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan tubuh. Air berperan dalam memperlihatkan nutrisi ke otot selama dan sehabis olahraga. Oleh lantaran itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan air ketika berolahraga, terutama air kelapa lantaran mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh.

3. Cukup Tidur
Tubuhmu membutuhkan waktu untuk pemulihan dan perbaikan dirinya sendiri. Tidur yang cukup (sekitar 8 jam semalam) sangat elok untuk proses recovery tubuh pasca olahraga. Untuk mencegah kelelahan sehabis olahraga, hindari begadang dan segeralah tidur.

4. Teknik Pernapasan yang Tepat
Banyak pemula tidak menyadari pentingnya mengendalikan napas mereka. Padahal, berdasarkan hebat kesehatan, memahami tehnik pernapasan selama olahraga sangatlah penting. Bernapas tidak hanya mengalirkan oksigen ke seluruh tubuhmu, tetapi juga mengalirkan energi sehingga sangat penting untuk mempelajari teknik pernapasan yang sempurna semoga tidak terlalu letih selama olahraga.

5. Jangan Terlalu Lama
Berolahraga terlalu usang (sekitar 90 menit) sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk mengoptimalkan hormon anabolik dalam tubuhmu, batasi durasi olahraga maksimal satu jam. Selain itu, pastikan kau mencukupi kebutuhan kalori untuk materi bakar dan cairan semoga terhindar dari dehidrasi.

6. Hari Istirahat
Meskipun kau sudah kecanduan untuk terus berolahraga, jangan lupa untuk istirahat. Jeda waktu istirahat sangat diharapkan untuk tubuh guna memperlihatkan kesempatan bagi otot-otot tubuh untuk memperbaiki diri. Bahkan berdasarkan hebat kebugaran, terlalu sering berolahraga atau overtraining efeknya sama dengan tidak berolahraga sama sekali.

7. Jeda Istirahat Saat Olahraga
Manfaat waktu antar set untuk beristirahat. Durasi istirahat antar set juga tergantung pada tingkat kebugaranmu. Jika kau ingin menurunkan berat badan, sebaiknya waktu istirahat antar sesi tidak terlalu usang untuk meningkatkan intensitas pembakaran lemak. Tetapi kalau kau ingin fokus pada kekuatan, sebaiknya beristirahatlah sedikit lebih lama.

8. Pemulihan Aktif
Untuk meningkatkan stamina serta mempertahankan tingkat kebugaran, cobalah untuk melaksanakan pemulihan aktif (active recovery). Jika kau melaksanakan angkat beban di gym secara teratur, cobalah menghabiskan satu atau dua hari melaksanakan kegiatan alternatif lainnya menyerupai berenang, atau bermain sepak bola. Intinya, cobalah olahraga yang berbeda dari biasanya. Karena melaksanakan rutinitas yang sama berulang-ulang dapat membuatmu bosan.

Nah, itu tadi 8 tips semoga tidak gampang lelah ketika olahraga. Selain mencegah kelelahan, cara tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina. (mfb/hmu)