7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Depan Komputer

Bekerja didepan monitor komputer kini ini sudah menjadi sajian pekerjaan utama bagi sebagian orang. Bukan cuma karyawan di kantor, tapi juga wartawan, mahasiswa, murid sekolah, guru, freelancer, ibu rumah tangga dll, juga menuntaskan pekerjaannya didepan monitor komputer. Komputer sudah menjadi alat bantu wajib untuk mengerjakan pekerjaan seseorang.

Bekerja didepan monitor komputer kini ini sudah menjadi sajian pekerjaan utama bagi seba 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer


Bekerja dalam jangka waktu yang usang di depan monitor komputer sangat mensugesti kesehatan, khususnya kesehatan mata, tulang belakang, pundak dan leher. Indera mata yakni bab yang mendapatkan beban pekerjaan paling berat. Sehingga menjaga kesehatan mata sangat penting sebagai asset untuk pekerjaan yang bersangkutan.

Menjaga kesehatan mata didepan komputer

Tapi bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan indera penglihatan tersebut ? Berikut yakni beberapa tips menjaga kesehatan mata dikala bekerja di depan monitor komputer.

#1. Ruangan harus cukup cahaya

Bekerja dalam ruangan yang cukup cahaya sangat konkret untuk menjaga kesehatan mata. Usahakan semoga cahaya jangan terlalu terperinci sehingga menyilaukan mata, dan jangan pula terlalu gelap atau redup sehingga mata cepat lelah.

Perhatikan sumber pencahayaan dalam ruangan Anda. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari menatap cahaya secara langsung. Pastikan semoga ruangan Anda cukup terperinci semoga mata tidak bekerja terlalu keras.

#2. Pakai filter monitor

Filter monitor berfungsi untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan monitor komputer. Konsultasikan pada ahlinya untuk mendapatkan filter monitor yang terbaik. Yaitu filter monitor yang bisa mengurangi imbas radiasi dan meredupkan cahaya monitor.

Dalam jangka waktu lama, radiasi dan cahaya yang menyilaukan berdampak negatif bagi kesehatan mata.

#3. Cek monitor anda

Bersihkan monitor komputer dari bubuk dan kotoran yang mengganggu. Coba bandingkan monitor Anda dengan monitor lain. Cek apakah monitor Anda masih berfungsi dengan baik? Bila ada yang bermasalah utamakan kesehatan mata, jangan ragu untuk memperbaiki atau mengganti monitor jikalau gambar yang muncul semakin buram, berpendar atau tidak nyaman bagi mata.

#4. Perhatikan jarak monitor

Untuk menjaga kesehatan mata semoga tidak cepat lelah serta semoga pundak dan leher cukup nyaman bekerja, jaga jarak antara mata dengan monitor. Selain itu, coba letakan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10 – 15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda.

#5. Gunakan “font” yang cukup besar

Hal lain yang juga kuat pada kesehatan mata yakni ukuran abjad atau “font”. Pastikan bahwa ukuran abjad atau  “font”  pada goresan pena yang Anda gunakan cukup besar sehingga nyaman untuk dibaca. Jangan biarkan mata Anda untuk membaca abjad kecil pada monitor. Pakai sajian untuk memperbesar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor anda.

#6. Mata perlu istirahat

Seperti organ badan lain pada umumnya, istirahat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Biarkan mata Anda rileks sejenak dan pejamkan. Biarkan ketegangan di otot  mata menurun.

Dianjurkan berkedip namun jangan mengucek mata. Usahakan mata Anda tetap basah. Bila Anda terlalu usang melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan Anda ke arah yang jauh.

#7. Periksa kacamata atau lensa kontak

Berkonsultasilah dengan dokter mata atau optik  semoga bisa mendapatkan kacamata yang sesuai. Termasuk ukuran lensa dan framenya. Bila mata anda merasa lelah maka tanggalkan segera kacamata. Sesekali biarkan mata anda melihat bebas.

Akhirnya, kondisikan monitor komputer se-friendly mungkin dengan mata Anda, dengan begitu pekerjaan lancar, dan kesehatan mata pun tetap terjaga.