7 Penyebab Kaki Dan Tangan Sering Gemetaran

Pernahkah anda mengalami kondisi dimana kaki dan tangan gemetaran? Setiap orang niscaya pernah mencicipi kondisi ini. Entah dalam keadaan marah, merasa lelah, bahkan ketakutan, tubuh akan memperlihatkan respons dengan menggerakkan anggota tubuh menyerupai tangan dan kaki.

Namun, kalau anda sering mengalami gemetaran buka lantaran gugup serta tanpa sebab, kemungkinan hal itu disebabkan oleh jenis penyakit yang mempunyai tanda-tanda kaki dan tangan gemetaran.
Apapun alasannya, gemetaran atau tremor yang terjadi di tangan atau kaki yaitu kondisi medis yang umum terjadi. Berikut penyebab tangan dan kaki mengalami gemetaran.

Kenapa Kaki dan Tangan Gemetar?

Penyebab pertama yaitu tremor esensial. Tremor ini terjadi lantaran gangguan saraf umum dan dimulai di tangan dan secara sedikit demi sedikit sanggup menyebar ke kepingan lain dari tubuh, termasuk lengan, kaki atau kepala. Bahkan bunyi kita menjadi terbata-bata juga disebabkan oleh tremor ini.
Tremor esensial sanggup terjadi lantaran keturunan. Jika salah satu orangtua mempunyai duduk perkara tremor ini, kemungkinan besar anaknya juga berpotensi terkena tremor ini.
Tremor esensial bukanlah sesuatu yang sanggup mengancam nyawa tetapi sanggup sangat mengganggu aktifitas si penderita. Jika anda sering memakai tangan menyerupai menulis atau mengetik, maka acara keseharian anda akan terganggu.
Penyebab lain tangan atau kaki gemetar dikarenakan faktor lingkungan dan usia. Orang yang berusia lebih dari 40 tahun lebih mungkin terkena tremor. Meskipun demikian, kekerabatan antara tremor dan faktor eksternal memerlukan penelitian lebih lanjut.

Tangan Kaki Gemetar dan Artinya Terhadap Kesehatan

1. Tanda Penyakit Parkinson
Tremor merupakan tanda awal penyakit Parkinson. Ini bukan berarti bahwa setiap pasien Alzheimer mempunyai duduk perkara tremor, tetapi kebanyakan pasien memperlihatkan kecenderungan mengalami kondisi ini pada tahap awal penyakit ini.

2. Multiple Sclerosis

Ini yaitu penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan, otak, saraf, dan lain sebagainya. Dan penyakit ini juga sanggup menciptakan tangan seseorang gemetar.

3. Penyebab Lain Tangan Kaki Gemetar

Kadang-kadang, tremor sanggup menjadi tanda tubuh mengalami kekurangan nutrisi atau respons terhadap kondisi berikut ini:

  • Defisiensi Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 sanggup mempengaruhi sistem saraf. Oleh lantaran itu, penting untuk makan masakan yang mengandung vitamin penting ini, menyerupai telur, ikan, produk susu, dan lain-lain.

  • Efek Samping Suatu Obat

Semua obat yang menghalangi dopamin, zat kimia otak yang penting, sanggup menjadikan tremor. Tremor akan teratasi kalau Anda menghentikan konsumsi obat tersebut.

  • Saraf Rusak

Kerusakan saraf yang disebabkan oleh cedera atau penyakit lainnya juga sanggup menciptakan tangan dan kaki gemetar.

  • Stres

Stres yang disebabkan oleh gaya hidup yang sibuk dan kekhawatiran yang tinggi juga sanggup menjadikan tremor. Kemarahan dan gangguan tidur juga sanggup menjadikan kaki dan tangan gemetaran.

  • Gula Darah Rendah

Gula darah dalam tubuh dalam level rendah juga menjadikan kaki dan tangan mengalami tremor. Kondisi ini memperburuk stres tubuh dan sanggup menciptakan tangan gemetar.

Nah, itu tadi beberapa penyebab kenapa tangan dan kaki mengalami gemetaran. Jika kondisi ini berlanjut, segera konsultasikan ke dokter.

(mw/kr)