7 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Ubi jalar atau biasa disebut sweet potato ini merupakan flora umbi yang tinggi akan karbohidratnya. Di beberapa negara ibarat afrika, Ubi jalar ini menjadi makanan pokok. Selain karbohidrat yang tinggi kandungan gizi pada ubi jalar ini sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri ubi jalar biasa di buat gorengan atau materi adonan bolu. Di jawa barat, ubi jalar biasa di rebus dan jadi makanan pendamping bersama minuman bajigur. Rasanya yang anggun dan mengenyangkan menjadi salah satu makanan yang sempurna untuk mereka yang sedang diet.

Selain baik bagi Mereka yang ingin menurunkan berat badan, ubi jalar ini mempunyai manfaat lain yang baik bagi kesehatan. Berikt beberapa manfaat lainnya dari ubi jalar :

Manfaat Ubi Jalar

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan beta karoten pada ubi jalar ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kombinasi keduanya bisa menghalau gangguan virus dan kuman sehingga tubuh kita terjaga dari penyakit.

2. Mencegah Peradangan

Dalam sebuah studi yang di publikasikan oleh Journal of Medicinal Food, ubi jalar mempunyai efek anti peradangan (anti infalamasi) dan antilipogenic positif. Anti inflamasi ini berfungsi untuk mencegah peradangan ibarat mengurangi rasa sakit pada rematik.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada ubi jalar inilah yang bisa menjaga kesehatan mata. Vitamin A memang dikenal baik bagi kesehatan mata. Selain itu, vitamin C dan E pada ubi jalar terbukti bisa mendukung kesehatan mata dan mencegah dari kerusakan degeneratif.

4. Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar ini sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Serat akan mengikat lemak-lemak yang melekat di dinding usus. Dengan terbebasnya lemak-lemak yang melekat di dinding usus maka kesehatan pencernaan pun akan meningkat.

5. Sumber Energi

Beberapa mineral yang terdapat pada ubi jalar ibarat zat besi dan magnesium bisa meningkatkan energi untuk menjalani aktivitas. Zat besi pun sanggup merangsang pembentukan sel darah merah baru.

6. Mencegah Diabetes

Penelitian gres pertanda ubi jalar bisa mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita penyakit diabetes. Selain itu ubi jalar pun mempunyai indeks glikemik yang rendah.

7. Mengurangi Tekanan Darah

Kalium yang terdapat pada ubi jalar bisa menurunkan tekanan darah. Dengan mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium, tekanan darah kita sanggup menurun. Asupan kalium yang tinggi bisa mengurangi 20% rsiko maut yang diakibatkan tekanan darah tinggi.

Sekian warta perihal manfaat ubi jalar. Meskipun baik bagi kesehatan, tetap konsumsi secukupnya jangan berlebihan. Terima kasih.