7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Buah yang mempunyai nama latin solanum lycopersicum yaitu buah yang berasal dari tempat amerika tengah dan selatan, mencakup mexico hingga peru. Tomat akan tumbuh dengan gampang di tempat yang beriklim mediterania. Namun kita pun sanggup menemukan tomat dengan cukup gampang di sini.

Tomat ini biasa dijadikan lalaban atau gabungan untuk sup. Selain rasanya yang lezat, tomat ini kaya dengan vitamin C. Berbeda dengan buah dan sayuran yang lain, tomat ini terbilang cukup unik pasalnya kandungan likopen ada pada buah tomat akan meningkat bila kita memasak tomat terlebih dahulu. Kebanyakan buah atau sayuran justru akan kehilangan beberapa vitamin saat di masak.

Likopen yaitu antioksidan pemberi warna merah pada buah dan sayuran. Likopen ini sangat baik bagi pencegahan kanker dan bisa menurunkan kolesterol. Tomat ini pun dipercaya memberi manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari tomat :


1. Mencegah Kanker

Mengenai tomat bisa mencegah kanker ini sudah disinggung sebelumnya di atas. Kandungan Likopen pada tomat ini lah yang berperan dalam pencegahan kanker. Likopen sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan pencegahan kanker. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Montreal menandakan bahwa mereka yang melaksanakan diet yang kaya akan tomat sanggup menurunkan resiko terkena kanker pankreas sebesar 31%. Kandungan likopen ini akan meningkat bila di masak terlebih dahulu tomatnya.

2. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada tomat terbilang cukup tinggi. Dengan tingginya serat dari toamat inilah, tomat bisa memelihara kesehatan organ pencernaan. Selain itu serat dan kandungan air pada tomat bisa menciptakan perut kenyang lebih cepat sehingga bisa mengurangi asupan kalori berlebih. Dan ini sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Perlu diperhatikan, konsumsi tomat saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Anda harus mengkombinasikannya dengan olahraga dan makanan lainnya biar asupan harian tubuh terpenuhi.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A yang terdapat pada tomat sangat baik bagi kesehatan mata. Dengan terpenuhinya asupan vitamin A maka kesehatan organ mata akan terjaga dan efeknya berujung pada penglihatan mata yang lebih baik.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan yang ada pada tomat ibarat potassium, kalium, vitamin C, kolin dan serat sangat penting untuk kesehatan jantung. Dengan dikombinasikan diet rendah natrium, maka Kita akan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

5. Pencegah Diabetes Alami

Kandungan kromium yang terdapat pada buah tomat bisa menyeimbangkan gula darah dalam tubuh. Dengan stabilnya gula darah maka kita sanggup terhindar dari penyakit yang berjulukan diabetes.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K pada buah tomat baik bagi kesehatan tulang. Vitamin K ini bisa menguatkan tulang sehingga bisa terhindar dari pengeroposan tulang atau yang biasa di sebut osteoporosis.

7. Baik untuk Kesehatan Kulit

Likopen dan beberapa nutrisi pada tomat ini sangat baik bagi kesehatan kulit. Kulit kita bisa lebih kencang dan bisa mencegah penuaan dini.


Manfaat Tomat untuk Wajah

1. Dapat mengurangi kandungan minyak berlebih

Kandungan minyak yang berlebih pada wajah sanggup mengakibatkan infeksi dan permasalahan kulit lainnya. Tomat bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang satu ini.

Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan 1 tomat yang berukuran sedang dan 1 timun yang ukuran kecil dengan blender. sebelum mengenakannya, pastikan Anda membersihkan wajah anda terlebih dahulu. Setelah dipastikan bersih, usapkan jus tadi ke seluruh permukaan wajah dan leher hingga merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dan bersihkan dengan air dingin.

Cukup gampang bukan? Anda perlu rutin setiap hari melaksanakan perawatan ini hingga kandungan minyak di wajah berkurang.

2. Mengecilkan Poro-pori yang membesar

Caranya Anda perlu membasuh wajah terlebih dahulu memakai air hangat kemudian belah tomat menjadi dua. Gosokan tomat yang sudah dibelah tadi ke wajah Anda. Diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan dengan air dingin. Untuk mendapat hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

3. bisa mencerahkan dan melembabkan kulit

kandungan vitamin E dan Vitamin C pada buah tomat sangat baik bagi kesehatan kulit. Tomat pun mempunyai kandungan anti bakteri yang baik bagi wajah Anda.

Untuk mendapat manfaat ini kalian hanya perlu membersihkan tomat kemudian belah tomat dan usapkan di wajah Anda. Pastikan wajah Anda higienis ya.. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air.

Selain dikonsumsi secara pribadi atau di jadikan gabungan masakan. Tomat pun sering dijadikan jus tomat. Untuk itu mari kita coba membuatnya.


Jus Tomat Enak dan Sehat

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan tomat yang elok dan segar. Untuk mendapat manfaat yang maksimal dari tomat, ada baiknya sebelum di buat jus, tomat tersebut di masak atau di rebus terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk meningkatkan kadar likopen pada buah tomat. Untuk merebus tomat, jangan gunakan panci aluminium. Ini bisa mengurangi kenikmatan tomat dan asam dari tomat bisa bereaksi dengan panci aluminium.

Ini tips menentukan tomat yang segar :

– Pilihlah tomat yang matang, tomat yang matang mempunyai warna merah bau tanah dan mengkilap.
– Pilih tomat yang masih keras. Tidak lunak di beberapa sisi.
– Hindari membeli tomat yang pangkalnya sudah berbau asam dan berair. Karena tomat itu hampir busuk.
– Tomat yang segar mempunyai permukaan kulit yang halus dan tidak keriput.

Setelah mendapat tomat yang segar. Mari menciptakan jus. Kalian bisa mengkombinasikannya degan beberapa buah-buahan atau mengikuti resep berikut ini.

1. Jus Tomat Madu

Bahan-bahan :

  • 2 Buah tomat matang
  • 1 sendok makan air jeruk lemon
  • 1 batang seledri yang sudah di potong-potong
  • air putih secukupnya

Cara membuatnya :
– Bersihkan tomat
– Seduh tomat dengan air mendidih, sesudah 2 menit kemudian angkat, kupas kulitnya dan potong-potong
– Masukan tomat yang sudah di potong tadi bersama seledri dan air jeruk lemon ke dalam blender
– Tambahkan juga air secukupnya kemudian proses hingga halus
– Setelah halus, saring ke dalam gelas saji
– Tambahkan madu dan es secukupnya

2. Jus wortel tomat merah

Bahan-bahan :

  • 50 gr wortel
  • 50 gr tomat
  • 1 sdm sirup gula

Cara membuatnya :
– Cuci higienis wortel dan tomat
– Kupas wortel dan potong-potong. Potong juga tomatnya
– Masukan semua materi dan proses hingga halus
– Masukan pecahan es kerikil bila ingin lebih segar
– Taaraa.. jadilah jus wortel tomat merah. Tinggal di tuang ke gelas saji.

Cukup sekian sedikit gosip dan tips untuk tomat. Semoga bermanfaat. Kalau berdasarkan kalian ini bisa bermanfaat bagi yang lain juga, Boleh di share kok !! Terima kasih.