7 Manfaat Dan Ancaman Rumput Maritim Untuk Kesehatan

Sebagian besar dari kita dekat dengan yang namanya rumput laut. Tapi selain sebab rasanya lezat, apakah anda pernah bertanya-tanya wacana manfaat kesehatan dari rumput laut?

Rumput maritim sangat kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Rumput laut, atau ganggang, yaitu kelompok organisme flora yang tumbuh di laut.

Sebagian besar dari kita dekat dengan yang namanya rumput maritim 7 Manfaat dan Bahaya Rumput Laut untuk Kesehatan
Beberapa alga yaitu organisme bersel satu ibarat mikroalga, yang berarti bahwa mereka lebih ibarat kuman yang juga menghasilkan energi melalui fotosintesis. Sebagian besar rumput maritim yang kita konsumsi sebagai masakan mempunyai banyak sel.

Rumput maritim merupakan potongan dari diet sehat dan dipakai dalam obat-obatan herbal di banyak kebudayaan tradisional.

Para ilmuwan telah mengklasifikasikan jenis rumput maritim ke dalam kategori yang berbeda menurut pigmen mereka, struktur sel, dan sifat-sifat lainnya. Kelompok rumput maritim yang biasa dikonsumsi antara lain:

  1. Ganggang hijau ibarat selada maritim atau ulva, dan anggur laut
  2. Ganggang coklat ibarat kombu, arame, rumput laut, dan wakame (rumput maritim miso sup)
  3. Ganggang merah ibarat dulse, bejana, dan nori (rumput maritim sushi)
  4. Ganggang biru-hijau ibarat spirulina dan chlorella

Rumput maritim kering harus direndam dalam air panas, dan dibilas dengan baik sebelum diolah menjadi makanan. Beberapa rumput maritim dengan tekstur tebal lebih baik diiris tipis atau direbus.

Karena mengandung gizi yang tinggi, rumput maritim sangat serbaguna. Berikut yaitu beberapa cara menikmati masakan ini:

1. Camilan

Nori dan dulse sanggup dimakan begitu saja. Kini sudah banyak tersedia aneka macam aneka jenis keripik yang berbahan dasar rumput lain. Jadi, jikalau anda mencari kudapan yang sehat, rumput maritim sanggup menjadi solusinya.

2. Salad

Kebanyakan jenis rumput maritim sanggup dibentuk menjadi salad dengan cuka, minyak wijen, jahe, dan bawang putih.

3. Makanan

Rumput maritim rasanya enak dalam kaldu tulang, sehingga sanggup dibentuk menjadi sup rumput laut.


4. Ditaburkan di masakan lainnya
Rumput maritim yang cincang halus sanggup ditaburkan di salad, nasi, sup, atau menu lainnya.

Kebanyakan rumput maritim tidak pahit. Beberapa jenis agak bagus dan bahkan mungkin mempunyai rasa umami. Berikut yaitu beberapa manfaat rumput laut.

1. Vitamin dan Mineral

Rumput maritim jauh lebih padat gizi dibandingkan sayuran. Ini yaitu sumber yang sangat baik dari mikronutrien termasuk folat, kalsium, magnesium, seng, besi, dan selenium. Lebih penting lagi, rumput maritim merupakan sumber yodium.

2. Asam Lemak Omega-3 DHA dan EPA

Tidak ibarat tumbuhan darat, rumput maritim mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA, sehingga rumput maritim atau ganggang sanggup menjadi sumber terpercaya dari omega-3.

3. Melancarkan Pencernaan

Kacang sanggup mengakibatkan gas dan sakit perut bagi banyak orang. Hal ini sanggup dengan gampang diatasi dengan menambahkan kombu, jenis tertentu dari rumput laut, dikala memasak.

4. Kaya Akan Antioksidan

Rumput maritim mengandung banyak antioksidan. Sebagai potongan dari diet sehat, rumput maritim sanggup membantu melindungi terhadap tekanan oksidatif dan mencegah penyakit kronis ibarat kanker dan dilema pencernaan.

5. Kaya Serat dan Prebiotik

Semua tumbuhan mengandung serat, tetapi rumput maritim juga mempunyai jenis lainnya dari karbohidrat, ini termasuk karagenan, fucan, galactan, dan banyak lagi.

Ada beberapa efek samping yang terjadi dalam badan bila terlalu banyak mengonsumsi rumput laut, diantaranya:

1. Menyebabkan Masalah Tiroid
Yodium yaitu mineral yang sangat penting untuk fungsi tiroid, dan rumput maritim merupakan sumber yodium. Jika tiroid tidak sanggup mengikuti keadaan dengan asupan tinggi yodium, dan sangat mungkin untuk menyebarkan gangguan tiroid dari terlalu banyak yodium.

2. Gangguan Pencernaan

Rumput maritim mengandung aneka macam jenis karbohidrat yang tidak bsa dicerna sistem pencernaan kita. Karbohidrat ini diturunkan untuk kuman usus kita.

Bagi orang-orang rentan terhadap dilema pencernaan atau dengan pertumbuhan berlebih kuman di usus kecil, karbohidrat ini mengakibatkan dilema yang signifikan.

3. Racun Logam Berat

Selain kaya mineral bermanfaat, rumput maritim juga sanggup mengandung logam beracun. Ini mungkin tergantung pada jenis rumput laut, di mana rumput maritim itu dipanen, dan tingkat pencemaran di dalam air.

(mw/kr)