7 Manfaat Dan Ancaman Konsumsi Kopi

Kopi yaitu minuman yang terbuat dari seduhan biji kopi yang telah di sangrai dan dihaluskan. Kopi pertama kali ditemukan oleh bangsa ethiopia sekitar 1000 tahun sebelum masehi. Sampai kurun ke 9 kopi ini hanya berada di ethiopia hingga bangsa Arab memperluas perdagangannya. Dan hingga lah kopi ke beberapa negara afrika dan asia.

Kopi ini memeiliki banyak jenis. Di Negara kita (Indonesia) sendiri cukup banyak jenis kopi yang di kenal. Salah satu yang populer adalah  kopi luwak, kopi ini menjadi kopi terbaik sekaligus menjadi yang termahal di Dunia. Berikut beberapa jenis kopi yang cukup populer di Indonesia :

Jenis-jenis Kopi

1. Kopi Arabica

Kopi jenis ini mempunyai ciri-ciri dengan ukuran biji yang lebih kecil dari kopi robusta, kandungan kafein lebih rendah, aroma dan rasa yang lebih nikmat dan harga yang lebih mahal dari kopi robusta. Kopi arabika termasuk kopi tradisional dan kopi ini dianggap kopi paling nikmat oleh para penikmat kopi. Kopi Jawa, kopi Sumatera dan kopi Sulawesi Toraja Kalosi merupakan varietas dari jenis kopi arabica.

2. Kopi Robusta

Kopi jenis ini mempunyai ciri dengan biji yang lebih besar di banding kopi arabika selain itu kopi jenis ini memilki kadar kafein yang cukup tinggi dan aroma dari kopi jenis ini kurang begitu harum. Salah satu varietas dari kopi jenis ini yaitu kopi luwak.

Selain rasanya yang nikmat, kopi juga merupakan minuman yang baik bagi kesehatan kalau dikonsumsi dengan kadar yang tepat. Konsumsi kopi yang di sarankan biar mendapat manfaat maksimal yaitu dengan menikmati kopi murni tanpa adonan apapun. Namun kopi dengan adonan pun akan menunjukkan manfaat juga namun kurang maksimal. Berikut beberapa manfaat kopi bagi kesehatan :

Manfaat Kopi

1. Mencegah Kanker

Penelitian di jepang menerangkan : perempuan yang konsumsi kopi 2x sehari memeliki 25% resiko lebih rendah terkena kanker usus besar. Antioksidan pada kopi ammpu menekan tumbuhnya sel kanker.

2. Menurangi Resiko Diabetes

Menurut sebuah penelitian manfaat kopi bisa mengurangi resiko diabetes sebanyak 50%. Kopi bisa menghambat absorpsi gula.

3. Meningkatkan Stamina

Kandungan kafein pada kopi bisa mempengaruhi kinerja sel dan memperlambat pergerakannya. Sehingga kita merasa segar lebih lama.

4. Meningkatkan Mood

Banyak orang-orang yang merasa lebih kasar sesudah minum kopi. Kopi memang termasuk minuman peningkat mood bukan itu saja kopi imbas kopi bahkan bisa menciptakan seseorang bahagia.

5. Mencegah Kanker Mulut dan Melindungi Gigi

Beberapa senyawa yang terdapat pada kopi bisa mencegah kanker mulut. Selain itu kopi mempunyai sifat anti basil dan anti perekat yang baik bagi kesehatan lisan dan gigi.

6. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan yang terdapat pada kopi bisa mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Ini dikuatkan dengan penelitian dimana 83000 perempuan yang berusia 24 tahun mempunyai resiko lebih rendah sebesar 18% terkena penyakit jantung dan stroke dibanding mereka yang tidak minum kopi. Dalam penelitian ini, mereka meminum 2-3 cangkir kopi sehari.

7. Baik Untuk Kesehatan Kulit
Kopi ini pun baik bagi kesehatan kulit. Caranya cukup dengan menciptakan scrub dengan materi adonan kopi dan balurkan ke tubuh.

Kopi terbaik yaitu kopi yang di seduh tanpa adonan apapun. Campuran yang ada pada kopi lah yang berbahaya bagi badan menyerupai adonan gula, krim dan susu yang berlemak.

Konsumsi kopi secukupnya saja alasannya kalau hiperbola sanggup menimbulkan :

Bahaya Kopi

1. Menyebabkan jantung berdetak lebih cepat
Terlalu banyak konsumsi kopi bisa menimbulkan jantung berdetak lebih cepat dan ini bisa menjadi ancaman bagi mereka yang mempunyai riwayat penyakit jantung. Perasaan saat terjadi hal ini benar-benar tidak enak.

2. Maag
Konsumsi kopi hiperbola sanggup meningkatkan asam lambung dan itu bisa memicu terjadinya penyakit maag.

3. Insomnia
Konsumsi kopi hiperbola atau konsumsi kopi di waktu yang tidak sempurna pun sanggup memicu seseorang terkena insomnia.

4. Dapat menurunkan daya tahan tubuh
Kafein pada kopi sanggup menyerap vitamin dan mineral, selain itu kopi bisa menciptakan Anda kehilangan cairan tubuh. Untuk itu konsumsilah 2 gelas air putih sesudah minum kopi.

5. Resiko serangan jantung dan stroke
Jika dikonsumsi dengan jumlah yang sempurna kopi ini baik untuk mencegah kedua penyakit diatas, namun bila dikonsumsi hiperbola kopi justru sanggup meningkatkan resiko terkena kedua penyakit ini.

6. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil
Konsumsi 100mg kafein perhari sanggup mengakibatkan keguguran. Ini bisa terjadi alasannya kafein akan meningkatkan denyut jantung dan ini bisa kuat pada janin dan sanggup menyerang plasenta serta bisa masuk ke dalam sirkulasi darah janin.

Makara konsumsilah kopi secukupnya. Untuk mendapat keuntungannya konsumsi kopi tanpa adonan apapun cukup 2 cangkir sehari. Jangan berlebihan.

Bisa di share kok. Untuk bantu mengingatkan teman yang terlalu minum banyak kopi. Hihi.. Terima kasih.