7 Manfaat Anggur Yang Anda Perlu Tahu !!

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? buah yang cukup gampang ditemui dan harganya pun cukup terjangkau. Buah yang berbentuk lingkaran kecil dan berwarna ungu, merah atau hijau ini selain biasa dikonsumsi secara langsung, buah ini biasa dijadikan minuman di tempat barat sana.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Konsumsi kedua jenis makanan tersebut selalu dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit jantung,obesitas , kanker dan banyak sekali kondisi lainnya.

Begitu pula dengan buah anggur. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi buah yang satu ini. Salah satu yang populer yaitu menurunkan resiko obesitas.

Manfaat Anggur

1. Mencegah Kanker

Anggur kaya akan antioksidannya. Salah satu jenis antioksidan yang ada pada anggur yaitu polifenol. Polifenol bisa mencegah dan memperlambat pertumbuhan kanker. Beberapa diantaranya yaitu kanker prostat, mulut, pankreas, kolon dan paru-paru.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Dalam sebuah ujicoba yang dilakukan pada binatang, flavonoid quercetin yang merupakan anti inflamasi alami yang bisa menurunkan resiko atherosclerosis dan melindungi dari serangan kolesterol jahat (LDL). Quercetin pun sanggup menawarkan imbas pemanis untuk mencegah kanker. Namun bagaimana pun ini belum di ujicoba kepada manusia, jadi belum bisa di konfirmasi.

Kandungan polifenol yang tinggi pada buah anggur bisa menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Serat dan potassium yang terkandung dalam buah anggur juga mendukung kesehatan jantung. Menurut Mark Houston,MD,MS (Director of the hypertension institute at St Thomas Hospital in Tennessee and an associate clinical professor of medicine at Vanderbilt Medical School) mengatakan, manambah asupan potassium dengan mengurangi asupan sodium sanggup berperan penting dalam mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Tinggi asupan potassium juga dikaitkan dengan menurunnya resiko terkena penyakit stroke.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Potassium mempunyai manfaat yang banyak bagi tubuh. Orang dengan asupan potasium yang rendah dan tingginya asupan sodium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Karena tingginya kandungan potasium pada anggur maka buah yang satu ini dianjurkan bagi mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi.

Baca juga : 8 Manfaat Buah Apel

4. Menurunkan Resiko Konstipasi

Konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan air menyerupai anggur dan semangka bisa membantu badan tetap terhidrasi. Selain itu kandungan serat pada buah anggur pun sanggup membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa terhindar dari konstipasi.

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Sebuah studi yang di publish pada 2013 di BMJ menemukan ; Orang yang konsumsi tiga porsi per ahad buah blueberry, apel ,anggur atau pir bisa menurunkan resiko dari diabetes tipe 2 sebesar 7%.

6. Membantu Pemulihan Otot

Kandungan antioksidan yang berpengaruh pada buah anggur sanggup mendukung sel-sel dan organ dalam menghilangkan racun dan asam urat dari tubuh.  Termasuk juga membantu pemulihan cedera bagi para atlet.

7. Baik untuk Kesehatan Tulang

Kandungan zat besi dan mangan pada buah anggur lah yang menciptakan buah ini baik bagi kesehatan tulang.

Kandungan Nutrisi Buah Anggur

Rata-rata sajian per satu wadah buah anggur yang berisi 32 biji meiliki kandungan nutrisi sebagai berikut :

140 kalori, 1.09 gram protein, 0.24 gram lemak, 1.4 gram serat, 4.8 miligram vitamin C, 10 microgram vitamin A, 288 miligram zat besi, dan 3 microgram folat.

Anggur tinggi akan kandungan air dan ini anggun untuk menjaga badan tetap terhidrasi. Tingginya kandungan air pada buah dan sayuran pertanda jikalau keduanya padat akan nutrisi dan sedikit kandungan kalori. Anngur mengandung sekitar 70 mililiter air per satu wadah (32 biji buah anggur).

Buah anggur juga tinggi akan kandungan antioksidan yang baik untuk mata menyerupai lutein dan zeaxanthin, dan anggur merah mengandung phytochemical resveratrol di dalam kulitnya, antioksidan yang sama yang ditemukan pada wine yang dikenal untuk melindungi badan dari beberapa penyakit kronis. Anggur juga kaya akan kandungan flavonoid myricetin dan quercetin, yang bisa membantu badan untuk melawan ancaman dari radikal bebas.

Resiko Kesehatan

Sama menyerupai konsumsi buah-buahan yang tinggi potassium menyerupai pisang, terlalu banyak makan buah naggur akan berdampak pada kelebihan potassium. Kelebihan potassium pada badan sanggup membahayakan ginjal. Ginjal tidak berfungsi secara maksimal. Jika ginjal tidak bisa menghilangkan kelebihan potassium pada darah, itu bisa fatal.

Karena apapun yang hiperbola selalu membawa hal negatif, untuk dari itu konsumsilah dengan bijak dan secukupnya.

Tips

Berikut beberapa tips konsumsi anggur :

– Berhati-hati bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes, alasannya yaitu kandungan gula pada buah anggur cukup tinggi. Ada baiknya konsultasi ke dokter sebelum mencoba mengkonsumsinya.
– Sebelum Anda mengkonsumsinya, cucilah anggur terlebih dahulu di air yang mengalir, basuh hingga bersih. Kemudian tiriskan.
– Bila Anda tidak akan konsumsi pribadi buah anggur, sebaiknya pisahkan anggur dari batang sebelum menyimpannya. Ini bisa membantu menjaga kesejukan anggur dengan mencegah kekeringan pada batang.

Baca juga : Kandungan,Manfaat dan Bahaya Konsumsi Lemon

Di agama Islam dihentikan untuk meminum wine alasannya yaitu bisa memabukan. Tapi untuk kalian yang berbeda keprcayaan yang suka minum wine. Alangkah lebih baik bila konsumsi wine tidak lebih dari satu gelas perhari untuk perempuan dan dua gelas perhari untuk pria, alasannya yaitu bila hiperbola tentu bisa menyebabkan dilema baru.

Sekian sedikit warta mengenai buah anggur. Semoga bermanfaat. Dan bila berdasarkan kalian ini bisa bermanfaat juga bagi yang lain, silakan share. Terima kasih

Referensi : medicalnewstoday