7 Fakta Daging Ayam Yang Perlu Anda Ketahui !!

Siapa yang tidak suka dengan daging ayam? Selain rasanya yang enak, daging ayam termasuk materi yang gampang didapat. Disamping harganya yang terjangkau bagi banyak sekali kalangan, daging ayam juga merupakan sumber protein.

Banyak kuliner olahan daging ayam yang dijual baik itu di restoran maupun di warung-warung makan pinggir jalan. Tapi tahukah Anda fakta-fakta dari leazatnya daging ayam ini? Berikut 7 fakta daging ayam ?

7 Fakta Daging Ayam

1. Olahan yang Paling Digemari

Daging ayam termasuk kuliner olahan yang paling digemari. Tidak heran sekitar 90% restoran di seluruh dunia menyajikan daging ayam dalam menunya. Di Indonesia pun banyak kuliner tradisional yang memakai daging ayam sebagai materi utamanya.

2. Kandungan Vitamin

Ayam banyak mengandung vitamin B6 yang diharapkan badan untuk memetabolisme karbohidrat,protein, lemak, produksi sel darah merah serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ayam bisa menunjukkan 36 persen kebutuhan vitamin B6 harian tubuh.

Selain B6 ayam juga mengandung B3 yang cukup tinggi. Vitamin B3 diharapkan badan untuk metabolisme makanan, mengambil energi dari makanan, menjaga sistem fungsi pencernaan, kulit dan juga saraf.

Tubuh yang kekurangan B3 bisa mengakibatkan kelegra yaitu penyakit yang ditandai dengan diare, dermatitis, radang mulut, hiper pigmentasi, radang lidah, demensia bahkan bisa mengakibatkan kematian.

3. Kandungan Mineral

Selain vitamin daging ayam juga kaya akan mineral menyerupai selenium. Selenium mempunyai sifat antoksidan yang berkhasiat untuk melindungi kerusakan badan yang disebabkan radikal bebas serta memastikan kelenjar tiroid berfungsi secara normal. Tak hanya selenium daging ayam juga mengandung

  • fosfor yang penting untuk perawatan jaringan otot
  • Kalium dan Zinc yang dipakai tubuh  dalam pembentukan hormon
  • Asam amino yang tidak diproduksi oleh badan yaitu asam amino essensial.

4. Sumber Protein Tinggi

Daging ayam ialah kuliner yang kaya akan protein. Protein sangat diharapkan badan untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteophorosis. Protein juga penting dalam proses pembentukan jaringan otot. Protein juga berfungsi sebagai zat pengatur hormon-hormon yang ada di organ pencernaan. Tidak hanya itu protein juga berfungsi sebagai cadangan kuliner dan energi dalam badan kita.

5. Baik untuk Pertumbuhan Anak

Konsumsi ayam yang cukup di masa pertumbuhan sanggup membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Nutrisi yang terdapat pada daging ayam juga sanggup menjaga kekebalan tubuhnya, perkembangan otot, tulang dan gigi serta perkembangan otak. Kandungan zinc pada daging ayam terutama daging ayam kampung sanggup memeberi nutrisi untuk kecerdasan anak.

6. Paha Ayam Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Paha ayam ialah belahan yang biasa kita hindari lantaran kandungan lemaknya yang tinggi. Namun European Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa taorin sanggup ditemukan secara alami di paha daging unggas termasuk ayam. Taorin ialah zat yang bisa melindungi dari kolesterol tonggi dan penyakit jantung koroner.

7. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Epidiomology menyebutkan bahwa mengkonsumsi ayam ketika sampaumur bisa menurunkan resiko kanker usus besar di lalu hari. 

Tips Menghilangkan Bau Amis pada Daging Ayam

Biasanya Kita menghilangkan kedaluwarsa bau pada daging ayam itu dengan memakai jeruk nipis atau nanas. Namun kedua cara ini tidak begitu maksimal. Meskipun bisa menghilangkan kedaluwarsa bau namun cara ini bisa merbah rasa pada daging ayam.

Ada satu cara lagi yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kedaluwarsa bau pada daging ayam ini. Caranya memakai minyak wijen. Kalian hanya perlu oleskan minyak wijen secara merata ke daging ayam yang telah dicuci. Diamkan selama 10-15 menit lalu olah daging ayamnya. Berbeda dengan kedua cara sebelumnya, memakai minyak wijen justru akan menciptakan rasa ayam menjadi semakin sedap.

Selamat Mencoba!!

Referensi :onthespot trans7, vemale.com