7 Cara Alami Mengobati Sakit Perut Pada Anak

Sakit perut merupakan kondisi yang cukup umum diderita anak-anak, terutama anak dengan rentang usia 4 hingga 8 tahun. Anak Anda sangat rewel dan tidak mau makan atau minum apa pun?

Sakit perut merupakan kondisi yang cukup umum diderita anak 7 Cara Alami Mengobati Sakit Perut Pada Anak
Alasan mengapa si kecil tak mau makan dan minum dengan tiba-tiba bisa sangat banyak. Namun, salah satu alasan paling umum ialah adanya iritasi tiba-tiba yang mengarah ke segala sesuatu yang berafiliasi dengan sakit perut.

Sakit perut sanggup disebabkan oleh beberapa alasan menyerupai keracunan makanan, sembelit, bisul lambung, dan lain sebagainya. Apa pun yang menjadi alasan sakit perut anak Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mencari solusi alami yang gampang tersedia di rumah.

Berikut ini solusi yang sanggup Anda gunakan untuk mengobati sakit perut anak Anda dengan cara alami.

7 Bahan dan Cara Alami Obati Sakit Perut Pada Anak

  • Jahe 

Jahe mengandung antioksidan berpengaruh yang disebut Gingerol, yang membantu mengurangi radikal bebas serta kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut. Jahe juga mengurangi ketidaknyamanan dan mual.

Selain itu, sifat anti-inflamasi jahe meningkatkan cairan pencernaan dan menangkal asam lambung. Cobalah untuk menyampaikan wedang jahe buatan sendiri ke anak Anda jikalau ia menderita sakit perut dan lihat bagaimana ia merasa sesudah meminum jahe tersebut.

  • Kompres hangat

Gunakan kompres hangat pada perut anak Anda ketika ia berbaring di daerah tidur atau duduk. Cara ini akan mengurangi rasa sakit hingga batas tertentu.

Ketika Anda menempelkan botol yang sudah diisi air hangat di perut si kecil, kompres hangat tersebut akan meningkatkan pedoman darah ke permukaan kulit, yang sanggup mengurangi rasa nyeri yang muncul dari perut.

  • Berikan kuliner yang lembut 

Jika anak Anda masih merasa lapar meskipun sakit perut, berikan kuliner yang lembut menyerupai yoghurt, roti, beras, oatmeal, dn lain sebagainya. Hindari kuliner berminyak dan pedas lantaran mereka lebih sulit untuk dicerna.

Makanan yang dingin juga tidak memicu muntah. Selain itu, kuliner lunak juga akan membantu susukan pencernaan anak Anda untuk kembali ke fungsi normal lebih cepat.

  • Aktivitas fisik 

Anda sebaiknya mendorong anak Anda untuk pergi keluar dan bermain jikalau ia terlalu sering berbaring di daerah tidur terlalu lama. Studi menyampaikan bahwa acara fisik benar-benar membantu dalam gerakan susukan pencernaan.

Jika Anak Anda terus berbaring di daerah tidur, kebiasaan tersebut justru sanggup memicu sembelit. Bermain di luar, berjalan, dan lain sebagainya sanggup membantu mengurangi rasa sakit perut yang dideritanya.

Anda juga harus mendorong anak Anda untuk melaksanakan lebih banyak kegiatan yang melibatkan perut menyerupai jungkir balik, monkey bar, berputar-putar.

  • Teh chamomile 

Teh chamomile mengandung obat penenang dan anti-inflamasi yang membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan perut. Membuat secangkir teh chamomile dan biarkan anak Anda minum itu secara terpola untuk mendapat rasa lega dan mengurangi sakit perut nya.

Chamomile menenangkan otot-otot yang ada dalam susukan pencernaan serpihan atas, yang pada gilirannya mengurangi kontraksi yang mendorong kuliner melalui perut serta usus kecil. Hal ini pada risikonya meredakan kontraksi dan kram perut.

  • Yogurt 

Yogurt dianggap salah satu solusi terbaik untuk gangguan pencernaan. Biasakan untuk menyajikan semangkuk yogurt untuk anak Anda sehari-hari.

Yogurt memperlihatkan kuman baik untuk usus yang membantu pencernaan. Mengonsumsi yogurt setiap hari sanggup membantu anak Anda untuk kembali ke keadaan normal.

  • Teh peppermint 

Teh yang terbuat dari daun peppermint sanggup membantu meringankan sakit perut anak Anda. Studi memperlihatkan bahwa peppermint mempunyai imbas menenangkan pada otot perut.

Peppermint juga mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pedoman empedu, yang dipakai oleh badan untuk mencerna makanan.

Nah itu tadi beberapa cara dan materi alami untuk mengatasi sakit perut pada anak. Kondisi ini bahwasanya sangat lazim, namun dengan penanganan segera, hal itu akan mengembalikan senyum keceriaan buah hati dengan segera. Selamat mencoba!

Baca juga:

(mw/kr)