6 Manfaat Penting Pemanasan Sebelum Olahraga

Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini: Mengapa saya berolahraga? Sebagian dari Anda mungkin berolahraga untuk tetap langsing, fit dan dalam kondisi yang lebih baik sehingga Anda sanggup meningkatkan kesehatan Anda dan hidup lebih usang pada akhirnya.

Tapi bagaimana Anda berencana untuk melaksanakan hal itu kalau Anda mempunyai otot yang kaku dan todak lentur, yang malah menciptakan Anda bisa-bisa terancam cidera? Inilah sebabnya mengapa pemanasan sangat penting. Jika Anda gres ingin memulai untuk rutin berolahraga, Ingatlah satu hal ini: Pemanasan sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri.

Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini 6 Manfaat Penting Pemanasan Sebelum Olahraga
Jika Anda sudah terbiasa berolahraga setiap harinya, maka Anda mungkin sudah tahu pentingnya sesi pemanasan sebelum olahraga. Banyak orang menganggap pemanasan hanyalah cara mental mempersiapkan diri untuk olahraga yang nantinya akan dilakukan.

Namun tidak melaksanakan pemanasan sebelum berolahraga sanggup mempunyai imbas yang merugikanbagi badan Anda. Karena sebenarnya, proses pemanasan itu sendiri terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pemanasan dasar, peregangan, pemanasan spesifik (tergantung jenis olahraga apa yang hendak Anda lakukan).

Hal ini penting untuk fokus pada dua tahapan pertama yang harus dilakukan sebelum memulai olahraga. Anda harus meminta instruktur Anda untuk menyarankan latihan pemanasan embel-embel khusus kalau sesi latihan Anda akan berkonsentrasi pada area tertentu dari badan Anda.

Sebuah kesalahan yang sering dilakukan banyak orang yaitu terlalu terpaku pada pemanasan dasar dan latihan peregangan yang dilakukan bersama-sama. Karena perkiraan mereka dua hal tersebut yaitu latihan yang sama, padahal dua hal yang berbeda.


Latihan pemanasan mempromosikan fatwa darah ke seluruh tubuh, termasuk otot-otot Anda. Sedangkan, latihan peregangan berfungsi meregangkan otot-otot dan mempromosikan gerakan. Jika Anda melewatkan pemanasan dan pribadi ke peregangan, itu sanggup membahayakan otot yang masih masbodoh dan kaku milik Anda. Nah, berikut yaitu manfaat dari latihan pemanasan sebelum Anda berolahrga.

1. Meningkatkan suhu tubuh

Hemoglobin dan myoglobin yaitu komponen darah yang bertanggung jawab untuk memperlihatkan oksigen ke seluruh tubuh. Peningkatan suhu badan dan lonjakan acara oksigen memperlihatkan badan Anda oksigen sehat untuk sesi latihan yang efektif.

2. Mendorong fatwa darah ke otot-otot

Aliran darah ke otot memastikan otot Anda cukup asupan, hangat, lebih lentur dan dipompa dengan nutrisi dan energi untuk terlibat dalam latihan dan nantinya mempertahankan latihan. Ini akan menciptakan otot-otot dan sendi Anda lebih sanggup luwes ketika penerapan latihan berolahraga nantinya. Sirkulasi yang sehat juga memungkinkan otot-otot dan sendi untuk terlibat dalam gerakan mudah, sehingga memungkinkan untuk banyak sekali latihan.

3. Meningkatkan kinerja

Pemanasan sebelum berolahraga secara signifikan meningkatkan kinerja, dan tidak ada bukti yang memperlihatkan bahwa pemanasan sebelum olahraga ini berbahaya bila dilakukan, berdasarkan sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research.

4. Membuat saraf lebih sensitif

Pemanasan juga meningkatkan sensitivitas saraf dan memicu peningkatan jumlah impuls saraf. Ini berarti bahwa pemanasan meningkatkan keterampilan motorik Anda, memungkinkan untuk koordinasi yang lebih baik antara apa yang ingin otak Anda untuk lakukan dan apa yang otot dan badan Anda kesudahannya nanti lakukan.

5. Mempersiapkan mental dan tenaga

Karena jantung bertanggung jawab untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh, pemanasan memungkinkan jantung cukup waktu untuk beradaptasi dengan meningkatkan kebutuhan badan akan oksigen. Selain itu, dengan melaksanakan pemanasan mental Anda juga lebih siap melaksanakan olahraga inti.

6. Mengurangi kemungkinan cedera

Ini yang paling penting. Peregangan dan latihan pemanasan sebelum olahraga secara signifikan mencegah cedera, berdasarkan sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Sports Medicine. Ketika Anda mengangkat beban berat menyerupai barbel, otot-otot Anda memperketat gerakan untuk mendapat kekuatan yang cukup, untuk sanggup mengangkat berat, dan badan Anda melepaskan cairan untuk melumasi otot Anda setelahnya. 
Baca juga: Cara Pemanasan yang Baik dan Benar

Karena otot-otot yang terletak satu di atas yang lain, mereka perlu pelumasan yang memadai untuk mencegah robek selama kontraksi konstan dan relaksasi yang terjadi selama latihan. Jika Anda melaksanakan pemanasan lebih dulu, badan Anda akan mengeluarkan cairan yang cukup untuk melindungi otot Anda ketika ada dalam latihan yang lebih berat.

(mw/kr)