6 Cara Membersihkan Kulit Wajah Biar Terhindar Dari Penuaan Dini

Umur masih muda, tapi kulit sudah kayak kakek-nenek. Pasti nggak ada yang mau.

Penuaan dini memang menjadi momok menyeramkan bagi perempuan dan juga pria. Penuaan dini ditandai oleh empat hal yaitu keriput, noda kehitaman (age spot), tekstur kulit lebih kasar, dan pori-pori melebar.

 Penuaan dini memang menjadi momok menyeramkan bagi perempuan dan juga laki-laki 6 Cara Membersihkan Kulit Wajah Agar Terhindar dari Penuaan Dini

Pada umumnya kulit insan mencapai kondisi terbaiknya pada usia sekitar 20 tahunan. Pada ketika itu kelenjar sebum terkontrol dengan baik sebab hormon androgen di usia ini sedang seimbang. Lapisan epidermis yang fungsinya menahan air juga sangat baik sehingga kulit terlihat kencang.

Memasuki usia 30 tahunan secara perlahan dimulailah masa penuaan dini (degenerative). Pada ketika itu produksi kolagen secara alami mulai menurun. Akibatnya, kulit mulai berkeriput halus, mengendur dan tak lagi kencang.

Hindari penuaan dini dengan membersihkan kulit wajah

Wajah itu sanggup diibaratkan sebagai “etalase” bagi pemiliknya. Dan kulit wajah yang senantiasa dirawat dan dibersihkan dengan baik sanggup membantu memperlambat terjadinya penuaan dini. Bagaimana cara membersihkan kulit wajah supaya terhindar dari penuaan dini ? Berikut caranya :

#1. Membersihkan kulit wajah harus dengan hati-hati. Gunakan pembersih yang sempurna pada pagi dan malam hari. Kulit wajah yang higienis akan lebih kebal atau tahan terhadap abses dan bintik-bintik.

#2. Sisa-sisa kosmetik dan tata rias yang masih menempel di wajah atau di kulit dibersihkan sampai  kulit terasa higienis dan segar kembali.

#3. Pakai lotion atau pelembab yang cocok untuk melembutkan dan melindungi kulit, serta menghindari dehidrasi.

#4. Gunakan krim malam untuk memberi nutrisi dan memperbaiki sel kulit ketika kita tidur.

#5. Agar lebih efektif gunakan scrub dan masker sekali atau dua kali dalam seminggu.

#6. Jangan lupa, rajin makan buah dan sayuran. Keduanya sudah terbukti sangat ampuh dalam menjaga kulit tetap sehat dan segar. Jika 5 point diatas yaitu cara pencucian dari “luar”, maka makan buah dan sayuran yaitu cara membersihkan kulit dari “dalam”.

Merawat kesehatan kulit secara sempurna di awal usia 20 tahunan sangat bermanfaat untuk memperlambat datangnya masa penuaan dini sekaligus mempertahankan kesehatan dan kesejukan kulit di kemudian hari.

Dan membiasakan diri selalu membersihkan kulit wajah perlu dimulai semenjak usia muda. Jika terlambat atau menganggap remeh, ya siap-siap saja kelak direpotkan dengan urusan kulit yang cepat keriput seolah-olah kakek-nenek. Mau ?