5 Pengaruh Negatif Penggunaan Gadget Sebelum Tidur Bagi Belum Dewasa Dan Orang Dewasa

Gadget mirip smartphone, tablet atau komputer jinjing sudah tidak menjadi barang glamor kini ini. Hampir setiap orang mempunyai minimal 1 gadget ditangannya. Era digital merubah setiap sendi kehidupan insan lantaran setiap aktifitas ketika ini memakai teknologi digital. Kemudahan dalam membantu aktifitas insan menjadikan gadget menjadi pendamping hidup yang setia menemani dari membuka mata sampai menjelang tidur. 

Kepopuleran gadget disebabkan oleh fasilitas dalam mengakses perangkat keras tersebut. Sebagai pola ponsel bakir atau smartphone yang bisa membantu insan bertransaksi perbankan, pembelian pulsa, sosial media dan memesan makanan. Seakan-akan dunia digital menggantikan dunia insan yang sesungguhnya. 




Bukan hanya orang dewasa, bahkan bawah umur kini sudah bersahabat dengan gadget. Hal ini bukan duduk perkara lantaran perkembangan teknologi yang semakin pesat. Yang jadi duduk perkara yaitu durasi atau waktu penggunaan gadget, khususnya untuk anak-anak. Saking lengketnya gadget dengan sang pemilik, bahkan ketika hendak tidur, gadget masih melekat ditangan. Hal inilah yang mengakibatkan dampak jelek terhadap kesehatan. Dampak negatif yang ditimbulkan antara lain,

1. Terganggunya Jadwal Tidur.

Gadget memakai HEV light atau high-energy visible light untuk meningkatkan kejelasan dan menciptakan layar menjadi terang. Sinar ini biasa disebut dengan cahaya biru atau blue lightBlue light memiliki energi yang tinggi dan bisa menghipnotis hormon melatonin, yaitu hormon yang bertugas membantu seseorang tidur nyenyak di malam hari. Jika seseorang terlalu usang terpapar cahaya biru sebelum tidur, maka circadian rhythm atau jadwal tidur akan terganggu. Terganggunya jadwal tidur menciptakan bawah umur akan terganggu masa pertumbuhannya lantaran hanya pada ketika tidur hormon pertumbuhan bekerja. 

2. Depresi


Ketika jam tidur mulai terganggu, akan mengakibatkan berkurangnya waktu istirahat untuk tidur dan menurunnya kualitas tidur. Ketika seseorang terganggu jam tidurnya akan mengakibatkan kelelahan dan depresi pada ketika bangkit tidur keesokkan harinya. Selain itu, orang yang tidur terlambat cenderung bangkit kesiangan dan menurunkan produktivitas. Kondisi ini sangat berbahaya untuk bawah umur yang dalam masa sekolah. Dengan kondisi depresi dan menurunnya produktivitas akan menciptakan prestasinya menurun dan tidak bisa bersaing dengan bawah umur lain.

3. Memicu Kanker

Pada malam hari ketika insan tidur badan memproduksi hormon melatonin yang diketahui bersifat antioksidan. Antioksidan bertugas menangkal radikal bebas yang bisa memicu munculnya sel kanker. Sifat antioksidan dalam melatonin bisa bekerja menangkal sel kanker penyebab kanker payudara. Melatonin hanya diproduksi badan pada malam hari lantaran melatonin menciptakan tidur insan menjadi nyenyak. Penggunaan gadget sebelum tidur dalam waktu yang usang mengakibatkan produksi melatonin terganggu sehingga meningkatkan resiko munculnya sel kanker.  

4. Kelelahan Otak

Seperti halnya mesin, otak insan juga perlu istirahat. Malam hari yaitu waktunya otak beristirahat sesudah seharian beraktifitas. Tidur yang berkualitas sangat diperlukan untuk mengistirahatkan otak. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, sebelum tidur hindari penggunaan gadget lantaran sianr biru dari gadget menciptakan otak tidak sanggup berisitirahat dengan damai lantaran dipaksa terus mendapatkan rangsangan perangkat keras tersebut. Otak yang lelah dan kurang istirahat tidak bisa digunakan untuk bekerja atau mendapatkan pelajaran dengan maksimal.


5. Gangguan Mata


Jika mata terpapar cahaya biru dari gadget terlalu lama, akan mengakibatkan kerusakan secara permanen. Meski tidak secara langsung. Hal ini sangat berbahaya untuk bawah umur lantaran mata bawah umur belum tumbuh secara tepat dan masih rentan terhadap cahaya biru. Cahaya biru bisa masuk kedalam mata dan merusak retina yang mengakibatkan degenerasi makula, glukoma dan retina degeneratif atau kebuta

Perkembangan kurun digital yang semakin pesat sanggup diibaratkan mirip pedang bermata dua lantaran di satu sisi membantu aktifitas insan dan di sisi lain memberi efek jelek terhadap kesehatan badan kalau dipakai terlalu lama. Hindari penggunaan gadget terlalu usang demi kelangsungan hidup dan jangan perkenalkan bawah umur dengan gadget terlalu dini sebelum mereka benar-benar siap mendapatkan dunia digital.

Semoga bermanfaat.

referensi : 
tekno.liputan6.com
jalantikus.com
ubloger.com