5 Jenis Makanan Dan Minuman Perusak Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit harus menjadi prioritas kita semua. Ibarat ponsel, kulit kita menyerupai casing yang membungkus ponsel dan melindungi isinya. Tidak jarang casing ponsel dipakai untuk mempercantik tampilan ponsel kita. Untuk itulah kita juga harus memperhatikan kesehatan kulit kita biar penampilan kita jadi lebih menarik. Banyak alternatif yang ditawarkan oleh praktisi kecantikan kulit untuk mendapat kulit yang putih higienis dan berkilau.

Sementara kita bisa kesampingkan alternatif tersebut lantaran selain waktu, kita juga membutuhkan banyak biaya untuk mendapat perawatan intensif. Ada cara yang gampang untuk menjaga kesehatan kulit kita, yaitu dengan cara memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Karena apa yang kita konsumsi bekerjasama dekat dengan kesehatan kulit kita. Untuk itu kita perlu tahu apa saja makanan dan minuman yang kuat terhadap kesehatan kulit kita. 

Berikut ada 5 jenis makanan dan minuman yang menjadi perusak kesehatan kulit kita, antara lain,

Makanan dan Minuman Dengan Kafein Yang Tinggi.

Mengkonsumsi kafein bertujuan untuk menunjukkan ledakan energi biar terhindar dari rasa kantuk. Karena kafein merupakan stimulan pada sistem saraf dan metabolik. Namun cara ini kalau dilakukan berulang-ulang malah akan mengakibatkan kerusakan pada kulit kita. Kafein dalam jumlah yang tinggi akan mengakibatkan penipisan pada lapisan kulit lantaran kafein mengakibatkan penurunan hormon DHEA, melatonin dan lainnya yang berfungsi pada regenerasi kulit. 

Selain itu, kafein juga bisa membuat kulit kehilangan cairan tubuh dan menjadi kering yang berujung pada simpulan hidup sel-sel kulit yang alhasil meninggalkan banyak flek hitam. Pada wajah akan tumbuh jerawat dan kantung mata atau yang dikenal mata panda lantaran kafein mengakibatkan insomnia atau berkurangnya kemampuan tubuh untuk tidur. Teh, coklat dan kopi merupakan minuman yang banyak mengandung kafein. Batasi jumlahnya kalau Anda termasuk pecinta minuman ini.

Makanan dan Minuman Dengan Kadar Gula Yang Tinggi

Bagi para pecinta makanan dan minuman manis, agaknya perlu diperhatikan lagi jumlah yang harus dikonsumsi lantaran makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi bisa merusak keindahan kulit Anda. 

Glukosa yang tinggi dalam makanan dan minuman yang manis mampu memicu peradangan, jerawat, gampang infeksi serta gampang memerah. Kolagen sehat dalam kulit pun terancam yang menjadi penyebab kulit akan kusam keriput dan kering lantaran tidak ada regenerasi sel kulit baru. Tingginya kadar gula yang masuk kedalam tubuh membuat gula darah meningkat, mengakibatkan tubuh melepas hormon insulin dan membuat gula darah turun secara drastis yang membuat stres dalam tubuh dan menjadi pemicu jerawat dan kulit kusam. 


Radikal bebas dikenal sangat berbahaya untuk kulit dan tubuh. Makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi akan menciptakan radikal bebas dalam tubuh yang menjadi pemicu kerusakan sel-sel dalam tubuh. Gula sifatnya larut dalam air, namun dikala makanan dan minuman yang mengandung gula dalam level tinggi masuk ke dalam tubuh justru menyerap air dalam sel tubuh yang mengakibatkan kulit kering, nanah dan kusam




Kerusakan-kerusakan kulit jawaban gula darah yang tinggi sering kita lihat pada penderita diabetes atau yang lebih dikenal dengan istilah kencing manis. Kulit kusam, bengkak, peradangan pada luka dan penurunan berat tubuh yang signifikan merupakan tanda – tandanya.

Produk Olahan Susu

Dari kita kecil sampai cukup umur kita selalu dipaksa untuk mengkonsumsi susu oleh orang bau tanah kita lantaran mereka percaya susu merupakan sumber protein hewani dan mengandung kalsium untuk pertumbuhan tulang. Hal itu memang benar adanya, susu sapi memang mempunyai nutrisi pertumbuhan tapi untuk anak sapi, bukan untuk kita.

Susu sapi kaya akan hormon IGF-1 (Insulin-like Growth Factor-1), merupakan hormon yang diharapkan anak sapi biar tumbuh sehat dan kuat, sedangkan susu sapi kalau kita konsumsi akan menyebabkan peningkatan produksi minyak secara berlebih serta memicu timbulnya jerawat dan peradangan. Selain itu, produk olahan susu cenderung membuat sel kulit mati lebih melekat pada kulit lantaran minyak yang berlebih sehingga sulit bagi sel kulit gres untuk menggantikannya. Kandungan hormon pada susu memicu penuaan dini lantaran timbulnya inflamasi dan oksidasi yang merusak sel-sel dalam tubuh yang berimbas munculnya garis halus dan kerutan.

Junk Food

Sudah menjadi diam-diam umum kalau junk food atau makanan cepat saji termasuk makanan yang tidak sehat untuk kita konsumsi. Namun, yang perlu diperhatikan yakni bagaimana junk food bisa membuat kerusakan pada kulit kita selain tentunya junk food bisa merusak pencernaan dan mengakibatkan obesitas. Seperti yang sering kita lihat di iklan komersial restoran siap saji yang menjamur di Indonesia, satu paket makan siap saji terdiri dari nasi atau kentang goreng, ayam atau burger dan minuman bersoda. 

Kandungan gula yang tinggi dalam makanan siap saji bisa memaksa kelenjar sebum pada tubuh memproduksi minyak secara berlebihan. Dengan produksi minyak hiperbola membuat kulit terasa lengket dan memudahkan kotoran untuk melekat dan menyumbat pori-pori yang mengakibatkan munculnya komedo di wajah. Selain komedo, junk food lovers juga akan mengalami jerawat pada wajah yang disebabkan oleh produksi serum dan insulin yang mengganggu hormon dalam tubuh.

Seafood Seperti Udang, Kepiting dan Lobster

Kebanyakan makanan yang berasal dari maritim mengandung merkuri dan vitamin B12 yang tinggi. Merkuri yang terdapat dalam hasil maritim kalau terserap oleh tubuh bisa memicu tumbuhnya kanker. Tingginya vitamin B12 menjadi stimulan untuk basil pada kulit penyebab jerawat menjadi aktif dan meranggas di permukaan kulit.

Makanan dan minuman yang menjadi penyebab kerusakan kulit menyerupai yang saya sebutkan diatas bukan harus menjadi makanan terlarang yang kita hindari selamanya. Untuk yang sedang mengalami problem dikulit menyerupai jerawat, komedo, flek hitam dan kerutan halus mungkin iya, harus menghindari semua itu. 

Tapi untuk yang tidak bermasalah dengan kulit, feel free untuk mengkonsumsi semua makanan itu asalkan masih dalam batas masuk akal lantaran mungkin tidak menjadi problem dikulit Anda tapi menjadi problem dipencernaan atau lainnya. Jadi kalau kita mengalami satu atau dua problem kulit menyerupai diatas, jangan buru-buru ke dokter kulit dan menghabiskan banyak uang untuk perawatan. 


Cek dan ricek apa yang kita konsumsi sehari-hari, sudahkah bisa kita sebut sebagai makanan sehat atau belum. Jika kita mau, kita bisa berdiet sehat selama 12 ahad dengan menghindari makanan dan minuman yang disebutkan diatas, lantaran sel kulit mempunyai masa aktif rata-rata 12 minggu.

semoga bermanfaat,


referensi : 
cantikmoo.com
tribunnews.com
halosehat.com
vemale.com
cosmogirl.co.id
merdeka.com
perawatankulitwajah212.com