5 Cara Alami Menanggulangi Dilema Abses Dalam 30 Menit

Jerawat merupakan musuh utama dalam urusan penampilan. Kemunculannya yang tiba-tiba bisa menimbulkan stres dan mengurangi percaya diri. Terutama bagi para wanita. Jerawat ini bisa muncul kapan saja bila kita tidak memperhatikan faktor pemicunya.



Pengertian Jerawat

Jerawat yaitu peradangan pada permukaan kulit kita yang disebabkan oleh adanya penyumbatan folikel rambut oleh adonan sel kulit mati, kotoran dan dan kelenjar minyak atau sebumKombinasi ketiganya menimbulkan terjadinya bisul oleh basil dan menimbulkan peradangan. Biasanya disusul oleh timbulnya bintik-bintik berwarna merah pada kulit. Jerawat ini timbul lantaran adanya pemicu dari dalam maupun dari luar kulit. Untuk mengatasi jerawat perlu kita ketahui penyebab atau pemicunya biar gampang dihindari dan ditangani. 

Faktor-faktor pemicu jerawat antara lain:

1. Terjadinya Perubahan Hormon

Perubahan hormon merupakan pemicu utama dan yang paling sering dialami oleh laki-laki maupun wanita. Namun, perubahan hormon paling sering terjadi atau paling sering dialami oleh para wanita. Terutama pada dikala menjelang menstruasi dan selama periode kehamilan di 3 bulan pertama. Makanya tidak heran banyak perempuan yang ‘senggol bacok’ menjelang menstruasi atau yang biasa dikenal dengan PMS (pra menstruasi). Mungkin lantaran perubahan hormon dan munculnya jerawat pada wajah yang menciptakan mereka jadi bad mood.

2. Mengalami Masa Pubertas

Masa pubertas atau yang biasa dikenal dengan masa-masa timbulnya ketertarikan terhadap lawan jenis. Masa pubertas dialami oleh hampir setiap manusia. Di masa ini sebum atau zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak diproduksi secara ‘mubazir’ atau berlebihan. Sebum sebetulnya bertujuan untuk menjaga kulit dari kekeringan, namun dengan diproses terlalu banyak maka menjadikan kulit para cukup umur kelihatan berminyak dan gampang sekali memenuhi folikel rambut.

3. Efek Samping Penggunaan Kosmetik

Bagi beberapa orang yang mempunyai kulit sensitif, penggunaan kosmetik yang salah akan menimbulkan iritasi pada kulit, salah satunya menimbulkan jerawat.

4. Penggunaan Benda Secara Terus Menerus Ditempat Yang Sama

Penggunaan benda secara terus menerus juga bisa menimbulkan jerawat lantaran goresan atau tekanan pada kulit. Contohnya penggunaan topi atau ikat kepala secara terus menerus bisa menimbulkan jerawat pada kening.

5. Kecanduan Merokok

Seperti yang kita ketahui, rokok mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya. Seringnya kulit terpapar asap rokok menimbulkan kulit menjadi rusak, selain itu zat kimia yang terserap didalam badan juga sedikit banyak menimbulkan kerusakan pada jaringan kulit.

6. Stres

Pola hidup yang tidak sehat menyerupai stres juga bisa memicu munculnya jerawat. Stres memicu ketidakseimbangan hormon yang menimbulkan munculnya jerawat.

7. Penggunaan Obat-obatan Yang Tidak Cocok

Pada dasarnya obat-obatan berbahan dasar kimia dan tidak semuanya bagus untuk badan dan kulit. Beberapa obat-obatan yang mengandung Lithium, Steroid dan Antiepilepsi bisa memicu munculnya jerawat lantaran mengganggu kerja hormon dalam tubuh. Selain itu, beberapan vitamin B2, B6 dan B12 juga bisa memunculkan jerawat. Sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan diatas bila mempunyai kulit yang sensitif. Lebih baik konsultasikan sebelum membeli obat-obatan atau suplemen.

Meskipun jerawat yang ada di wajah dan kulit merupakan persoalan sederhana, namun perlu segera ditangan. Karena bila dibiarkan terus menerus terinfeksi atau meradang bisa menjadi persoalan kulit yang serius. Untuk itu perlu segera dilakukan tindakan pencegahan. Sebelum tetapkan untuk mengunjungi sentra kecantikan, ada baiknya pengobatan jerawat dilakukan secara alami untuk mengurangi resiko salah penggunaan obat-obatan. 

Berikut 5 cara alami untuk menanggulangi persoalan jerawat dalam waktu semalam:

a. Dikompres Dengan Es Batu

Es watu mempunyai suhu hirau taacuh yang bisa mengurangi peradangan. Selain mengurangi peradangan pada jerawat, mengompres wajah dengan es watu juga bisa mengurangi produksi minyak minyak berlebih pada wajah. Bungkus es watu dengan kain bersih, kemudian tekan secara halus pada jerawat. Setelah peradangan mereda, usap secara merata ke seluruh wajah untuk mencegah timbulnya minyak berlebih yang bisa memicu  jerawat baru. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil maksimal.

b. Dikompres Dengan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline hydrochloride bisa dipakai untuk santunan pertama jerawat yang meradang. Caranya teteskan obat tetes mata pada kapas, selanjutnya simpan kapas tersebut di dalam freezer semalam. Esok paginya ambil kapas dan tempelkan pada jerawat yang meradang. Cara yang lain memakai cotton bud, yaitu teteskan obat tetes mata pada cotton bud kemudian usapkan pada jerawat. Lakukan secara terus menerus sampai jerawat mereda.

c. Dengan Menggunakan Aspirin

Selain dipakai sebagai pereda nyeri, aspirin juga bisa dipakai untuk meredakan jerawat. Aspirin mengandung asam salisilat yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan. Caranya, belah aspirin menjadi dua, tambahkan air kemudian oleskan ke jerawat. Tutup dengan plester. Diamkan selama 30 menit. Cara yang lain, haluskan aspirin dengan air kemudian tambahkan madu, jadikan masker dan ratakan keseluruh wajah. diamkan selama 30 menit kemudian bilas memakai air bersih.

d. Dengan Menggunakan Pasta Gigi

Ternyata pasta gigi mempunyai banyak kegunaan selain untuk menjaga kesehatan. Pasta gigi juga bisa dipakai untuk menghilangkan bacin ketiak dan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat pasta gigi yang dipakai tidak sembarangan. Pasta gigi yang dipakai yaitu pasta gigi yang tidak mengandung mint dan fluoride. Pasta gigi jenis ini mengandung silica yang bisa mengeringkan jerawat sehingga tidak semakin meradang. Oleskan tipis-tipis pada jerawat yang meradang dan diamkan selama semalam. Usahakan tidak terkena bantal atau sprei lantaran bisa mengiritasi lantaran permukaan bantal dan sprei yang berdebu.

e. Dengan Menggunakan Make Up

Cara ini sebetulnya tidak meredakan hanya menutupi jerawat untuk sementara. Cara ini bisa dilakukan bila ada program khusus namun terkendala  oleh kemunculan jerawat yang mengurangi rasa percaya diri. Agar jerawat tidak semakin parah, gunakan make up yang tidak berminyak dan mengandung silica, titanium dioksida serta zinc oksida.

Kelima cara diatas merupakan tindakan awal untuk mengatasi jerawat. Jika jerawat masih membandel dan meradang, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter kulit atau pakar kecantikan wajah. Selain itu, referensi hidup sehat dan menjaga asupan makan juga sebaiknya dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Semoga bermanfaat,

.

referensi :
hellosehat.com
begitu.com
vemale.com
hellosehat.com
duniainformasikesehatan.com
alodokter.com