3 Cara Alami Menjaga Kulit Sehat Dan Baka Muda

Kulit merupakan pecahan terluar badan yang merupakan lapisan pembungkus daging. Kulit sangat tipis namun bisa menjadi pelindung badan dan alasannya yakni letaknya di pecahan yang paling luar itulah kulit menjadi gampang terlihat kalau kondisinya tidak sehat dan tidak terawat. Kulit yang tidak sehat akan menciptakan penampilan kita menurun alasannya yakni terlihat kusam dan gelap. Selain itu, kalau tidak dirawat akan muncul banyak tanda-tanda penyakit kulit yang membahayakan.

Untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit kita bahwasanya sangat mudah. Asal dilakukan secara teratur dan konsisten, kulit indah sudah bukan angan-angan saja. Dalam perjuangan menjaga kesehatan kulit biar tetap kekal muda dan kencang, sebaiknya dilakukan dari dalam, yaitu dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Karena setiap makanan dan minuman yang masuk kedalam badan sangat mempengaruhi kesehatan kulit.

Makanan dan minuman yang tidak sehat mengandung radikal bebas atau zat perusak yang besar lengan berkuasa terhadap kesehatan kulit. Makanan dan minuman yang mengandung radikal bebas menciptakan kulit rusak dari dalam dan mempengaruhi kemampuan kulit untuk beregenarasi. Kulit yang tidak beregenerasi akan tampak kusam dan bersisik serta gampang terjangkit penyakit kulit yang berbahaya.

Contoh makanan yang tidak sehat dan jelek untuk kulit yakni makanan yang proses pembuatannya dibakar atau digoreng. Selain menghilangkan kandungan nutrisinya, mengolah makanan dengan cara dibakar juga memunculkan zat karsiogenik atau yang dikenal sebagai zat pemicu kanker. Sebaiknya membatasi untuk mengkonsumsi jenis makanan ini.

Untuk minuman yang termasuk kelompok tidak sehat dan menjadi perusak kulit yakni minuman yang mengandung banyak kafein dan gula. Kafein memang dikenal sebagai penambah tenaga atau mood booster, namun kalau dikonsumsi melebihi kadar normal akan berefek jelek terhadap kulit. Karena sifatnya yang diuretik atau gampang menciptakan orang ingin buang air kecil maka kafein gampang sekali menciptakan orang dehidrasi. JIka termasuk pecinta kafein sebaiknya dibarengi dengan perbanyak konsumsi air putih. 

Minuman yang mengandung gula tinggi juga beresiko merusak kesehatan kulit. Biasanya terdapat pada minuman ringan atau soft drink yang dikemas dalam kaleng. Minuman jenis juga terkadang mengandung soda dan gula yang tinggi. Tingginya gula mengakibatkan resiko terkena diabetes atau kencing manis. Jika seseorang sudah terkena diabetes kulitnya akan mengalami kerusakan sehingga ketika kulit mengalami luka akan sangat sulit sekali untuk kering dan sembuh.

Sebenarnya aneka macam cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit alasannya yakni kini ini banyak dijual obat-obatan atau krim khusus untuk merawat kulit menyerupai lulur mandi dan komplemen vitamin E. Namun untuk mendapat kulit sehat yang alami, alangkah baiknya dilakukan cara yang alami pula menyerupai dibawah berikut :

1. Penuhi kebutuhan air dalam badan dengan minum air putih 8 gelas sehari

Air putih yang dikonsumsi oleh kita mempunyai tugas yang sangat penting. Air diharapkan tidak saja oleh sebagian besar organ internal badan namun diharapkan juga oleh kulit. Pada kulit, air berperan untuk melembabkan dan menjaga kesehatannya. Tubuh membutuhkan air dalam proses metabolisme, ketika air yang diharapkan kurang maka badan mengambil cadangan air yang berada dikulit. Hal ini yang mengakibatkan kulit kusam dan kering. 

Sebaiknya penuhi kebutuhan air harian dengan meminum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Sebenarnya tidak ada hukum khusus untuk berapa gelas air yang harus diminum alasannya yakni kebutuhan air tiap orang berbeda-beda. Indikator yang bisa dipakai yakni air urine. Ketika air urine berwarna kuning pekat tandanya badan mengalami dehidrasi. Segera penuhi kebutuhan air sampai urine berwarna bening. Pastikan warna urine dalam sehari tetap bening. Itu tanda bahwa badan terhidrasi optimal.

2. Mengatur dan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh

Kita yakni apa yang kita makan. Ungkapan itu benar adanya. Karena makanan banyak besar lengan berkuasa terhadap apa yang terjadi didalam tubuh. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa makanan yang tidak sehat beresiko mengganggu kesehatan kulit. Makanan yang terlalu manis atau makanan yang digoreng sangat beresiko menciptakan kulit menjadi tidak sehat.

Sebaiknya mulai membiasakan diri untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang mempunyai kandungan vitamin E, vitamin C dan Vitamin B12 secara alami. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, E dan B12 bisa berperan dalam menangkal radikal bebas yang akan merusak kulit. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, vitamin C, E dan B12 juga bermanfaat untuk jantung dan rambut. Makara hidup sehat akan menciptakan badan kita lebih indah luar dalam.

3. Melakukan olahraga secara teratur setiap hari

Menurut pakar kecantikan dan kesehatan, keringat yang keluar dikala berolahraga merupakan ‘facial alami’ untuk kulit. Karena pada dikala berkeringat kulit beregenerasi dengan lancar dan membuang sel-sel kulit mati yang melekat di permukaan kulit. Dengan keluarnya keringat, semua kotoran yang menyumbat pori-pori juga ikut tersingkirkan sehingga kulit bisa terbebas dari jerawat. Satu hal yang perlu dipastikan yakni untuk para perempuan jangan memakai make up selama berolahraga. Karena akan menghalangi keringat dan kotoran sel kulit mati yang akan keluar. Dengan rutin berolahraga setiap hari, selain terjaga kesehatannya, kulit juga akan terlihat kencang dan kekal muda. 

Kesehatan kulit sebaiknya jangan dianggap remeh, alasannya yakni kulit rentan terkena penyakit yang berbahaya kalau tidak dijaga kesehatannya. Tidak perlu biaya mahal untuk perawatan ke salon dan spa, cukup merubah referensi hidup menjadi lebih sehat. Didalam kulit yang sehat, terdapat badan dan jiwa yang kuat.

Semoga bermanfaat.


referensi : 
cantikmoo.com
jadiberita.com
carasehat123.blogspot.com
kesehatan-kulit.com