10 Manfaat Penting Cabe Rawit Untuk Kesehatan

Cabai rawit sering dipakai dalam bentuk utuh, sambal, dan bubuk dalam banyak sekali jenis masakan. Cabai rawit telah menjadi kepingan dari bumbu kuliner di banyak sekali negara dan obat-obatan selama ribuan tahun. Tak hanya itu, cabai rawit banyak dipakai dalam obat-obatan Cina.

Cabai rawit sering dipakai dalam bentuk utuh 10 Manfaat Penting Cabai Rawit untuk Kesehatan
Senyawa capsaicin aktif ada dalam kandungan cabai rawit. Bahkan, banyak manfaat kesehatan dari cabai rawit juga dikaitkan dengan capsaicin tersebut. Cabai rawit juga mengandung vitamin C, A, B6 dan E, kalium, mangan, tembaga, besi dan beberapa flavonoid, yang mengatakan sifat antioksidan yang kuat.

Capsaicin disetujui oleh AS Food and Drug Administration untuk dipakai dalam beberapa produk dan ditemukan dalam krim dan salep. Sebab, asupan jumlah yang sangat kecil dari cabai rawit rupanya bermanfaat untuk kesehatan Anda. Nah, berikut yaitu 10 manfaat kesehatan dari cabai rawit.

10 Khasiat Super Cabe Rawit untuk Kesehatan

1. Meredakan nyeri sendi dan otot

Senyawa capsaicin dalam cabai rawit memperlihatkan imbas anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Hal ini juga mencegah aktivasi pemancar sakit di otak, yang pada gilirannya mengurangi rasa sakit. Baik itu sendi pegal atau nyeri otot, cabai rawit sangat efektif.

Krim atau salep yang mengandung antara 0.025 dan 0.075 persen capsaicin dianjurkan oleh para hebat kesehatan untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri dari osteoarthritis, nyeri sendi akhir arthritis, nyeri saraf dari herpes zoster, nyeri sehabis operasi, nyeri kaki dari neuropati diabetes dan bahkan sakit punggung.

2. Mencegah penggumpalan darah

Capsaicin dalam cabai rawit bekerja sebagai antioksidan berpengaruh dan membantu melebarkan pembuluh darah untuk memastikan fatwa darah yang sempurna ke seluruh tubuh dan organ. Bahkan mendorong acara fibrinolitik dan mencegah faktor yang menjadikan pembentukan gumpalan darah. 
Dengan sirkulasi darah yang tepat, risiko terjadinya pembekuan darah dan beberapa problem jantung berkurang. Capsaicin juga membantu mengurangi trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL atau kolesterol ‘buruk’), dua faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Bahkan membantu menurunkan tekanan darah dan menyingkirkan sumbatan di arteri dan vena.

3. Membantu menjaga berat badan

Bahan pedas ini membantu mengurangi nafsu makan. Ini berarti kurang asupan kalori sepanjang hari, yang membantu dalam mencapai sasaran penurunan berat tubuh Anda. Plus, menjadi metabolik-booster yang mana cabai rawit membantu tubuh memperabukan kelebihan lemak lebih cepat. Juga, membantu dalam pencernaan dan perembesan nutrisi, yang penting untuk menjaga berat tubuh yang sehat.

4. Berfungsi sebagai detoksifikasi

Selain menurunkan berat badan, cabai rawit juga mendukung detoksifikasi, yang pada gilirannya melindungi tubuh Anda dari penyakit dan meningkatkan kesehatan yang optimal. Detoksifikasi membantu hati dan kandung empedu untuk menyingkirkan racun berbahaya dalam tubuh.

5. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Cabai rawit juga efektif ketika untuk meredakan sakit tenggorokan. Capsaicin bekerja sebagai dekongestan alami untuk meringankan peradangan dan bahkan mengendalikan produksi lendir di jalan masuk hidung. Plus, membantu menghilangkan infeksi yang disebabkan kuman.

6. Mencegah kanker

Cabai rawit sanggup membantu mencegah kanker paru-paru, liver, prostat, payudara dan kulit. Ini juga berafiliasi dengan kebaikan capsaicin, yang menginduksi sel-sel kanker untuk melaksanakan ‘bunuh diri’ dalam proses yang disebut apoptosis.

7. Meredakan sakit kepala dan nyeri

Capsaicin mengatakan kemampuan untuk meredakan sakit kepala dan nyeri. Hal ini sangat efektif untuk sakit migrain. Capsaicin mengurangi faktor agregasi platelet, yang sering bertanggung jawab untuk timbulnya migrain oleh konstriksi sirkulasi darah di kepala Anda.

Simak juga: 10 Jenis Sakit Kepala Ini Bisa Kaprikornus Membahayakan

8. Mengurangi tanda-tanda flu

Cabai rawit juga bekerja sebagai distributor anti-dingin untuk mengurangi pilek dan tanda-tanda flu, terutama hidung tersumbat. Itu sebabnya, ada orang yang merasa cepat sembuh ketika flu sehabis mengonsumsi kuliner pedas.

9. Mengurangi tanda-tanda psoriasis

Aplikasi topikal dari capsaicin efektif dalam mengobati psoriasis. Anti-oksidan dan anti-inflamasi secara signifikan meningkatkan rasa gatal dan tanda-tanda lainnya. Plus, menjadi distributor antimikroba, dan membantu mencegah infeksi.

10. Meningkatkan kesehatan mulut

Cabai rawit merupakan distributor yang sangat baik untuk mendukung kesehatan ekspresi dan mencegah penyakit gusi yang sanggup terjadi dari gingivitis menjadi periodontitis. Baik itu gusi bengkak, sakit gigi, anyir mulut, gusi berdarah atau ekspresi kering, cabai rawit sanggup membantu menangani masalah-masalah oral.

Nah, itu tadi sejumlah manfaat penting mengonsumsi cabai rawit. Kendati demikian, hindari untuk makan kuliner pedas secara hiperbola lantaran tidak manis untuk pencernaan. 


(mw/kr)