10 Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Teh Hijau Bagi Kesehatan

Teh hijau yaitu salah satu minuman yang paling bermanfaat dan banyak dikonsumsi di dunia. Selain menjadi minuman yang nikmat, teh hijau mempunyai banyak manfaat yang berpengaruh alasannya yaitu mengandung antivirus yang signifikan, antioksidan, dan anti anti-inflamasi.

Senyawa yang hadir dalam minuman ini memperlihatkan dukungan dari banyak problem kesehatan umum dan pada ketika yang sama mengurangi risiko banyak sekali penyakit kronis dan problem kesehatan yang serius. 

Teh hijau yaitu salah satu minuman yang paling bermanfaat dan banyak dikonsumsi di dunia 10 Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Teh Hijau Bagi Kesehatan
Karena manfaat kesehatan yang sangat besar, teh hijau sanggup melaksanakan keajaiban bagi kesehatan Anda. Hanya tiga hingga empat cangkir teh hijau ketika ini sanggup meningkatkan kesehatan Anda. Berikut yaitu 10 manfaat kesehatan dari teh hijau.

1. Meningkatkan kesehatan otak

Otak kita perlu pembuluh darah yang sehat untuk berfungsi dengan baik. Menurut sebuah studi Swiss, orang yang minum teh hijau secara teratur mempunyai kegiatan yang lebih besar di wilayah kerja memori otak.

Penelitian tersebut juga telah menemukan bahwa teh hijau membantu memblokir pembentukan plak yang terkait dengan Alzheimer dan Parkinson, dua gangguan neurodegenerative yang paling umum.

2. Menurunkan gula darah

Teh hijau juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil pada orang yang menderita diabetes. Senyawa polifenol dan polisakarida yang hadir dalam teh hijau sanggup bermanfaat untuk kedua jenis diabetes.

Teh hijau sanggup merangsang produksi insulin di pankreas, mengatur kadar gula darah dan menyerap glukosa pada mereka dengan diabetes tipe 1. Pada diabetes tipe 2, teh hijau membantu mengurangi lonjakan gula darah yang sering menyebabkan komplikasi di mata, jantung dan ginjal.

3. Mengurangi kadar kolesterol

Teh hijau juga sanggup secara efektif mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan rasio kolesterol baik. Studi mengenai imbas konsumsi teh hijau pada tingkat kolesterol memperlihatkan bahwa menurunkan tingkat lipoprotein (LDL) kolesterol jahat. Pada ketika yang sama, membantu meningkatkan tingkat high-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik.

4. Meningkatkan kesehatan mulut

Konsumsi teh hijau dikaitkan dengan peningkatan kesehatan gigi dan resiko yang lebih rendah dari gigi berlubang. Fluoride alami dalam teh hijau, polifenol dan katekin sanggup secara efektif membunuh basil yang menyebabkan kerusakan gigi, busuk mulut, gigi berlubang dan banyak sekali penyakit gusi.

5. Membantu menjaga berat badan

Beberapa penelitian telah menandakan bahwa secangkir sehari teh hijau sanggup mengurangi lemak tubuh, terutama di tempat perut. Hal ini juga sanggup secara signifikan menurunkan persentase lemak tubuh, berat tubuh dan lingkar pinggang.

Juga, katekin dalam teh hijau membantu menghasilkan panas dalam tubuh, yang pada gilirannya aben kalori ekstra. Polifenol dalam teh hijau bekerja untuk mengintensifkan tingkat oksidasi lemak.

6. Mencegah rambut rontok

Teh hijau dikemas dengan antioksidan yang membantu mencegah rambut rontok dan juga sanggup mempromosikan pertumbuhan kembali rambut. Polifenol katekin dalam teh hijau membantu blok DHT, yang merupakan faktor kunci untuk rambut rontok.

7. Menghindari penuaan dini

Antioksidan, terutama yang dikenal sebagai polifenol, dalam teh hijau melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya. Bahkan, polifenol membantu memerangi banyak sekali gejala penuaan, meningkatkan umur panjang, dan mengobati penyakit kulit.

8. Menurunkan tekanan darah

Konsumsi rutin teh hijau diduga mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Ini membantu menjaga tekanan darah turun dengan menekan angiotensin, yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

9. Mengurangi risiko kanker

Beberapa studi memperlihatkan bahwa banyak antioksidan dalam teh hijau sanggup menurunkan risiko banyak sekali jenis kanker menyerupai payudara, prostat, kolorektal, pankreas, esofagus, kandung kemih, paru-paru, dan kanker perut. Bahkan, antioksidan dalam teh hijau yaitu 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 24 kali lebih baik dari vitamin E.

10. Menjaga tulang kuat

Kandungan fluoride yang tinggi dalam teh hijau membantu mempertahankan kekuatan tulang. Konsumsi rutin teh hijau dikaitkan dengan rendahnya risiko patah tulang osteoporosis. 


Baca juga:
(mw/kr)