10 Manfaat Kecantikan Minyak Jarak Untuk Kulit Dan Rambut

Minyak jarak diekstrak dari biji dari tumbuhan jarak. Minyak ini berwarna kuning sangat pucat dengan amis yang tidak menyenangkan. Minyak jarak disebut pula sebagai Minyak Castor.

Minyak ini secara tradisional telah dipakai secara topikal untuk manfaat kulit dan rambut. Saat ini, industri kosmetik memakai minyak jarak sebagai materi utama dalam banyak produk perawatan kecantikan.

Minyak jarak diekstrak dari biji dari tumbuhan jarak 10 Manfaat Kecantikan Minyak Jarak untuk Kulit dan Rambut
Sebagian besar manfaat kecantikan sanggup dikaitkan dengan kandungan asam risinoleatnya yang tinggi. Asam risinoleat, asam lemak omega-9 tak jenuh dan asam hidroksil, mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Minyak ini juga tinggi vitamin E, mineral, protein dan nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Berikut ialah 10 manfaat kecantikan minyak jarak untuk kulit dan rambut.

Khasiat Minyak Jarak untuk Kulit & Rambut

1. Melembabkan kulit kering

Minyak jarak bekerja sebagai pelembab yang bagus untuk kulit kering. Seperti meresap jauh ke dalam kulit, minyak ini efektif untuk mengobati kulit kering, bercak, dan kulit bersisik.

Konsentrasi tinggi asam lemak juga mempromosikan kulit yang sehat dan bercahaya dan membantu dengan kondisi kulit ibarat dermatitis, yang sanggup mengakibatkan garang dan kulit kering.

2. Mengurangi keriput

Emolien alami di minyak ini sanggup mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus. Minyak ini gampang menembus lapisan kulit, dan tidak akan menyumbat pori-pori.

Bahkan, bisa mencapai jauh ke dalam kulit. Minyak ini juga membantu mengurangi munculnya noda dan bekas luka di kulit.

3. Menyuburkan rambut

Selain untuk kulit, minyak jarak juga baik untuk rambut Anda. Minyak ini membantu menjaga kondisi dalam rambut dan menebalkan helai rambut untuk menawarkan rambut yang indah dan mengkilap, serta rambut lebih tebal.

Asam risinoleat di dalamnya membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala. Hal ini akan mengurangi risiko ketombe. 

Klik juga: 8 Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami

4. Mempertebal alis dan bulu mata

Jika Anda ingin alis tebal dan bulu mata tebal, solusinya ialah minyak jarak. Minyak ini merangsang folikel dan bergizi sehingga sanggup membantu menebalkan rambut alis Anda serta bulu mata. Mengandung protein, vitamin dan asam lemak yang menyehatkan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk bulu mata lebih tebal, tutup mata Anda dan dengan lembut oleskan minyak jarak pada bulu mata Anda. Lakukan setiap hari pada malam hari sebelum tidur. Lanjutkan untuk setidaknya beberapa ahad untuk mendapat bulu mata lebih tebal.

5. Mencegah stretch marks

Ketika dipakai selama kehamilan, minyak jarak mencegah pembentukan stretch mark. Pada dasarnya, minyak jarak bekerja sebagai humektan, membantu kulit Anda mempertahankan kelembaban dan menjaga elastisitas. 
Selain itu, asam lemak di dalamnya memaksimalkan kemampuan kulit untuk meregenerasi jaringan untuk meningkatkan kekuatan dan tekstur kulit.

6. Melunakkan kapalan

Minyak ini merupakan pelembab yang sangat baik yang membantu melunakkan kapalan dengan melembutkan kulit kering dan kulit kasar. Bila diterapkan pada tempat yang terkena, minyak ini membantu mengembalikan kelembaban dan menambahkan kelembutan.

7. Minyak jarak untuk kuku rapuh

Minyak ini juga efektif untuk mengobati kuku yang ringkih dan pecah-pecah. Berbagai vitamin dan mineral dalam minyak jarak mempromosikan pertumbuhan kuku dan menciptakan mereka kuat. Plus, sifat antijamur mengurangi risiko abses jamur.

8. Menyembuhkan bibir pecah-pecah

Untuk bibir gelap dan pecah-pecah, minyak jarak sangat bermanfaat. Properti pelembab dalam cairan kental ini menciptakan bibir lembap. Sehingga ini sanggup membantu mengobati serta mencegah bibir pecah-pecah.

9. Mengurangi rambut bercabang

Untuk mengurangi rambut bercabang, deep conditioning ialah suatu keharusan. Ini membantu mengembalikan kelembaban dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan rambut Anda. Minyak jarak ialah pilihan yang baik untuk deep conditioning tersebut.
Baca juga: 8 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang

10. Menenangkan sunburn

Sifat menenangkan dan anti-inflamasi minyak jarak yang bermanfaat dalam mengobati sunburn. Asam risinoleat di dalamnya akan melindungi setiap lecet yang disebabkan sengatan matahari. Plus, asam lemak omega-3 di dalamnya membantu menjaga kulit terhidrasi serta merangsang pertumbuhan jaringan yang sehat.

Itu tadi beberapa manfaat minyak jarak untuk kecantikan kulit dan rambut. Anda sanggup memperoleh minyak ini di apotek terdekat atau toko online. Selamat mencoba! 


(mw/kr)