10 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Pankreas

Pankreas memainkan tugas yang sangat penting dalam proses pencernaan. Tanpa pankreas, mustahil bagi badan untuk menyerap nutrisi dari kuliner yang kita makan. 

Tak hanya itu, pankreas juga mempunyai kemampuan untuk melepaskan enzim, yang menetralkan asam lambung. Enzim pankreas juga membantu dalam mencerna makanan, sehingga badan sanggup menyerap nutrisi dari kuliner tersebut.

Bahkan, pankreas juga mempunyai kemampuan untuk memproduksi insulin yang membantu menurunkan tekanan darah. Jika ada problem dengan pankreas, maka semua fungsi lainnya akan sangat terpengaruh.

Ada banyak kuliner terbaik yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan pankreas. Makanan ini dibutuhkan untuk melindungi dan merangsang pankreas. serta meningkatkan fungsi pankreas. Berikut yaitu makanan-makanan tersebut.

1. Buah Berry

Buah Berry merupakan sumber antioksidan yang tinggi yang membantu dalam meningkatkan fungsi pankreas. Berries juga membantu dalam memerangi kerusakan radikal bebas, yang merupakan alasan utama bagi stres oksidatif dalam pankreas.

2. Ceri

Ceri mengandung jumlah tinggi perillyl alkohol, yang merupakan senyawa yang mencegah terjadinya kanker pankreas. Buah ini juga membantu dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Buah ini dianggap sebagai salah satu kuliner terbaik untuk pankreas.

3. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai kemampuan untuk melindungi dan meningkatkan fungsi pankreas, alasannya yaitu mempunyai sulfur, selenium, arginin, oligosakarida dan flavonoid dalam konsentrasi yang sangat tinggi.

4. Bayam

Bayam merupakan sumber yang kaya vitamin B dan zat besi, yang keduanya dianggap sebagai nutrisi penting untuk kesehatan pankreas.

5. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik tinggi yang menjaga sistem pencernaan dan menjaga kesehatan pankreas. Dianjurkan untuk mengonsumsi yoghurt yang bebas lemak.

6. Jamur

Jamur mempunyai konsentrasi tinggi akan nutrisi dan dianggap menjadi kuliner yang terbaik untuk pankreas, alasannya yaitu mengandung selenium, serat, kalium dan vitamin D.

7. Brokoli

Brokoli mengandung zat yang disebut apigenin flavonoid yang mempunyai kemampuan untuk melindungi jaringan yang ada di pankreas. Ini yaitu salah satu kuliner terbaik menjaga kesehatan pankreas yang sangat direkomendasikan.

8. Anggur Merah

Anggur merah yaitu minuman yang berfungsi untuk melindungi pankreas, alasannya yaitu buah yang satu ini diperkaya dengan banyak vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. Buah ini dianggap sebagai salah satu kuliner terbaik untuk pankreas.

9. Ubi Jalar

Ubi mengandung konsentrasi tinggi beta-karoten, yang merupakan antioksidan yang sangat besar lengan berkuasa yang mendukung kesehatan pankreas.

10. Tomat

Tomat merupakan sumber vitamin C dan lycopene, yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Tomat ini membantu untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan pankreas.

(mw/kr)