10 Makanan Super Untuk Kesehatan Jantung Anda

Jantung merupakan organ vital dalam badan dengan kiprah yang sangat berat. Oleh alasannya itu, menjaga kesehatan jantung penting untuk dilakukan. Studi memperlihatkan bahwa hingga 70% masalah penyakit jantung sanggup dicegah dengan pilihan makanan yang tepat.

Jantung merupakan organ vital dalam badan dengan kiprah yang sangat berat 10 Makanan Super untuk Kesehatan Jantung Anda
Bahkan, makan jenis makanan yang sempurna sanggup mengurangi risiko terkena aterosklerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah), penyebab umum dari serangan jantung dan stroke. Ada banyak makanan sehat yang sanggup Anda masukkan dalam sajian harian untuk menjaga jantung Anda berfungsi dengan baik.

Diet jantung sehat sanggup Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan, sayuran serta makanan lain yang rendah sodium, mengandung lemak sehat, dan jauh dari kolesterol jahat. Berikut 10 makanan super untuk menjaga kesehatan jantung Anda. 

10 Makanan Sehat untuk Jantung

1. Salmon

Salmon ialah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan jantung alasannya mengandung omega-3 EPA dan DHA. Omega-3 asam lemak menurunkan risiko gangguan irama jantung, menurunkan tekanan darah dan menjaga pembekuan darah. Salmon juga sanggup menurunkan trigliserida darah dan mengurangi peradangan.

2. Oatmeal

Oatmeal juga kaya asam lemak omega-3, serta magnesium, potasium, niasin, kalsium dan serat larut. Makan oatmeal secara teratur sanggup menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan membantu menjaga kesehatan arteri Anda. Oats dalam aneka olahan baik untuk penderita diabetes juga.

3. Kacang hitam

Kacang hitam mengandung vitamin B-kompleks, niasin, magnesium, asam lemak omega-3, kalsium dan serat larut. Semua nutrisi ini membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah. Kacang hitam juga merupakan sumber protein tanpa kolesterol jahat yang biasanya ditemukan dalam daging. Para jago kesehatan merekomendasikan makan empat atau lebih porsi kacang hitam per ahad untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Red wine

Segelas anggur merah setiap hari sanggup meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda, yang penting bagi jantung Anda untuk berfungsi dengan baik. Anggur merah mengandung antioksidan resveratrol dan catechin yang membantu melindungi dinding arteri. Resveratrol juga sanggup membantu mencegah kanker.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan jantung, yang disebut polifenol, serta lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Konsumsi secara teratur minyak zaitun extra virgin sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol dan melindungi pembuluh darah. Minyak ini juga sangat manis untuk memasak.

6. Dark chocolate

Dark chocolate juga sanggup mengurangi banyak sekali penyakit kardiovaskular. Selalu pilih dark chocolate yang setidaknya mengandung 70% kakao. Flavonol, yang berasal dari flavonoid pada kakao, membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fatwa darah ke jantung Anda, dan mengurangi kerusakan radikal bebas yang sanggup meningkatkan LDL yang tidak diinginkan.

7. Biji chia

Biji chia memperlihatkan manfaat nutrisi maksimum dan kalori yang rendah. Konsumsi sesendok biji chia membantu mengurangi kolesterol jahat dan membantu dalam pengurangan penumpukan plak. Hal ini juga membantu menurunkan tekanan darah dan trigliserida.

8. Blueberry

Blueberry mengandung beta-karoten dan lutein (karotenoid), antosianin (flavonoid a), asam ellagic (polifenol a), vitamin C, kalsium, magnesium, kalium dan serat dalam jumlah yang tinggi. Semua nutrisi sehat ini mendukung kesehatan jantung.

9. Jeruk

Jeruk mengandung beta-cryptoxanthin, beta dan alpha-karoten, lutein (karotenoid) dan flavon (flavonoid), kalium, folat dan serat, yang semuanya baik untuk kesehatan jantung. Jeruk juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, pelindung ampuh melawan stroke dengan meningkatkan fatwa darah ke jantung.

Buah yang lembap ini membantu mengontrol tekanan darah tinggi, meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan arteri.

10. Biji kenari

Kenari mengandung asam lemak omega-3, vitamin E, magnesium, folat, serat dan lemak tak jenuh mono dan poli yang mempromosikan jantung sehat.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang manis untuk kesehatan jantung. Pola makan yang sehat serta olahraga teratur harus Anda biasakan demi kesehatan jantung dalam jangka panjang. 


Baca juga:
(mw/kr)