10 Kulit Buah Yang Kondusif Dan Menyehatkan Untuk Dikonsumsi

 Kulit Buah yang Aman dan Menyehatkan untuk Dikonsumsi 10 Kulit Buah yang Aman dan Menyehatkan untuk Dikonsumsi

Ketika Anda hendak memakan buah, hal pertama yang mungkin Anda lakukan yaitu mengupas kulitnya. Padahal, berdasarkan para ahli, hal itu justru mengurangi nutrisi yang terkandung dalam buah tersebut.

Terdapat kandungan gizi yang tinggi dalam kulit beberapa jenis buah. Dengan mengkonsumsi buah sekaligus kulitnya, akan ada lebih banyak nutrisi menyerupai vitamin dan serat bakal Anda dapatkan.

Buah menyerupai apel, mentimun dan jeruk sebaiknya dikonsumsi beserta kulitnya untuk memperoleh manfaat secara maksimal, diantaranya kesehatan jantung, pencegahan aneka macam jenis penyakit, dan yang paling penting yaitu menjaga kekebalan sistem imun dalam tubuh.

Meski demikian, sejumlah kulit buah memang sulit dicerna, jadi sangat disarankan untuk meminumnya dalam bentuk jus atau dipotong kecil-kecil. Berikut 10 kulit buah yang kondusif dikonsumsi dan menyehatkan bagi tubuh.

1. Jeruk
Kulit jeruk mengandung gizi yang tinggi. Mengkonsumsi kulit jeruk akan menjauhkan penyakit jantung hinggap di tubuh Anda. Kulit jeruk juga sanggup memperbaiki kesehatan mulut, meredakan problem pernapasan, mencegah sembelit serta rasa mulas.

Baca juga: Manfaat Kulit Jeruk untuk Berbagai Kegunaan

2. Delima
Kulit tebal buah delima bermanfaat untuk mencegah sakit tenggorokan. Kulit delima juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi.

3. Pisang
Kulit pisang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Faktanya, kulit pisang mengandung lebih banyak serat ketimbang buahnya. Kulit pisang juga diperkaya asam amino yang disebut tryptophan yang tinggi serta baik untuk menyembuhkan jerawat mata.

Klik juga: 10 Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan

4. Semangka
Tahukah kau bahwa buah semangka sangat membantu dalam penurunan berat badan. Alih-alih hanya memakan buahnya, konsumsi buah semangka beserta kulitnya akan lebih menguntungkan.

5. Mentimun
Kulit mentimun kaya akan vitamin A dan K. Kedua vitamin tersebut sangat menunjang dalam kegiatan diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, meningkatkan penglihatan serta memperbaiki kesehatan tulang.

6. Apel
Tak banyak orang tahu bahwa nutrisi tertinggi buah apel ternyata terdapat pada kulitnya. Kulit apel mengandung flavonoid yang berkhasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah kanker.

7. Lemon
Kulit buah lemon bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kulit buah ini juga mengandung salvestrol Q40 dan limonene, komponen yang melawan sel kanker dan antioksidan yang menetralisir racun serta meredakan stres.

8. Kiwi
Jangan lupa memakan buah kiwi beserta kulitnya. Kulit buah kiwi mengandung lebih banyak flavonoid, antioksidan, serta vitamin C dibandingkan dalam buahnya sendiri.

9. Mangga
Kulit buah mangga sangat ampuh untuk mengobati penyakit menyerupai diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Selain itu, kulit mangga juga kaya akan caretonoid, polyphenol, omega-3, omega-6, serta asam lemak tak jenuh.

10. Nanas
Eits, jangan salah, kulit nanas juga sanggup dikonsumsi, lho. Terkandung bromelain dalam kulit nanas yang bermanfaat untuk melawan sinus dan inflamasi.

Nah, itu tadi 10 kulit buah yang sanggup dikonsumsi dan kaya akan nutrisi. Mulai sekarang, jangan pernah mengupas kulit buah di atas alasannya yaitu itu artinya Anda membuang nutrisi yang terkandung di dalamnya begitu saja. (bs/mw)