10 Daftar Makanan Terbaik Sumber Kalium

Kalium yaitu mineral penting, meskipun kurang menerima perhatian dibandingkan mineral lainnya, menyerupai zat besi dan kalsium. Pada intinya, kalium sangat vital bagi kehidupan dan fungsinya baik untuk beberapa organ termasuk jantung, ginjal, otak dan jaringan otot.

 meskipun kurang menerima perhatian dibandingkan mineral lainnya 10 Daftar Makanan Terbaik Sumber Kalium
Mineral ini membantu mengatur tekanan darah dan membantu fungsi jantung dan sistem saraf. Mineral ini juga meniadakan pengaruh merusak dari natrium, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan fungsi mental dan membantu fungsi otot dan pembuangan sampah. Kalium juga membantu mengatur kadar cairan badan anda.

Jika anda makan kurang dari takaran yang dianjurkan, anda sanggup menderita kekurangan kalium, juga dikenal sebagai hipokalemia.

Kekurangan kalium sanggup mengakibatkan beberapa gejala, menyerupai kelelahan, insomnia, sembelit, kelemahan otot, sensasi kesemutan, jantung berdebar-debar, persoalan pencernaan dan banyak lagi. Kalium juga merupakan komponen kuliner yang dibutuhkan untuk mencegah aneka macam persoalan kesehatan.

Dalam rangka untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam badan anda, yaitu penting untuk mengonsumsi kuliner kaya kalium. Berikut yaitu 10 kuliner kaya kalium yang sanggup anda jadikan asupan sehari-hari.

10 Makanan Sumber Kalium

1. Pisang

Pisang dikenal sebagai buah segudang manfaat alasannya yaitu kaya akan kalium. Satu pisang berukuran sedang mempunyai 422 mg kalium, atau 12 persen dari asupan gizi yang dianjurkan.

Anda sanggup makan buah ini sebagai kudapan atau menambahkannya ke oatmeal, yoghurt dan smoothies. Selain kalium, pisang juga mengandung serat, vitamin B6 dan C, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan zink.

2. Alpukat

Satu buah alpukat matang menunjukkan 975 mg kalium, yang setara dengan 30 persen dari asupan gizi yang dianjurkan. Anda sanggup makan setengah dari buah alpukat polos ditaburi dengan perasan air lemon untuk memenuhi sebagian dari kebutuhan harian anda.

Buah ini juga mempunyai banyak serat, vitamin B, vitamin K, tembaga, zat besi, fosfor, protein dan asam folat.

3. Bayam

Kebanyakan sayuran hijau kaya akan kalium, tapi bayam mempunyai kandungan kalium yang lebih banyak dari sayur kebanyakan. Hanya 1 ikat bayam rebus menyediakan 839 mg kalium, yang setara dengan 24 persen dari asupan gizi yang dianjurkan.

Anda sanggup menikmati sayuran hijau ini dalam olahan salad, jus sayuran atau smoothies hijau. Juga, bayam sanggup ditambahkan ke sup, lauk atau omelet.

4. Ubi Jalar

Makanan lain yang kaya kalium ubi jalar. Hanya 1 setengah ubi jalar mengandung 952 mg mineral ini, yang setara dengan 27 persen dari asupan gizi yang dianjurkan.

Ubi jalar juga mengandung jumlah yang baik dari vitamin A dan C dan juga mengandung vitamin B1, B2 dan B6. Mereka juga mempunyai mangan, tembaga, asam pantotenat, serat, fosfor, kalsium, zat besi dan karbohidrat kompleks.

5. Kacang Putih

Kacang putih juga merupakan sumber yang sangat kaya kalium dan ½ cangkir yang berisi kacang putih menyediakan 502 mg, atau lebih dari 15 persen dari jumlah harian yang disarankan. Anda sanggup menambahkan kacang putih direbus untuk salad, sup dan minuman.

6. Kentang Panggang

Kentang panggang juga merupakan sumber kalium yang baik. 1 setengah kentang panggang dengan kulit mengandung hampir 950 mg kalium, sehingga menunjukkan dengan sekitar 27 persen dari asupan kuliner yang direkomendasikan.

7. Aprikot Kering

Semua buah-buahan kering menyerupai buah persik, plum, buah ara dan kismis yaitu sumber kalium. Namun, aprikot kering yaitu salah satu kuliner terbaik yang kaya kalium.

Setengah cangkri aprikot kering mengandung 755 mg mineral ini. Ini menyediakan sekitar 22 persen dari asupan gizi yang dianjurkan.

8. Labu

Labu yaitu sumber yang sangat baik dari mineral penting ini. 1 buah labu menunjukkan 644 mg kalium, yang merupakan 18 persen dari asupan gizi yang dianjurkan.

9. Jamur Putih

Banyak orang akan terkejut alasannya yaitu mengetahui bahwa jamur putih juga salah satu sumber terbaik kalium. Meskipun mereka yaitu salah satu jamur termurah, 1 cangkir jamur putih mengandung sekitar 450 mg kalium, yaitu sekitar 11 persen dari takaran harian yang direkomendasikan.

10. Tomat Kering

Tomat kering juga merupakan sumber kalium yang baik. Bahkan, satu cangkir tomat kering menunjukkan 1.800 mg potasium, yaitu sekitar 40 persen dari kebutuhan harian Anda.

Nah, itu tadi daftar makanan terbaik sumber mineral kalium. Cukupi kebutuhan kalium harian anda biar terhindar dari aneka macam persoalan kesehatan.

(mw/kr)