10 Cara Kondusif Membersihkan Indera Pendengaran Secara Alami

Segala sesuatu yang menjadi cuilan badan tentu mempunyai fungsi tujuan, termasuk kotoran telinga. Kotoran indera pendengaran penting untuk kesehatan rongga telinga, lantaran menyediakan perlindungan, pelumasan dan sifat antibakteri.

Telinga menghasilkan kotoran (lilin) secara terus-menerus. Namun, kadang kala lilin sanggup menumpuk berlebihan, menimbulkan kanal indera pendengaran tersumbat. Ketika kotoran indera pendengaran menumpuk di telinga, sanggup mempengaruhi pendengaran Anda.

Segala sesuatu yang menjadi cuilan badan tentu mempunyai fungsi tujuan 10 Cara Aman Membersihkan Telinga Secara Alami
Gejala lainnya yakni sakit pada indera pendengaran yang menciptakan tidak nyaman, indera pendengaran terasa penuh atau adanya dering di telinga, bacin busuk, pusing dan bahkan batuk.

Kelebihan penumpukan kotoran, bakteri, dan kotoran lainnya di indera pendengaran sanggup meningkatkan risiko infeksi, yang sanggup menimbulkan rasa sakit di indera pendengaran tengah, drainase cairan dan gangguan pendengaran.

Simak juga: Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds

Orang-orang yang menggunakan alat bantu dengar, orang renta dan orang-orang dengan cacat perkembangan lebih mungkin untuk membuatkan kelebihan kotoran telinga. Biasanya, kotoran indera pendengaran muncul secara alami melalui proses mengunyah dan gerakan rahang lainnya.

Oleh alasannya yakni itu, Anda tetap harus membersihkan kotoran indera pendengaran yang menumpuk di rongga indera pendengaran cuilan luar. Berikut yakni 10 cara alami untuk membersihkan telinga dengan aman.

10 Cara Alami Membersihkan Telinga

  • Air Garam

Air garam sering dipakai untuk membersihkan telinga. Larutan garam juga sanggup dipakai secara efektif tanpa perlu menggunakan alat tambahan. Garam membantu melunakkan akumulasi lilin, sehingga gampang untuk disingkirkan.

Pertama, campurkan 1 sendok teh garam dalam ½ cangkir air hangat. Aduk hingga garam benar-benar larut. Rendam bola kapas dalam larutan, memiringkan indera pendengaran Anda dan peras beberapa tetes ke dalam telinga.

Tahan kepala Anda dalam posisi itu selama 5 menit. Miringkan kepala Anda ke arah yang berlawanan untuk memungkinkan air garam untuk menguras keluar. Bersihkan cuilan luar indera pendengaran Anda dengan kain higienis untuk menghilangkan lilin yang melunak.

  • Rebus Air Hangat

Anda sanggup menggunakan air hangat higienis untuk mengeluarkan kotoran dari telinga. Sifat air hangat sanggup membantu mengeluarkan lilin. Pertama rebus sedikit air dan biarkan hirau taacuh di suhu kamar.

Isi pipet dengan air. Miringkan kepala Anda teteskan air hangat pribadi di dalam telinga. Duduklah selama sekitar 2 hingga 3 menit.

Miringkan kepala Anda ke arah yang berlawanan untuk mengalirkan air dari telinga. Gunakan bola kapas untuk membersihkan kotoran indera pendengaran yang lepas dan partikel lainnya.

  • Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida yakni materi lain yang sangat umum untuk membersihkan telinga. Larutan ini akan melunakkan lilin dan tindakan effervescent, yang sanggup menimbulkan bunyi mendesis, akan membantu membawa lilin lebih erat ke verbal rongga indera pendengaran untuk dikeluarkan.

Campur 1:1 air dan hidrogen peroksida 3%. Isi pipet dengan larutan tersebut. Menggunakan pipet, tempatkan larutan itu ke indera pendengaran Anda sambil memiringkan kepala. Tunggu 5 hingga 10 menit atau hingga bunyi mendesis berhenti.

  • Campuran Cuka Putih dan Alkohol

Metode lain yang efektif untuk membersihkan lilin dari indera pendengaran yaitu menggunakan adonan cuka putih dan alkohol. Cuka melarutkan kotoran indera pendengaran dan mencegah penumpukan kuman di dalam telinga, sedangkan alkohol mengeringkan cairan yang mungkin tertinggal di telinga.

Caranya, campur cuka putih dan alkohol dalam jumlah yang sama. Rendam bola kapas dalam larutan. Peras beberapa tetes larutan ke indera pendengaran sambil memiringkan kepala Anda.

Setelah 3 hingga 5 menit, miringkan kepala Anda ke arah yang berlawanan untuk memungkinkan kotoran mengalir keluar.

  • Gliserin

Gliserin juga efektif dalam menyingkirkan kotoran telinga. Cairan ini akan membantu melunakkan kotoran telinga, sehingga sanggup dengan gampang dibawa keluar dari telinga.

Pertama, posisikan kepala Anda tetap miring. Menggunakan pipet, tempatkan beberapa tetes gliserin ke dalam telinga. Duduklah selama 5 menit dengan menempatkan bola kapas dalam telinga.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bekerja sebagai biro pelunakan lilin. Minyak ini akan membantu menyingkirkan lilin tanpa membahayakan indera pendengaran Anda. Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun hangat ke dalam indera pendengaran Anda.

Lalu tutup dengan dengan bola kapas. Berbaring miring, dengan indera pendengaran tertutup Anda menghadap ke atas selama 10 menit. Lepaskan bola kapas dan memiringkan kepala Anda ke arah yang berlawanan untuk menguras keluar minyak dan kotoran.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa kondusif untuk indera pendengaran lantaran mengandung asam lemak rantai menengah, ibarat sebum (minyak alami diproduksi oleh kelenjar di kulit Anda). Minyak kelapa juga merupakan biro antimikroba alami dan mengurangi risiko indera pendengaran Anda terinfeksi.

Minyak ini benar-benar sanggup membunuh banyak sekali mikroorganisme berbahaya yang mungkin muncul lantaran penumpukan kotoran telinga. Cara pemakaiannya sama dengan minyak zaitun.

  • Baking Soda

Untuk melunakkan kotoran indera pendengaran keras dan membersihkan indera pendengaran dari kotoran lainnya, Anda juga sanggup menggunakan baking soda. Tambahkan ¼ sendok teh baking soda untuk 2 sendok teh air.

Aduk sehingga baking soda larut sepenuhnya. Miringkan indera pendengaran yang terkena masukkan ke dalam 3 atau 4 tetes larutan menggunakan pipet.

  • Asam Lemak Omega-3 

Penumpukan kotoran indera pendengaran sanggup menjadi tanda kekurangan asam lemak omega-3 dalam tubuh. Oleh lantaran itu, mengonsumsi asam lemak Omega-3 sanggup membantu mengatasi duduk kasus tersebut dengan mudah. Asam lemak omega-3 juga sanggup membantu menyingkirkan racun dalam tubuh, termasuk di dalam indera pendengaran Anda.

Sertakan makanan yang kaya asam lemak dalam diet Anda. Beberapa sumber makanan yang baik dari asam lemak yakni sarden, ikan teri dan salmon, bersama dengan biji rami dan kenari.

  • Hindari Benda Asing 

Biasanya, rongga indera pendengaran membersihkan dirinya sendiri dan tidak perlu dibersihkan dengan perangkat asing. Namun, kalau Anda perlu untuk membersihkan indera pendengaran Anda, Anda harus menghindari menggunakan benda gila dan membahayakan gendang telinga.

Kebersihan rongga indera pendengaran mutlak harus dijaga. Oleh alasannya yakni itu, kalau terdapat kotoran yang muncul, maka harus dibersihkan dengan cara yang benar. Anda boleh menentukan salah satu metode kondusif di atas. Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Bahan Alami Mengobati Infeksi Telinga

(mw/kr)