10 Cara Ampuh Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami

Lebah ialah serangga kecil yang sering terlihat mencari makan dan biasanya tidak menyengat kecuali secara fisik mereka terancam. Jika mereka merasa sarang mereka berada dalam bahaya, mereka mulai melaksanakan pertahanan diri dan sanggup menyerang orang di sekitar mereka.

Sengatan lebah menyakitkan, dan masing-masing dari mereka bisa memperlihatkan beberapa sengatan, tak hanya satu sengatan saja. Sebuah sengatan ringan sanggup mengakibatkan kemerahan, pembengkakan, nyeri, gatal-gatal dan peradangan pada kawasan yang terkena. Kasus-kasus kecil gigitan sanggup diobati di rumah dengan pertolongan pertama.

Namun, sengatan lebah juga sanggup mengakibatkan reaksi alergi yang parah pada beberapa individu, mengakibatkan tanda-tanda ibarat kesulitan menelan, bicara cadel, kebingungan, kelemahan, kesulitan bernafas, sesak di dada, pembengkakan lidah, muntah dan pingsan.

Dengan pengobatan yang cepat, tanda-tanda sengatan ringan cenderung mereda dalam waktu 24 sampai 72 jam. Sebelum menerapkan perlakuan apapun, pastikan bahwa stinger lebah tidak tertanam di kulit. Jika stinger terjebak di kulit, kikis dengan pisau tumpul atau pinset dan basuh kawasan yang terkena dengan sabun dan air.

Jangan mencoba untuk memeras stinger keluar, lantaran akan melepaskan lebih banyak racun ke dalam sistem badan Anda dan menciptakan kondisi lebih buruk. Kemudian, Anda sanggup mencoba beberapa solusi alami untuk membantu meredakan gejalanya. Berikut ialah 10 solusi untuk mengobati sengatan lebah yang sanggup Anda lakukan.

1. Kompres dingin

Untuk mengurangi rasa sakit dan gatal, kompres cuek pada kawasan yang terkena sebelum Anda mengoleskan apa pun di atasnya. Kompres cuek akan mengurangi pembengkakan dan peradangan dengan mematikan saraf.

Sebuah studi tahun 2006 melaporkan bahwa es atau kompres cuek bersama dengan lidokain topikal atau lotion kortikosteroid sangat penting dalam keberhasilan pengelolaan sengatan lebah.

2. Baking soda

Baking soda merupakan obat alami yang efektif untuk sengatan lebah. Sifat alkali dari baking soda membantu menetralisir sengatan. Ini memperlihatkan sumbangan instan dari rasa sakit dan gatal. Plus, menjadi biro anti-inflamasi, membantu mengurangi pembengkakan, peradangan dan kemerahan.

3. Cuka

Cuka bekerja sebagai obat yang efektif untuk gigitan serangga dan sengatan. Sekarang asam asetat dalam cuka mempunyai sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Hal ini juga membantu menetralkan asam di racun untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal.

4. Madu

Madu ialah obat lain yang memperlihatkan sumbangan instan dari tanda-tanda sengatan lebah. Enzim-enzim dalam madu membantu menetralisir racun di lokasi yang terkena sengatan. Ini membantu mengurangi rasa sakit dan gatal dalam beberapa menit. Plus, mempunyai sifat antibakteri yang mencegah infeksi. 
Daun pisang sering direkomendasikan oleh para andal kesehatan lantaran sifat penyembuhan mereka cepat untuk meredakan tanda-tanda sengatan lebah. Sifat anti-inflamasi dari daun pisang membantu mengurangi rasa sakit, infeksi dan gatal-gatal.
Arang aktif juga membantu banyak saat disengat lebah. Ketika dipakai segera, arang aktif akan mencegah pembengkakan serta rasa sakit.

7. Bawang

Bawang ialah obat alami yang sangat efektif untuk sengatan lebah. Bawang membantu mengurangi pembengkakan dan menenangkan gatal yang disebabkan oleh serangga kecil.

8. Aspirin

Aspirin juga sangat bermanfaat untuk meredakan sengatan lebah. Ini membantu menetralisir racun untuk pemulihan cepat dari gejala. Ia juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang membantu mengontrol rasa sakit dan pembengkakan.

9. Amonia

Amonia ialah basa di alam, menetralkan racun asam dalam racun serangga dan memperlihatkan sumbangan cepat dari gejala. Hal ini sanggup menghentikan sensasi menyengat serta mengurangi rasa sakit dan gatal.

10. Pasta gigi

Bahkan pasta gigi putih yang Anda gunakan untuk menyikat gigi Anda sanggup dipakai untuk menyelamatkan Anda saat disengat lebah. Ini membantu menetralkan racun asam, yang pada gilirannya memperlihatkan sumbangan cepat dari rasa sakit dan pembengkakan.

(mw/kr)