10 Cara Ampuh Mengobati Gigitan Tungau

Tungau panen atau tungau merah, ialah homogen serangga yang berukuran kecil yang masuk dalam kategori keluarga arakhnida. Ada juga yang menyebut serangga ukuran mini ini dengan nama tengu. Tungau ini biasanya ditemukan di luar ruangan, terutama di rumput, hutan dan tempat sedikit lembab samping danau dan sungai.

 ialah homogen serangga yang berukuran kecil yang masuk dalam kategori keluarga arakhnida 10 Cara Ampuh Mengobati Gigitan Tungau
Karena ini tungau yang kecil dan hanya sanggup dilihat dengan beling pembesar, sulit untuk melihat mereka dengan mata telanjang dan mencegah gigitannya. Anda mungkin tidak tahu kapan tungau ini menggigit Anda. Namun, gejalanya mulai terasa sehabis beberapa jam kemudian.

Baca juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Sengatan Lebah

Gejala yang paling umum termasuk rasa gatal, bengkak, ruam dan benjolan merah di kulit. Dalam kebanyakan kasus, gigitan tungau tidak berbahaya bagi kesehatan Anda. Tungau biasanya menggigit di sekitar pinggang, pergelangan kaki atau lipatan kulit.

Dibutuhkan sekitar 1 hingga 3 ahad untuk menyembuhkan gigitan tungau ini. Untuk mengontrol gatal, nyeri dan pembengkakan, Anda sanggup mencoba beberapa pengobatan rumahan sederhana. Berikut ialah 10 cara alami mengobati gigitan tungau yang sanggup Anda coba di rumah.

1. Mandi air panas

Setelah Anda menyadari digigit oleh tungau, yang pertama baiknya Anda lakukan ialah mandi air panas. Hal ini akan menyebabkan tungau apapun pada badan Anda jatuh dan akan meminimalkan reaksi kulit dari gigitan.

Gunakan sabun antiseptik ringan dan gosok lembut badan Anda secara menyeluruh dikala mandi. Setelah mandi, benar-benar tepuk kering badan Anda dengan handuk lembut. Jangan menggosok badan Anda, alasannya ialah hal ini sanggup menyebabkan ruam dan rasa sakit.

2. Kompres dingin

Kompres masbodoh sanggup membantu mengurangi rasa gatal yang terkait dengan gigitan tungau. Efek mati rasanya membantu mengurangi sensasi gatal. Bungkus beberapa es kerikil dengan kain tipis. Tempelkan kompres ini pada gigitan selama 10 menit. Istirahat dan ulangi jikalau dibutuhkan untuk mengurangi rasa gatal.

3. Baking soda

Baking soda ialah obat lain yang efektif untuk mengurangi ruam serta gatal-gatal. Karena berfungsi sebagai penetral asam alami yang membantu mengurangi rasa gatal. Bahkan mengurangi risiko infeksi.

4. Oatmeal

Oatmeal mengandung anti-iritasi, sifat anti-inflamasi dan sifat menenangkan yang menunjukkan tunjangan instan dari gatal-gatal, salah satu tanda-tanda umum dari gigitan tungau. Disarankan untuk memakai oatmeal koloid, yaitu gandum yang digiling menjadi bubuk sangat halus.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel mempunyai antiseptik dan anti-gatal yang membantu menyingkirkan gatal serta peradangan dan pembengkakan. Oleskan cuka sari apel dua kali sehari. Untuk gatal ditempat yang sulit dijangkau, Anda dsapat memakai bola kapas atau cotton bud.

6. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi yang sangat baik yang sanggup membantu mengurangi pembengkakan, peradangan dan nyeri. Vitamin E-nya membantu menjaga kelembaban kulit, yang pada gilirannya akan mengurangi gatal.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga sanggup dipakai untuk mengurangi iritasi dan peradangan. Minyak zaitun kaya vitamin E dan antioksidan yang mengurangi gatal dan memfasilitasi penyembuhan. Setelah membilas tempat yang terkena dengan air, oleskan minyak zaitun di atasnya.

8. Chamomile

Chamomile ialah obat lain yang mempunyai kegunaan untuk gigitan tungau. Anti-iritasi dan sifat anti-inflamasi nya menenangkan kulit, mengurangi rasa gatal, mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan.

9. Daun nimba

Daun nimba sanggup juga membantu menyingkirkan ketidaknyamanan yang terkait dengan gigitan tungau. Anti-inflamasi dan anti-iritasinya membantu mengurangi gatal dan peradangan. Bahkan mengurangi risiko infeksi.

10. Tepung jagung

Tepung jagung juga sanggup meringankan gatal dan tanda-tanda lain yang bekerjasama dengan gigitan tungau. Bersihkan tempat yang terkena gigitan dengan sabun dan air, kemudian keringkan dengan handuk.
Nah, itulah beberapa materi alami untuk mengobati gigitan tungau. Hindari untuk menggaruk terlalu keras kulit yang digigit biar tidak terjadi iritasi dan luka. Selamat mencoba! 

(mw/kr)