10 Cara Ampuh Mengatasi Demam Pada Bayi

Demam yakni tanda umum dari penyakit, tapi kondisi tersebut tidak selalu menjadi hal yang buruk. Bahkan, demam biasanya respon normal dari sistem kekebalan tubuh anak terhadap virus atau abses bakteri. Sebagian besar anak yang sehat sanggup mentolerir demam dengan baik, dan itu berlangsung sekitar 3 hingga 5 hari dalam keadaan normal.

 tapi kondisi tersebut tidak selalu menjadi hal yang jelek 10 Cara Ampuh Mengatasi Demam Pada Bayi
Penyebab paling umum dari demam pada bayi yakni abses virus. Dalam beberapa kasus, pertumbuhan gigi sanggup menimbulkan sedikit peningkatan suhu tubuh mereka. Sedangkan pada bayi dengan usia yang lebih muda, demam sanggup menjadi tanda abses serius. Bila kondisi panas tak segera turun, itu artinya ada sesuatu yang tak beres dengan si kecil.

Jika bayi Anda mengalami demam yang diikuti tanda atau tanda-tanda penyakit lain, menyerupai pilek, batuk, muntah atau diare, konsultasikan dengan dokter Anda. Selain itu, sebagai orangtua, selalu percaya pada insting Anda. Jika Anda pikir Anda harus menghubungi dokter, maka segera pergi ke dokter.

Dalam situasi apapun, selain obat resep dokter Anda, Anda sanggup mengikuti beberapa tips untuk membantu mengelola atau mengurangi demam bayi Anda. Berikut yakni 10 cara mengatasi demam pada bayi yang sanggup Anda lakukan sebagai pemberian pertama.

10 Tips Alami Mengatasi Panas Pada Anak

1. Kompres dingin

Segera sesudah bayi Anda mengalami demam, hal pertama yang harus dilakukan yakni meletakkan kain berair hirau taacuh di dahi bayi Anda. Seperti air dari kain berair menguap dan masuk ke kulit, itu akan menyerap panas dan suhu akan turun dengan cepat.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat akan membantu menenangkan bayi rewel dan membantu mengatur suhu tubuhnya. Cara ini juga terbukti ampuh untuk membantu bayi Anda tidur lebih baik sehingga proses penyembuhannya juga lebih cepat.

3. Berikan ASI

Untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan yang mengalami demam, tugas ASI sangatlah penting. ASI menyediakan nutrisi seimbang yang berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pada bayi dan diadaptasi untuk memerangi penyakit bayi.

Baca juga: 10 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Jumlah ASI

ASI cepat dan gampang dicerna. Bahkan akan menjaga bayi sakit terhidrasi dengan baik, yang penting untuk pemulihan lebih cepat.

4. Berikan cairan lebih

Untuk bayi yang sakit, penting untuk meningkatkan asupan cairan. Cairan akan membantu mendinginkan mereka dan mengganti cairan yang hilang melalui keringat untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi sanggup menimbulkan aneka macam komplikasi lain dan menghambat proses pemulihan.

5. Jauhkan bayi dari kawasan yang dingin

Ketika merawat bayi yang sakit, penting untuk tetap meletakkan bayi Anda pada suhu kamar. Seharusnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Menjaga kamar bayi Anda pada suhu yang nyaman yakni hal yang penting.

6. Memberikan pakaian yang nyaman 

Banyak orangtua menciptakan kesalahan dengan menutup anak mereka yang sakit dengan pakaian yang berlapis atau selimut ekstra. Ini yakni sesuatu yang harus Anda hindari. Pasalnya, cara tersebut justru akan menghambat proses penurunan suhu atau bahkan menciptakan suhu tubuh bayi semakin tinggi.

7. Memijat kaki

Menggosok telapak kaki sakit bayi Anda dengan beberapa minyak hangat yakni salah satu cara terbaik untuk menenangkan bayi Anda apabila ia rewel. Selain untuk relaksasi, cara itu akan menciptakan tidurnya nyenyak sehingga proses penyembuhan pun akan lebih cepat.
Simak juga: 5 Manfaat Tidur Bagi Tumbuh Kembang Bayi

8. Cuka sari apel

Untuk bayi usia 1 tahun dan lebih, Anda sanggup mencoba cuka sari apel untuk mengobati panas pada anak. Karena cuka sari apel membantu menghilangkan panas dari tubuh serta sanggup mengurangi suhu tubuh yang tinggi.

9. Daun kemangi

Untuk menurunkan demam, kemangi cocok untuk bayi berumur lebih dari 1 tahun. Ramuan ini sanggup membantu mengurangi panas dalam tubuh. Ia bekerja sebagai booster antibiotik dan kekebalan tubuh alami.

10. Memantau suhu tubuh 

Hal lain yang penting ketika bayi Anda mengalami demam yakni selalu pantau suhu tubuhnya secara berkala. Jangan mengandalkan tangan Anda sebagai sarana menilai suhu anak, tapi gunakan termometer. Cara ini bertujuan untuk mengetahui apakah panas si kecil sudah turun atau belum.

Nah, itu tadi beberapa cara alami mengatasi tubuh panas pada bayi dan anak. Penting bagi Anda untuk tetap damai dan tidak panik dikala buah hati Anda mengalami kondisi ini. Yang terpenting ikuti naluri Anda sebagai ibu. Jika panasnya sudah tak wajar, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 


(mw/kr)