10 Cara Alami Ini Ampuh Obati Sakit Tenggorokan

Ketika ada perubahan cuaca yang mendadak, terutama ketika pancaroba, kebanyakan dari kita cenderung untuk mengalami yang namanya sakit demam dan sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan akan memperlihatkan rasa tidak nyaman dan perasaan jengkel lantaran sulit untuk menelan masakan atau bahkan menelan cairan. Pasti sebagian besar dari Anda pernah mengalami kondisi ini. 
Ketika ada perubahan cuaca yang mendadak 10 Cara Alami Ini Ampuh Obati Sakit Tenggorokan
Sakit tenggorokan sanggup disebabkan oleh bakteri, virus, infeksi, polusi, reaksi alergi, dan penyebab lain ibarat berteriak berlebihan. Ada banyak obat yang tersedia yang akan membantu dalam mengobati sakit tenggorokan.

Tapi terus menerus memakai obat kimia setiap Anda terkena sakit tenggorokan juga bukan merupakan pilihan yang baik. Oleh lantaran itu, memakai materi alami untuk mengobati sakit sanggup menjadi salah satu cara efektif tanpa imbas samping.

Di samping dengan memakai obat alami ini, Anda juga harus berhati-hati pada apa yang makan. Hal ini sangat penting lantaran jikalau Anda menderita sakit tenggorokan, sebaiknya Anda juga menghindari mengonsumsi minuman dingin, asam atau masakan pedas.

Nah, berikut yaitu daftar obat herbal atau alami yang efektif dalam mengobati sakit tenggorokan.

Bahan Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

  • Bawang Putih

Dikenal sebagai antibakteri dan antiseptik, bawang putih membantu dalam mengobati sakit tenggorokan. Allicin yang terkandung dalam bawang putih membantu untuk membunuh kuman yang menimbulkan sakit tenggorokan. Ini sanggup dikonsumsi mentah atau dimasak bersama dengan makanan.

  • Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dikenal lantaran sifat antibakteri. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan sedikit jus lemon dan satu sendok teh madu bersama dengan segelas air hangat. Minum ini setidaknya dua kali sehari.

  • Lemon

Peras air lemon dalam segelas berisi air hangat. Tambahkan satu sendok teh madu dan lalu aduk serta campur dengan baik. Minum ini setidaknya dua kali sehari.

  • Madu

Dikenal sebagai antibakteri dan anti-inflamasi, madu dipakai semenjak zaman kuno untuk mengobati sakit tenggorokan. Tambahkan 1-2 sendok makan madu dengan satu cangkir air panas dan minum dua hingga tiga kali sehari. Atau Anda sanggup mengonsumsi satu sendok teh madu sebelum tidur.

  • Kayu Manis

Ambil beberapa tetes minyak kayu manis, campurkan bersama dengan satu sendok teh madu dan lalu minum laritan ini dua kali sehari. Maka akan membantu memperlihatkan derma dari rasa sakit tenggorokan dengan cepat.

  • Kunyit

Dikenal lantaran sifat antiseptik dan anti-inflamasi, kunyit merupakan salah satu materi terbaik untuk mengobati sakit tenggorokan. Ambil sedikit abu kunyit, campur bersama dengan segelas air hangat dan lalu minum dikala perut kosong di pagi hari.

  • Kumur dengan Air Garam

Ambil segelas air hangat, tambahkan kira-kira satu sendok teh garam dan lalu aduk rata. Berkumurlah dengan larutan tersebut. Hal ini akan membantu memperlihatkan derma eksklusif dari sakit tenggorokan.

  • Cengkeh

Tempatkan sekitar dua siung cengkeh di ekspresi Anda dan isap cengkeh tersebut hingga menjadi lunak. Lalu kunyah dan lalu telan. Kunyit akan membantu menyembuhkan radang tenggorokan secara efektif.

  • Teh Chamomile

Teh chamomile yaitu salah satu pengobatan rumah terbaik untuk sakit tenggorokan. Tambahkan sedikit abu chamomile di segelas air panas. Biarkan selama sekitar 10 menit. Saring dan lalu minum sebanyak 2 kali sehari.

  • Jahe

Dikenal lantaran sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, jahe membantu dalam memerangi sakit tenggorokan. Rebus air, tambahkan beberapa jahe segar dan lalu didihkan selama sekitar 5-10 menit. Saring dan lalu minum setidaknya dua kali sehari.

Nah, itu tadi beberapa materi alami untuk mengobati sakit tenggorokan. Selama proses pengobatan, hindari untuk mengonsumsi masakan berminyak, dingin, maupun pedas.

(mw/kr)